Saturday, October 15, 2016

Let's Show ! EX Model Argama 1:1700

WORKS IDEA
Ide dibalik kerjaan gua yang satu ini sebenernya cukup simple, yaitu Mengecat seluruh isi kapal ini menggunakan cat merek Mr.Hobby, karena seperti yang gua bilang sebelumnya, beberapa bulan ini adalah bulan-bulan transisi gua yang sebelumnya menggunakan cat akrilik Tamiya ke Mr.Hobby karena memang mulai terasa bedanya. Khususnya di varian warna catnya. Semua yang gua gunakan disini menggunakan cat Mr.Color untuk pewarnaan menggunakan airbrush, dan Mr.Acrysion Color untuk detailingnya.

WORKS IN PROGRESS
EX Model Argama 1:1700 Straight Built
Sebelum di cat menggunakan airbrush, gua menyemprotkan Mr.Surfacer 1200 ke permukaan model agar nantinya warna yang dikeluarkan lebih maksimal.
Setelah seluruh model disemprot menggunakan Mr.Surfacer 1200, tinggalkan dalam waktu yang cukup lama, setidaknya 3 jam. Setelah kering, model akan terlihat berwarna abu-abu muda.
Jenis model yang gua gunakan banyak menggunakan teknik masking, jika model yang sedang kalian kerjakan banyak menggunakan teknik masking, thinner buatan Mr.Color yang bernama Rapid Thinner ini akan sangat membantu kalian. Karena sesuai dengan namanya, jika kalian menggunakan thinner ini maka proses pengeringan cat akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan thinner yang biasa kalian gunakan, sehingga sangat membantu proses masking kalian.
Setelah itu model dilepas menjadi beberapa komponen untuk di cat menggunakan airbrush. Dalam prosesnya, gua menggunakan seluruh cat merek Mr.Color.
Mr.Color #3 Red
Mr.Color #329 Yellow FS13538
 Mr.Color Gundam Color Edition UG15 MS.Phantom Gray
Mr.Color #1 White
 Mr.Metal Color MC.124 Dark Iron
Untuk detil-detil kecil yang ada dalam model kit ini seperti MS-MSnya, gua menggunakan cat MR.Acrysion, untuk lebih jelasnya kalian bisa ke link ini
Setelah selesai melewati proses pengecatan, ada baiknya jika kit dilapisi dengan top coat agar kit yang sudah di cat tidak mudah terkelupas cat-nya. dalam prakteknya, gua melapisi cat kit gua dengan Mr.Hobby Top Coat Flat Matt. Sedikit tips dalam menggunakan top coat, sebaiknya disemprot satu arah lurus agar kualitas yang didapat lebih memuaskan.
Sedikit tambahan untuk menambahkan detilnya, gua memberikan detil pemanis untuk Argama ini dengan memberikan efek hologram pada bagian catapult launcher dan bridge-nya. Cara penggunaan stiker bisa kalian lihat di link ini

PREVIEW
(Klik masing-masing gambar untuk melihat lebih jelas :))
Seluruh cat dan peralatan kit merek Mr.Hobby bisa kalian dapatkan disini,


No comments: