Wednesday, October 15, 2014

Side G Review : Mobile Suit Gundam Assault Kingdom EX04 Kshatriya Repaired


BASA-BASI
Assault Kingdom adalah salah satu line figur yang cukup menarik menurut gua karena dengan harga yang cukup terjangkau kita bisa menikmati keluwesan figur ini yang bahkan nyaris menyamai figur Robot Damashii-nya, walau memang kalau dari segi detailnya mungkin kalah jauh dengan Robot Damashii atau pendulunya HCM Pro. Nah, rupanya line seri Assault Kingdom pun ada line "sampingan"-nya yang disebut Assault Kingdom EX. Biasanya figur Assault Kingdom seri EX ini dijual terpisah dengan Assault Kingdom regular (tidak dijual dalam 1 volume Assault Kingdom regular), hal ini disebabkan karena ukuran figur dari seri EX cenderung lebih besar dibanding Assault Kingdom regular atau dalam seri EX ini terdapat lebih dari 1 figur. 

Untungnya Assault Kingdom EX tidak dijual limited edition atau web shop exclusive sehingga mencarinya mungkin tidak sesulit dan semahal web shop limited. Tapi sudah ada 2 item dari Assault Kingdom yang dijual lewat webshop. Untuk seri EX ini hingga sekarang sudah ada 4 macam variasi figur, EX yang pertama adalah Kshatriya, yang kedua adalah Black Tri Star's Zaku, yang ketiga adalah Sazabi, dan yang terakhir adalah ini. Kshatriya Repaired

UNBOXING
(Klik gambar yang ditunjuk untuk lihat lebih jelas)






Dimulai dari packagingnya, kita bisa melihat kalau ukuran packagingnya 2x lebih besar dibanding packaging Assault Kingdom regular pada umumnya yang dimana pada seri EX ini bentuk packagingnya cenderung memanjang. Pada cover art dari packagingnya kita bisa langsung melihat figur AK Kshatriya Repaired yang sedang berpose dengan background setengah badan dari Kshatriya Repaired dan logo line produknya, kemudian kita pada bagian bawahnya kita bisa melihat nama produk ini dengan lengkap beserta logo brand Bandai pada sisi bawah kanan-nya. pada bagian belakangnya kita bisa melihat langsung fitur-fitur yang bisa kita dapatkan pada figur ini lewat gambar-gambar yang dipasang dengan professional hingga asesoris yang kita dapat. Kemudian dari sisi samping dari packaging ini kita bia melihat sedikit informasi lewat gambar, figur ini disertakan dengan kendaraan yang dikendarai Banagher saat menolong Audrey.

Saat packaging dibuka, kita akan mendapat 2 "lembar" plastik yang berisi komponen2 figur yang nantinya disatukan menjadi 1 figur Kshatriya Repaired. Kemudian manual untuk merancang figur ini ada di dalam pacagingnya yang sudah tercetak dibalik packagingnya.


REVIEW
(Klik gambar yang ditunjuk untuk lihat lebih jelas)




Begitu selesai dirancang menjadi satu figur AK Kshatriya Repaired, kita akan mendapat satu figur utuh Kshatriya Repaired, sebuah stand, 4 pasang funnel beserta effect partnya, 1 part penyambung effect part ke punggung Kshatriya Repaired, dan kendaraan yang yang digunakan Banagher saat menolong Audrey. Begitu figur ini selesai dipasang menjadi satu figur utuh ini, komen pertama gua adalah "Waw Gendut ! dan susah berdiri !" figur yang memiliki warna hijau dominan ini terbilang bulky secara proporsinya, namun dari segi tingginya masih nyaris sama dengan figur regular AK, dan ya...figur ini memang cukup sulit berdiri tegak dikarenakan kakinya yang tidak seimbang bentuknya dan backpack yang dibelakang yang membuat dia berat sekali, namun setelah "dikutak-katik" backpack ini rupanya juga memiliki fungsi sebagai stabilizer si Kshatriya Repaired untuk berdiri tegak. Untuk senjata yang diberikan, figur ini mendapat senjata sesuai yang ada di filmnya, yaitu beam javelin yang sudah tertanam di tangannya, dan bazooka 



Untuk posingnya, karena dia cukup "heboh" dengan asesorinya maka figur ini tidak seluwes figur AK Regular pada umumnya karena terhadang dengan asesoris2nya, ditambah lagi jika terlalu banyak diposekan maka joint dari binder dan backpack belakangnya rawan sekali untuk terlepas dari figurnya





Untuk extras yang diberikan seperti display stand, satu spare hand, dan effect partsnya, menurut gua inilah Unique point dari figur ini. Bandai tau kalau figur ini sulit untuk bergerak sehingga mereka memberikan display stand dan memang membuat figur ini lebih baik ketika dipasangkan ke display stand, dan lagi pula di film nya sendiri juga Kshatriya Repaired nyaris tidak pernah menjejakkan kakinya di darat. Display stand-nya sendiri juga mirip dengan display stand GP Base yang dimana kita bisa yang mengatur sendiri kemiringan display stand ini, semakin miring maka figur ini semakin terlihat melaju. 

Disamping Display stand, effect parts juga diberikan dalam figur ini. Inilah yang membuat figur ini "heboh" dan semakin makan tempat LOL, namun dari semuanya effect parts inilah yang paling mendorong gua untuk beli figur ini, ada 8 buah effect parts yang bisa dipasangkan ke figur ini agar terlihat funnelnya yang baru meluncur dari tubuhnya, pada bindernya masing-masing dapat memuat 3 effect parts, kemudian sisanya dapat dipasangkan di punggung figur ini dengan bantuan part khusus untuk menopang effect partsnya. Sayangnya funnelnya tidak bisa dilepas dari effect parts yang diberikan. Namun tetap terlihat sangat mantap ketika semua effect parts dipasangkan ke figur ini

Dan yang terakhir adalah kendaraan Banagher Links, tidak banyak yang bisa di review karena ini tidak memiliki artikulasi sama sekali.








CONCLUSION
dengan harga yang cukup terjangkau untuk sebuah figur yang completely fun, menurut gua ini adalah salah satu figur dari seri Assault Kingdom yang layak dibeli. Jujur ini adalah figur Assault Kingdom EX pertama gua dan ini cukup membuat gua puas dan akan direkomendasikan untuk yang baru mau mencoba line figur ini. dengan harga kisaran 1800 yen kalian mendapatkan full fun time dengan figur ini ;)

No comments: