Monday, December 28, 2015

Side G Review : DM 1:100 Shiranui / Owashi Akatsuki Gundam

BASA-BASI
Setelah sekian lama akhirnya punya waktu luang juga untuk nulis-nulis di blog lagii ! hahaha, jadi kira-kira di pertengahan tahun ini lagi-lagi kita dikejutkan oleh pihak Dragon Momoko dengan model kit yang sangat gak gua harapkan akan dirilis (tapi didalam lubuk yang paling dalam, kepengen, cuma Bandai gak ada kabar apapun), yes mereka merilis Model kit setara MG dari Akatsuki Gundam, Hyakushiki dari seri Gundam Seed Destiny yang super kuat, sangat kuat sampai bisa memantulkan tembakan terkuat dari kapal induk musuh, dan membuat barrier anti beam seukuran kapal induk, how is that not strong enough !? Sebelumnya gua pernah merakit beberapa model kit keluaran Dragon Momoko dan seingat gua selama gua merakit gua gak ada komplain yang serius dengan produknya, mulai dari snapfit hingga kualitasnya, akhirnya gua putuskan untuk beli model kit dalam skala 1:100nya, mengingat yang gua rakit sebelum-sebelumnya ber skala 1:144 dan tidak ada komplain yang serius jadi gua berasumsi semakin besar ukurannya, seharusnya kualitas produknya bagus.
UNBOXING
Satu hal yang langsung keluar di kepala gua ketika melihat kemasannya adalah ukurannya yang besar dan tebal, seukuran dengan kemasan MG ZZ Gundam / MC Model Xi Gundam, dengan jenis kemasan yang sama seperti MC Model Xi Gundam yang memiliki "lidah" sebagai segel penutup/pembuka kemasannya dan begitu dibuka memiliki kemasan dalam yang terbuat dari karton tebal dengan warna coklat polos sehingga memberikan kesan "well packaged & premium feel" dari model kit ini.

Pada sisi depan dan belakang kemasan kita bisa melihat model kit Akatsuki Gundam dengan pose mantap yang sudah dirakit dan diwarnai dengan proffesional dengan background warna putih dan lineart striker pack Akatsuki yang berbeda di masing-masing sisi kemasan yang dilanjutkan dengan nama brand, produk, dan deskripsi karakter pada sisi kiri kemasan, Pada sisi paling bawah di masing-masing sisi kemasan kita bisa melihat logo dari Dragon Momoko dan logo kategori produk bertuliskan "MG" dan keterangan tambahan bertuliskan "1/100"

Pada sisi atas dan bawah kemasan kita bisa melihat preview sekilas dari model kit ketika sudah jadi yang difoto secara profesional dengan background putih dan teks deskripsi dalam bahasa inggris dan sebagian dalam bahasa cina dan beberapa simbol petunjuk penggunaan

Pada sisi kanan dan kiri kemasan yang dimana adalah "lidah" pembuka dan penutup kemasan, kita bisa melihat model kit akatsuki dengan pose yang sama seperti pada sisi depan dan belakang kemasan dengan background warna putih dilanjutkan dengan nama karakternya.

Ketika kemasan dibuka kita akan mendapat runner dengan warna emas yang mendominan dengan jenis warna emas yang mirip dengan warna emas dari MG Hyakushiki HD Color Ver. Dilanjutkan dengan 1 manual book untuk merakit, selembar water decal dan selembar foil stiker

