Thursday, February 27, 2014

Lets Show ! RG Shine Bright Strike Freedom Gundam


BASA-BASI
Yak, sudah lama banget gua gak update ini blog, sudah sebulan lebih lamanya gua ga posting hal baru di blog ini. Dan gua kira sekolah S2 lebih tenang dibanding sekolah Desain gua pas S1...NOPE ! Tapi kali ini gua akan memperlihatkan kerjaan terakhir gua yang dimana gua bereksperimen dengan sesuatu yang baru menurut gua. Seperti kalian tahu, mungkin bagi kalian yang sudah melihat atau punya RG Strike Freedom, warna framenya mungkin menurut kalian sebagian kurang bagus karena warnanya lebi mirip kuning kecoklatan, sedangkan Strike Freedom itu terkenal dengan framenya yang emas. oleh karena itu gua mencoba sesuatu yang menurut gua jarang orang pakai idenya, yaitu dengan mengcoating framenya menjadi gold chrome !

PROGRESS
Karena gua kurang familiar dengan teknik coating atau sebutan bahasa ilmiahnya electroplating, gua meminta bantuan jasa dengan salah satu orang yang jago dalam hal coating figur atau asesoris superhero ini, karena sistem coatingnya per runner, gua hanya memberikan runner yang warnanya kuning kecoklatan untuk framenya kecuali runner B karena itu bahannya karet dan parts-parts individunya memiliki artikulasi yang sudah tertanam, ditambah gua rada takut kalau saat di coating malah merusak partnya malahan. Kira-kira setelah di coating seperti inilah jadinya sebelum dirakit.


BUILDING
Setelah di coating, tentu lapisan plastiknya menjadi sedikit lebih tebal dibanding saat sebelum di coating, gua tau ini yang akan menjadi resiko utamanya, karena dengan begitu maka otomatis proses snapfitnya akan tidak semulus ngerakit Gundam seperti biasanya. Kasarnya plastik yang digunakan masih merek Bandai, tapi snapfitnya sama selevel dengan model kit buatan cina. Supaya lancar snapfitnya, part-part female lubangnya gua perbesar menggunakan mini drill, dan sebagian part male gua perbesar volumenya menggunakan superglue. snapfit pun menjadi challenging di tahap ini namun dibawa fun walau ada jenuh2nya juga pastinya ;)




FINAL
Setelah proses snapfit selesai, beberapa item gua tambah seperti action base GP Base yang template dan tulisannya gua bikin sendiri menggunakan program grafis dengan lampu LED warna kuning orange, kemudian gua menggunakan beam wing khusus untuk RG Strike Freedom buatan XC Model namun menurut gua dari segi desain sayapnya jauh lebih bagus buatan XC Model dibanding Bandai yang mungkin menang banget kalo soal efek hologram, dan funnelnya. Sayap XC Model ini menurut gua lebih anime accurate dan bentuknya cenderung "lebay" mirip dengan Beam Wing Strike Freedom Robot Damashii yang dimana dari segi ukuran itu gedenya keterlaluan, LOL. Jadi kira-kira ini adalah hasil jadinya setelah di decal dan di dandanin lainnya :)








VERDICT
Apabila masih mempertanyakan "should I gold plate the runner ?" dan jawabnya tentu "YA" ! Ini baru namanya Strike Freedom ! Memang snapfit akan menjadi problem utama banget ketika sudah di gold coat, but believe me... It's worth the effort banget setelah hasilnya jadi. sangat menawan :')

6 comments:

Unknown said...

Bung, saya juga punya RG SF. Tapi pengen juga dibikin emas.
Kalo boleh, minta konteknya donk yg bikin "electro-plating" gitu.
Mungkin juga sama harganya.
Thanks before

Ludov06 said...

saya lewat jasa di facebook bro, nama accountnya aji bayu logam. di platingnya per runner, klo ga salah range-nya dari 90 sampai 100 sekian per runner. tergantung ukuran runnernya :)

Unknown said...

Thanks for the info!

Unknown said...

kalau sayapnya cari dimana ya gan?? ada kontaknya??

Ludov06 said...

sori banget baru bales, saya dapet sayapnya di toko online gtu bro, ini linknya :) https://www.facebook.com/draagoons.hobbyshop?fref=ts

ryuzanouchi said...

Kl gw dl iseng pk metallic grey timpa gold metallic dov X3