Wednesday, May 13, 2015

Side G Review : Assault Kingdom EX03 Sazabi

BASA-BASI
Jadi ceritanya gua dapet figure ini dengan harga yang sangat murah di salah satu toko mainan besar di Jakarta, tanpa mikir gua pun langsung garap ini, karena gua pun juga sudah mengincar figur ini sejak lama. Line figure Assault Kingdom sudah dikenal sebagai candy toy yang menawarkan action figure dengan artikulasi yang mantap dan aksesoris yang unik dan terkadang tidak ada di versi model kit-nya, sudah ada beberapa volume Assault Kingdom yang dirilis oleh pihak Bandai dan uniknya, sudah ada beberapa figure yang di recolor dari versi sebelumnya yang kemudian menjadi salah satu line dalam volume baru (seperti Gundam Mk.II dari volume 2, Gundam Mk.II Titan dari volume 6, dan Gundam Mk.II Anime Color dari volume 9). Sama seperti Assault Kingdom Kshatriya Repaired, Assault Kingdom Sazabi adalah Assault Kingdom seri EX yang dimana dijual terpisah dengan line figure per volume-nya dikarenakan porsi yang ditawarkan dari line Assault Kingdom EX ini tidak hanya sebuah figure jadi dengan display stand saja, namun biasanya selalu disisipkan display stand khusus, senjata-senjata lengkapnya, hingga effect part. Sebenarnya terdapat 2 macam Assault Kingdom Sazabi yang ada di pasaran, Yang pertama adalah edisi ini, dan yang kedua adalah edisi premium yang dimana hanya dijual lewat Premium Bandai Online Shop. Yang membedakannya adalah pada edisi premiumnya terdapat banyak parts yang bisa digunakan untuk beberapa figur Assault Kingdom seperti Re GZ dan Nu Gundam untuk dapat diubah ke mode lain, dan tentunya senjata tambahan untuk Sazabi sendiri.

UNBOXING
(Klik gambar untuk lihat lebih jelas :))

Kemasan figur ini seperti biasa dikemas dalam kemasan berbahan karton dengan ukuran kemasan yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan kemasan figur Assault Kingdom biasa, pada bagian depan kemasan terlihat figur Sazabi yang sedang diposekan dengan parts-parts yang didapat dengan background warna hitam dan judul nama produk dan siluet bust Sazabi. Kemudian kita bisa melihat judul nama produk dibawah dilanjutkan dengan brand dari produk ini. Pada bagian belakang kemasan kita bisa melihat fitur dan aksesoris apa yang ditawarkan dalam figur ini dalam format foto dengan penjelasan di masing-masing gambar dengan background berwarna putih. Pada bagian kanan kemasan kita bisa melihat figur AK(Assault Kingdom) Sazabi dan Nu Gundam sedang bertarung dalam format Digital Imaging dengan beberapa penjelasan dalam format bahasa kanji. Pada sisi kiri kemasan kita bisa melihat siluet full body Sazabi dengan judul produk dibagian bawah.

Ketika Kemasan dibuka kita akan mendapat 2 plastik yang dimana pada pertama berisi figur utuh Sazabi dan parts berwarna pada figur ini, kemudian plastik kedua berisi parts yang berwarna bening transparan. Manual didalam kemasan ini terdapat dibalik kemasan ini, oleh karena itu. Kemasan harus dipotong mengikuti pola potongan yang ada dikemasan ini.


REVIEW
(Klik gambar untuk lihat lebih jelas :))


Setelah semua telah keluar dari kemasannya, kita akan mendapat 1 figur Sazabi dengan 2 pasang manipulator, senapan, perisai, backpack funnel dalam keadaan terbuka dan 3 pasang funnel yang dalam mode menyerang. Figur ini memiliki warna dominan merah dengan warna detailnya warna kuning, hitam, dan hijau pada figur ini. Figur ini memiliki tinggi 9cm, sedikit lebih besar dibanding figur AK reguler pada umumnya. Proporsi dari figur ini juga terlihat proporsional namun feel bulky-nya juga masih terlihat. Seperti biasa, ciri khas dari lini figur ini adalah figur ini menawarkan artikulasi yang mantap sekali sehingga sangat memungkinkan untuk melakukan beberapa pose dinamis atau merepresentasikan pose dari anime-nya. Karena proporsinya yang sedikit besar, ekspektasi gua terhadap figur ini dari segi artikulasi tidak setinggi yang gua harapkan saat gua melihat figur AK reguler, namun sepertinya gua harus mengurungkan ekspektasi gua itu karena artikulasi yang diberikan dari figur ini sangatlah mantap dan sama sekali tidak kaku seperti Kshatriya Repaired yang gua miliki sebelumnya. 


Aksesoris tambahan yang diberikan dari figur ini pun juga terbilang banyak. Mulai dari sepasang beam saber, beam tomahawk, dan beam sword, display stand, hingga effect part untuk membuat funnel Sazabi terlihat melayang atau meluncur. Semua aksesoris tambahan ini berwarna bening transparan, oleh karena itu jika kalian merasa kurang puas dengan warnanya, kalian bisa memberi warna sendiri :). Menurut gua dari semua aksesoris tambahan ini, effect parts funnel meluncur yang ditawarkan dalam figur ini adalah fitur utama yang membuat figur ini menarik.
CONCLUSION
Seperti biasa, line figur Assault Kingdom selalu membuat gua amazed dengan artikulasi dan fitur-fitur unik yang diberikannya, dan kebetulan gua dapet ini dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi jika kalian tertarik figur dengan harga terjangkau dan tidak memakan tempat, gua sangat merekomen figur ini, khususnya karena ini Sazabi yang dimana MS ini adalah MS yang legendaris dan salah satu MS musuh dengan desain yang mantap. Namun jika kalian lebih mementingkan kualitas, dan detail warna dengan ukuran yang sama seperti Assault Kingdom ini, gua merekomendasikan line figur HCM Pro walaupun sudah cukup sulit untuk mendapatkannya sekarang dan harganya cenderung lebih mahal. Karena jika kalian mencari detail dan paintjob yang amazing di figur ini sepertinya bukan pilihan yang baik, seiring ini masuk dalam kategori candy toy. Namun seperti yang gua bilang sebelumnya, jika kalian tidak mementingkan itu, figur ini menawarkan artikulasi yang ajaib dan fitur-fitur unik yang jarang kalian dapatkan di model kit-nya


No comments: