Saturday, October 3, 2015

Side G Custom : Create your own HG Blast Impulse Gundam !

BASA-BASI
Dari 3 variasi Impulse Gundam yang pernah ada di serial TV-nya, Blast Impulse adalah varian favorit gua dan sayangnya varian ini yang paling sedikit muncul di serial TV-nya, dan sepertinya berpengaruh ke line product dari model kit Blast Impulse, karena hingga sekarang belum ada kabar rilis HG Blast Impulse, ataupun MG yang bahkan sampe MG Destiny Impulse aja lebih didahului ketimbang Blast Impulse walaupun MG Destiny Impulse jatuhnya limited. Akhirnya karena disini posisi gua sebagai minoritas yang suka Blast Impulse, gua pun nyoba cari NG 1:144 Blast Impulse Gundam karena itu adalah satu-satunya Blast Impulse Gundam dalam wujud model kit. And trust me, mencari NG Blast Impulse pun juga cukup sulit baik disini maupun di Jepang. Namun sepertinya di pertengahan tahun ini pihak Bandai merilis ulang FG seri SEED Destiny yang dimana NG Blast Impulse termasuk salah satunya dan untungnya gua masih kedapetan NG Blast Impulse sebelum langka lagi di pasaran.

CUSTOM IDEA
Karena sekarang gua punya basis model kit NG Blast Impulse, tentunya gua gak langsung blak-blakan bikin NG Blast Impulse kemudian di cat dan di pajang, gua mau Blast Impulse gua memiliki artikulasi dan proporsi setidaknya seperti HG Impulse. Gua memutuskan beli HG Force Impulse sebagai basis untuk dipasangkan Blast Silhouette agar menjadi HG Blast Impulse Gundam.

Jadi disini kit yang dibutuhkan tentunya adalah :
1. HG Force Impulse / HG Sword Impulse Gundam 
    (Sebagai basis HG Impulse Gundam)

2. NG Blast Impulse Gundam
Dalam pengeksekusiannya menjadi HG "Versi Sendiri" Untungnya tidak terlalu membutuhkan tenaga ekstra untuk mengconvert menjadi HG Blast Impulse, karena backpack dari NG Blast Impulse sangat compatible dengan HG Impulse Gundam. Namun disini yang menjadi kendala adalah pewarnaannya, karena banyak sekali missing color dari masing-masing model kit, baik itu HG Impulse, maupun FG Blast Impulse sehingga banyak sekali pengecatan dari kit ini yang menggunakan teknik masking.
Karena disini gua mentargetkan "Clean Straight Build" jadi seamline gak di rapiin karena seamlinenya pun juga BANYAK dan PANJANG juga (maklum mokit keluaran 10 taun yang lalu), dan waktu kosong gua gak sebanyak dulu saat kuliah jadi gua putuskan untuk gak gua ilangin seamlinenya (alibi lo cong, bilang aja alesannya mager !)

Tahap masking menurut gua memang yang paling menantang, riskan, dan malesin. Disini gua menggunakan masking tape merek tamiya untuk membungkus part yang tidak perlu diwarnai.

Setelah tahap masking selesai, kalian bisa mulai mewarnainya menggunakan spray can atau airbrush. Karena disini metode pewarnaan gua menggunakan airbrush, cat yang gua gunakan adalah :

Base :
1. Tamiya Surface Primer (Light Gray)

Coloring :
1. Tamiya Acrylic Park Green
2. Tamiya Acrylic Flat White
3. Tamiya Acrylic German Grey
4. Mr. Color Susie Blue 
5. Mr. Color Semi Gloss Black
6. Mr. Color Red

Untuk detailing menggunakan handbrush (kuas) gua menggunakan cat :
1. Tamiya Enamel Dark Grey
2. Tamiya Flat Yellow
3. Tamiya Flat Black
4. Tamiya Flat White
5. Tamiya Flat Red
6. Tamiya Gold Leaf

Untuk mewarnai panel line gua menggunakan
1. Snowman Drawing Pen 0.05
2. Tamiya Accent Color Black

Dan yang terakhir gua melapis kit ini dengan finishing gloss menggunakan Krylon Clear Gloss untuk menghindari cat terkelupas.
Karena Blast Impulse memiliki Beam Javelin sebagai senjata jarak dekatnya, kalian bisa mengambil kedua beam javelin dari spare part untuk RG RX 78-2 yang diproduksi oleh Queen yang kemudian direkatkan perlahan-lahan menggunakan tamiya cement.

Karena HG Impulse Gundam adalah HG lama dan belum memiliki part female di bagian selangkangannya untuk dipasangkan ke Action Base, kalian bisa membuat lubang sendiri dengan menggunakan mini handy drill (bor genggam) dengan diameter 3mm.

PREVIEW 
YOU CAN MAKE IT A LOT BETTER !
Seperti yang gua bilang sebelumnya, HG Blast Impulse yang gua bikin hanya berkualitas Straight Built, kalian bisa membuat ini jauh lebih baik seperti menghilangkan seamline-nya, repaint total, menambah sendi baru, dll. Banyak sekali opsi untuk mengeksplor model kit ini menjadi jauh lebih baik. NG 1:144 Blast Impulse pun sekarang sudah tidak sesulit dulu mencarinya sehingga peluang besar untuk masih mendapat ini dipasaran masih sangat besar. Selama harganya masih masuk akal untuk sebuah NG (retail price dari NG Blast Impulse adalah 500 yen, jadi kira2 harganya Rp 60.000 sampai Rp 80.000 maksimal jika dirupiahkan), and don't worry it's a MASS PRODUCT KIT so go get it before it's gone (again) !

1 comment:

littleroid said...

mantap bro. gw juga penggemar impulse. rencana mau ngoleksi tapi blast nya susah dicarinya. Idenya juga keren. sayang NG blast masih rare banget >.<