Saturday, October 5, 2013

Side B Review : Bima Satria Garuda Mini Role Play (3 Set)


BASA-BASI
Sepulang gua dari ngukur toga untuk wisuda November nanti, gua mampir-mampir ke salah satu toko mainan yang dulu saat kuliah sering gua kunjungi. Untungnya toko mainan itu juga salah satu toko yang menjual merchandise serial Bima Satria Garuda. Di bagian Bima Satria Garuda gua ngeliat sebuah packaging dari serial Bima Satria Garuda yang belum pernah gua liat sebelumnya, dan rupanya itu adalah line merchandise baru yang dirilis dari serial BSG ini. Basically ini adalah "candy toy"nya BSG, hanya saja bedanya gak disertai permen LOL. Lini ini terdiri dari 3 set, Set pertama adalah Helios Blue dan Badge, set kedua adalah Bima Changer, dan set ketiga adalah Helios Red. Line Figur ini dijual dengan harga Rp 30.000,- sangat terjangkau itungannya untuk sebuah mainan jenis candy toy ini :)

PACKAGING
Mainan ini dikemas dalam packaging jenis flexible pouche yang mirip dengan packaging LEGO minifigures dengan warna yang dominan merah sebagai warna identitas dari BSG sendiri. Packaging mainan dari BSG mulai menunjukkan sistem standar manual yang tegas dilihat dari cara mereka mengaplikasikan background berupa pattern berbentuk segiempat dengan gambar kepala BSG dan bulu burung yang berwarna merah didalam segiempat, kemudian peletakan elemen-elemen seperti logo, grafis, dan typeface yang ada dalam packaging begitu seragam dengan packaging mainan BSG lainnya. Namun yang membedakan dengan seri mainan BSG lainnya adalah cover art-nya (ya iyalah -_-). Pada bagian depan kita bisa melihat preview jenis mainan apa yang ada di dalam lini figur ini, kemudian di bagian belakangnya ditampilkan sedikit preview cara memainkan mainan yang didapat. Isi dari mainan yang kita dapat mungkin tidak sesuai dengan yang kita harapkan dikarenakan dalam kemasannya tidak diinformasikan apa yang akan kita dapat jika kita membeli apa yang kita pilih, jadi mau tidak mau kalian harus raba-raba kemasannya. Namun jika kalian adalah salah satu orang yang hobi hunting lego minifigures...ini mungkin sesuatu yang mudah :).

Setelah kita membuka packagingnya, yang pertama kita lihat adalah bungkusan dengan bahan art paper yang menyelimuti mainan didalamnya. Mungkin ini dilakukan oleh pihak bandai untuk menghindari gesekan yang menimbulkan paintjob dari mainan tersebut terkelupas, goresan, atau hal-hal lain yang tidak diinginkan yang dapat merusak mainan tersebut.



REVIEW (Set One: Helios Blue & Badge)
Helios blue adalah salah satu pedang yang digunakan BSG untuk menyerang musuhnya, Blade dari pedang ini bentuknya menyerupai sayap burung. panjang mainan ini 16 cm. Warna yang terdapat dalam mainan ini adalh biru, emas, dan silver. Di sisi balik dari mainan ini terlihat kosong (hollow) dan hanya diberi warna silver dan stampel produksi, hal ini dikarenakan Helios Blue dalam set ini nantinya bisa disatukan dengan Helios Red.

Dalam set one juga disertakan Badge bergambar logo Bima Satria Garuda, namun sebelumnya untuk dapat digunakan, badge ini perlu ditempeli stiker yang disediakan dari set ini agar tidak terlihat putih transparan...Namun sampai sekarang gua pun gak tau bagaimana cara menggunakan badge ini. LOL




REVIEW (Set Two: Bima Changer)
Bima Changer adalah alat yang digunakan untuk berubah menjadi Bima Satria Garuda, alat ini digunakan di telapak tangan. mungkin maksudnya bisa dipake buat brass knuckle juga, LOL. Mainan ini memiliki warna dominan merah kemudian warna emas dan orange sebagai warna "ukiran" changernya. Gak banyak yang bisa gua review soal mainan ini, fitur utama dari mainan ini adalah bagian kristal ditengahnya bisa diputer dan that's it, gua tadinya ngira begitu gua putar bakal nyala, rupanya engga. Disamping itu changer ini hanya bisa dipakai di telapak tangan anak kecil atau telapak tangan orang dewasa yang mungkin cukup kurus sehingga ga ada lipatan lemak sedikit pun nyelip di bagian pengikat changer ke telapaknya.





REVIEW (Set Three: Helios Red)
Bentuknya sama dengan Helios Blue, hanya saja warna bladenya merah dan dibawah gagangnya terdapat kepala burung dan ekor burung. Jika sudah memiliki kedua helios. maka keduanya bisa digabungkan dengan menyatukan kedua pedangnya, dalam mode ini pedang bisa berubah menjadi 2 mode, yaitu mode burung, kemudian mode pedang double side seperti yang sering kita lihat di serial televisinya yang memperlihatkan satu pedang yang di setiap sisinya warnanya berbeda.



DOUBLE HELIOS (Requires Set One & Set Three)






CONCLUSION
Untuk sebuah mainan dengan harga 30.000 rupiah menurut gua ini terbilang bagus walau fitur-fitur yang ditawarkan dalam mainan seri ini tidak seperti yang aslinya (gak, gua ga ngarep kalo gua bilang "berubah" gua berubah beneran), paintjob yang dipresentasikan dalam mainan ini juga terbilang rapi dan cukup detail walau memang ada sedikiiit warna yang miss sehingga tidak terlihat "tv show accurate" tapi kalau kalian yang senang menambahkan detail dengan memberi warna yang "miss" tadi pasti akan terlihat lebih bagus lagi :). Dari 3 set mainan ini, jelas favorit gua adalah Helios yang bisa disatukan menjadi burung dan pedang dengan 2 sisi blade yang berbeda warna. Untuk saran menurut gua mungkin perlu disisipkan lembar manual cara penggunaan/memainkan mainan ini karena selama gua memainkan ini gua cuma utak-atik aja karna manual yg ada dibelakang kemasannya kurang bisa gua ngerti.


10 comments:

Unknown said...

beli dimana nih bro.. email ke ane toko nya donk : mencenq@yahoo.com

budi said...

bro gw juga mau tau nama/alamat tokonya, minta tolong juga diemail di : b.haryono09@gmail.com

Ludov06 said...

Ada di Toko mainan2 seperti di Toys Kingdom, dan toys city manapun :)

Unknown said...

bro klu mau pesan trus minta kirimkam bs gak, soalnya saya udh nyari kok gak ketemu..

Unknown said...

klu ada ini mail saya aprian_choga@yahoo.co.id

Unknown said...

Aq juga mau naa.. email ke aq ya contact toko nya.. makasihhhh ::( dtunggu ya..
tri_ipurwanti987@yahoo.com

lundi bogor said...

AQ jg mau dong, plz info.. Lundisanda46@gmail.com

Crimsonnavy said...

Caranya yang dibelakang Badge dicopot, terus dipasang di baju dan di dalam baju, yang sudah dicopot dipasang di dalam baji

Crimsonnavy said...

Maaf, Bukan baji tapi baju,
Makasih

Crimsonnavy said...

Di super market juga ada kan ?