Thursday, September 19, 2013

Let's Show ! Mini Diorama: The Laplace Ark.


IDEA BEHIND THE WORK
Sejujurnya semenjak gua masuk di dunia Gundam, gua sangat tertarik dengan diorama-diorama yang dibuat oleh para modeller professional, gua pun juga sangat seneng banget dengan bikin-bikin diorama dimulai semenjak SMP namun karena biasanya "umur"dari diorama yang gua bikin selalu gak lama yang dikarenakan ukurannya yang besar dan dipajang dalam keadaan terbuka yang dimana rawan sekali dengan debu pasti akan berakhir diorama itu dibuang (emang...sayang banget memang) akhirnya dari pengalaman-pengalaman gua bikin diorama gua pun mulai berpikir 2-3 kali begitu mau bikin diorama lagi. Melihat dari pengalaman-pengalaman gua yang berhubungan dengan diorama, kali ini gua menciptakan diorama lagi dengan sedikit perubahan. Eksekusi dari Diorama yang gua bikin kali ini sedikit berbeda dengan diorama yang gua bikin sebelum-sebelumnya, khususnya pada ukurannya. Diorama yang gua bikin kali ini panjang dan lebarnya tidak mencapai 30 sentimeter, dan tertutup...tertutup disini memiliki makna diorama ini memiliki "cover" sendiri sehingga bisa ditutup buka. Salah satu yang menginspirasikan gua dalam menciptakan diorama ini adalah mainan micro playset seperti poly pocket sebagai contoh yang paling mudah dimengerti. Kendala dari diorama kecil untuk kedepannya mungkin hanya keterbatasan dalam pemilihan model kitnya yang akan di dioramakan seiring luas bidangnya yang sangat terbatas.


DIORAMA BACKGROUND STORY
Tema yang gua ambil dalam membuat diorama kali ini berasal dari seri Turn A yang dimana dalam serialnya diceritakan seluruh teknologi masa lalu yang diciptakan manusia (termasuk Gundam) telah tersapu oleh kekuatan Turn A Gundam sehingga menyebabkan Timeline dari serial Gundam yang tadinya saling berhubungan menjadi berantakan. Di serialnya diceritakan mereka menemukan mobile suit dan kapal induk dari masa lalu lewat penggalian, seperti contoh mereka menemukan Zaku II di zamannya dan menamai ulang menjadi Borjanon.

Diorama ini menceritakan mereka yang berekspedisi ke tempat-tempat tertentu dengan maksud mencari benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan Dark History. Di daerah yang mereka ekspedisi, mereka menemukan bangkai kapal induk yang bentuknya menyerupai kuda bersayap. Saat mereka mengaktifkan sistem yang terdapat dalam bangkai kapal induk itu mereka mendapatkan informasi berupa sejarah dibalik kapal induk ini.

HOW ITS MADE
Seperti yang gua bilang sebelumnya...Diorama yang gua ciptakan kali ini ukurannya relatif kecil, karena diorama ini diciptakan didalam kotak makanan transparan yang diwarnai silver chrome, bahan-bahan yang digunakan dalam menciptakan diorama ini adalah bubuk gipsum sebagai bahan utama pembuat bentuk daratan dan serbuk pasir buatan yang dalam prosesnya keduanya dicampur dan diwarnai menyerupai daratan. bahan lain yang digunakan adalah clay untuk efek batu-batuannya. untuk efek pohonnya menggunakan bahan yang menyerupai foam yang bisa dicari ditoko peralatan arsitek. Untuk efek genangan air digunakan resin yang sudah diolah sedemikian rupa. Untuk tulisan yanga da diluar dan dalm cover, gua menggunakan program Ai dan di print diatas kertas sticker Vinyl. Dan yang terakhir adalah kapal induknya sendiri (Nahel Argama), gua menggunakan Miniatur Battle Damaged Nahel Argama dari trading figurenya (Cosmo Fleet).

Campuran Gipsum yang sebelum diwarnai


Sesudah diwarnai, sebelum dituang campuran resin sebagai efek genangan air

GALLERY













PROJECT FLAWS
Yes, walau terlihat baik-baik saja, sebenernya ada satu hal yang menurut gua cukup mengganggu setelah project diorama ini selesai, yang paling menganggu adalah efek genangan airnya, saat kering pertama kali, warnanya seharusnya tidak seperti itu, warna "airnya" bening sekali dan tidak terlihat keruh. Karena ini adalah pertama kalinya gua menggunakan bahan resin sebagai efek genangan air untuk diorama mungkin campuran antara resin dan catalystnya tidak seimbang sehingga menyebabkan seperti itu atau mungkin ada hal penting yang perlu diperhatikan saat menunggu proses mengeringnya

Efek genangan air yang sudah kering, sehari sebelumnya

6 comments:

Cisya Dewantara Nugraha said...

Keren banget Dov! 4 thumbs up!! Gw tertarik banget nih gimana cara bikin genangan air resin gitu. Ada link tutorialnya nggak Dov?

Ludov06 said...

ini baru percobaan ciss. Gua waktu itu beli resin transparan yg uda include catalystnya. Campur aduk resin sama catalystnya sampe warnanya merata terus tuang ke bidang yg mau dituang. Tunggu kering sehari full biar aman, baru abis itu uda mengeras banget :)

kalo bisa pas beli resinnya, cari yg paling transparan cis, soalnya gua punya sekarang uda ga begitu transparan. lebi transparan air comberan -_-, pas gua tanya ama temen gua yag uda bbrapa kali mainan ama resin katanya resinnya yg jelek. Emang waktu itu soalnya gua beli yg paling murah buat coba2x juga :)

Cisya Dewantara Nugraha said...

Owh gitu...Tapi menurut gw udah pas itu buteknya. Kalo Argama nya segede itu kan ya masa mau bening banget aernya hehe ^^a

Thanks! Beli resin cair di toko kimia ya? Pengen ah bikin juga kapan2 ^^a

Ludov06 said...

iya cis di toko kimia ada, cuma waktu kmaren gua belinya disini http://www.artland.co.id/ ga tau dia bisa kirim ga klo pesen resin gtu :/

mukhlis1010 said...

bs sharing gk, model kit kayk rumputan, atau daun2annya beli nya dmn, bro? tHnks.....(YY)

Anonymous said...

Untuk efek genangan airnya selain make resin bisa pake yang lain gak?