BUILDING PROCESS
Segmen ini mungkin yang kedepannya akan terus gua masukkan setiap mengulas kit buatan Cina karena ini adalah salah satu bagian yang krusial dan yang paling sering dipertanyakan ketika merakit model kit buatan Cina. Dalam proses merakitnya, ada beberapa bagian snapfit yang cukup keras dan butuh sedikit effort untuk memasukkan part male ke female dengan presisi, kemudian runner untuk part body dari model kit ini memiliki jenis runner undergate sehingga kalian tidak perlu khawatir akan membuat coating partsnya rusak dan membuat warna partnya menjadi belang. Seperti yang gua bilang sebelumnya juga, warna runner emas dari kit ini identik dengan warna runner dari MG Hyakushiki HD Color Ver. yang tidak terlalu mencolok di mata seperti model kit yang menggunakan coating electroplating seperti MG Unicorn Phenex namun masih terlihat atraktif.
Jika kalian pernah merakit MG Strike Gundam RM Ver. kalian akan menemukan beberapa persamaan saat merakit inner frame dan sebagaian part dari model kit ini. Hal ini dikarenakan runner inner frame dari model kit ini menggunakan runner inner frame yang sama persis dengan MG Strike Gundam RM Ver. sehingga kalian tidak perlu meragukan artikulasinya ketika sudah jadi.
REVIEW
Ketika sudah selesai dipasang kita akan mendapat 1 Akatsuki utuh dengan 2 striker pack (Owashi & Shiranui) 1 perisai, 1 beam riffle, sepasang beam effect untuk beam saber & naginata Akatsuki ini. Warna bodi dari model kit ini memiliki 2 turunan warna yang dominan (emas dan orange metalik) yang mengingatkan kita dengan model kit RG yang memiliki beberapa turunan warna yang membuatnya lebih realistik. Disamping warna emas dan orange metalik yang mendominasi model kit ini, warna abu-abu tua juga mendominasi model kit ini sebagai warna inner frame dari model kit. Disamping itu terdapat warna merah, putih, hitam dan biru mewarnai detil-detil dari model kit ini.
Proporsi Akatsuki memiliki proporsi yang terkesan solid dan kokoh, sama seperti MG Strike Gundam RM, disamping itu awalnya gua mengira model kit ini akan memiliki masalah keseimbangan setelah melihat Striker pack yang terlihat besar dan lebar, namun rupanya model kit ini dapat berdiri kokoh baik dengan striker pack apapun, namun perlu diperhatikan juga jika kalian adalah tipe individu yang senang meng"explore" figur/model kit kalian dengan menggerak-gerakkannya, jika kalian memiliki ini sangat dianjurkan untuk memiliki Display Stand
Untuk artikulasi dari model kit ini, Akatsuki memiliki artikulasi yang sama persis dengan MG Strike Gundam RM, dikarenakan basis inner frame model kit ini adalah inner frame dari model kit MG Gundam SEED Remaster, jadi kalian bisa berharap artikulasi dari model kit ini sangat luwes dan fleksibel. disamping itu, model kit ini cukup keras untuk digerak-gerakkan, jadi kemungkinan model kit ini menjadi loose/loyo sangat kecil.
Untuk Asesoris dari model kit ini, seperti yang gua bilang sebelumnya, model kit ini memiliki asesoris yang banyak, seperti Owashi Pack yang dapat berubah bentuk menjadi mode pesawat, Shiranui Pack yang seluruh DRAGOON/Funnelnya dapat dilepas dan memiliki beberapa titik artikulasi pada bagian tempat meletakkan funnelnya. Beam effect untuk beam saber dan naginata yang beragam bentuknya, kemudian manipulator yang sepertinya berasal dari HD Builder Parts MS Hand 01 dengan sedikit perubahan pada warnanya untuk disesuaikan ke model kit ini, disamping itu telapak tangan dari model kit ini memiliki jenis telapak tangan yang sama dengan telapak tangan yang digunakan pada MG Nu Ver.Ka, namun kualitas cetakannya tidak bagus dan sangat ringkih sehingga peluang part ini untuk patah atau rusak sangatlah besar.

CONCLUSION
Ini adalah model kit Gundam tipe MG / Skala 1:100 pertama yang gua miliki yang bukan buatan Bandai dan Akatsuki Gundam buatan Dragon Momoko ini berhasil membuat gua terkesan, baik dari segi estetika model kit ini hingga kualitas produknya. Disamping proses merakitnya yang sedikit problematik yang disebabkan karena beberapa komponen didalamnya yang terbilang keras dan juga menurut gua pribadi adalah salah satu konsekuensi memiliki model kit yang bukan official, gua cukup puas dengan model kit buatan Dragon Momoko ini. Dengan harga sekitar 400 hingga 450 ribu, menurut gua model kit ini cukup worth untuk dicoba, khususnya jika kalian adalah pecinta seri Gundam SEED Destiny.

10 comments:

Lasiafrabka5 said...

Bagaimana kalau dibandingkan dengan kualitas plastik bandai. Well, desain gundam DM memang menggiurkan :D

Unknown said...

yak........... nambah satu lagi orang yang bikin gw pengen embat ini akatsuki,,,,,great job doing that dov XDD

Ludov06 said...

@Lasiafrabka5 : Soal kualitas plastik, Bandai tentu masih menang bro :) tapi kualitas plastik Dragon Momoko juga sudah mirip dengan Bandai, khususnya untuk skala 1:100, walau saat proses snapfitnya masih ada beberapa yang keras :)

@Arie : You're welcome ri, hahaha

eka said...

Sekeras apa snapfitnya bro?? Ampe perlu alat tambahan?? Gigi atau tang misalnya??

Ludov06 said...

Tang cukup bro :)

Unknown said...

Bro, gue dulu pernah beli dm akatsuki dan pas gue mau pasang manual book nya hilang, gue pengen minta tolong kalau berkenan boleh ga discan manual booknya dan di email ke gue? alvindomc@gmail.com thx ya bro sebelumnya, tetap berkarya. :)

Unknown said...

Ada review tentang Freedom Gundam?

aku mau beli yg Ver. DraMok :)

Unknown said...

gan, punya manual pasangnya ga
punya aye dah selesai dirakit dan dipajang kesengol jatuh buyar...lupa cara pasangnya

email me
oktaviandika@gmail.com

thanks a lot

Unknown said...

Mau tanya apa kepalanya si akatsuki bisa ditundukkin kebawah ya? Soalnya aku lihat itu kayak ketabrak sama dagu nya gitu hehe

Anonymous said...

tanya donk, ngatasin backpacknya untuk shiranui gmn y? aq cba pasang2 kq gampang loose gtu. thx b4.