Saturday, March 15, 2014

Side G Review : Another Non Bandai Model Kit & Option Parts that actually worth to pick !


BASA-BASI
Perkembangan teknologi model kit Gundam baik dari buatan Cina maupun Jepang semakin lama semakin baik dari segi kualitas dan tingkat pembelinya, seiring keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Namun sebagian orang yang sudah memiliki "brand loyalty" dengan Bandai, mungkin disaat mau nyoba-nyoba pindah ke model kit buatan Cina biasanya ada rasa gengsinya karena stereotype dari model kit Gundam buatan Cina yang cenderung kurang baik di mata penggemar model kit dan mindset yang diterima ketika dengar kata "Gundam buatan Cina" adalah gak jauh-jauh dari kata "palsu". Tapi di postingan gua kali ini gua akan mengulas dan "membujuk" kalian kalau gak semua model kit buatan Cina itu jelek, beberapa ada yang diatas ekspektasi hingga jauh lebih baik dibanding buatan Jepangnya. Berikut adalah beberapa model kit buatan Cina yang bagus :

4.) XC Model, Wings of the Skies for RG Strike Freedom
Ini adalah optional part eksklusif hanya untuk RG Strike Freedom buatan XC Model, bahan yang digunakan sangat sederharna dan enteng sehingga tidak memberatkan sayapnya dan membuatnya "layu" Brand yang merilis Optional Part ini sama dengan brand yang merilis optional part Wings of Light untuk RG Destiny Gundam. Walau memang tidak se-fantastis buatan Bandai-nya yang disertai efek funnel meluncur dan sayap yg memiliki pattern dan dilapisi hologram, Sayap ini jauh lebih murah, bentuknya lebih "anime accurate" dan memiliki ukuran yang "lebay" sehingga sangat menarik mata orang yang melihat sayapnya yang besar itu.


untuk gambar2 lainnya ada di postingan sebelumnya


3.) 1/48 Head Display Base RX 78 Gundam Ver.Ka
Awalnya gua kira ini adalah duplikat dari head display RX 78 Origin yang pernah dirilis Gundam Ace beberapa tahun yang lalu dengan sedikit modifikasi, namun rupanya beda total ! Brand yang merilis stand base ini pun baru, namun snapfit qualitynya sangat baik ! selama gua merakit ini gak ada kesulitan apapun sampai akhirnya ini jadi. Kendalanya mungkin hanya di bagian instalasi LED-nya (ya, dapet lampu LED juga !) karena gua kurang familiar dengan cara pemasangan LED-nya akhirnya gak gua pasang di kepalanya, namun terlihat bagus dan detail sekali untuk sebuah model kit baru yang bukan duplikat dari aslinya. head display stand ini disertai dengan LED, clear part untuk bagian mata dan kamera bagian atas, dan decal. Untuk membuat ini lebih bagus memang dibutuhkan pewarnaan karena seluruh warna runnernya putih total, tapi setelah selesai diwarnai dengan warna yang sesuai dengan warna karakter aslinya. hasilnya akan sangat memuaskan !

 Straight Built

Painted & Decaled


2.) Dragon Momoko HG 1:144 Gundam Geminass 01 & Geminass 02
Saat pertama kali model kit ini di announce oleh Dragon Momoko dan diperlihatkan prototypenya, semua penggemar Gundam pun bersuka cita (halah) karena terlihat sangat menjanjikan sekali dilihat dari proporsinya yang super sekali dan terlihat jauh lebih baik dibanding versi Bandainya yang memang Geminas 01 adalah model kit dari seri Gundam Wing G Unit yang terhitung model kit lama dan belum ada kabar dari Bandai mengenai HG Renewal-nya selain announcement Robot Damashiinya yang akan dirilis dalam waktu dekat ini. Menurut rumor yang tersebar, pihak Dragon Momoko memodifikasi Geminas 01 buatannya dengan menggunakan part-part dari HG seri Gundam AGE agar terlihat lebih gagah proporsinya. Dan begitu dirilis, model kit ini sangat memuaskan dan diatas ekspektasi sekali, mungkin selama nanti kalian merakit ini akan mengalami sedikit kesulitan di bagian tertentu, namun itu hanya 10% saja dari keselurannya. hasilnya sangat memuaskan dan apabila kalian jago di bidang airbrush. hasilnya bisa akan lebih maksimal :)

Straight Built Geminas 01

1.) MCModel HG 1:144 Hi-Nu Gundoom
Konon dari semua brand model kit buatan Cina yang pernah di produksi, brand yang memiliki kualitas paling tinggi adalah brand model kit MCModel, namun sejujurnya gua pun sedikit ragu saat mau beli HG buatan MCModel karena pengalaman gua sebelumnya merakit MCModel SD Ext-S Gundoom tidak terlalu baik karena banyak parts yang sulit untuk di snap fit, dan harganya yang terbilang mahal untuk sebuah SD dengan kualitas snapfit yang terbilang sulit sekali. Namun karena gua menemukan HG Hi-Nu Gundoom ini first edition yang konon dapet banyak bonusnya dan harganya terjangkau sekali untuk model kit langka, akhirnya gua pun memberanikan diri untuk mencoba merakit model kit brand MCModel. Setelah gua merakit ini, point of view gua terhadap brand MCModel justru malah kebalikannya yang dulu kurang begitu suka, sekarang jadi suka banget. Hi-Nu Gundoom berhasil membuat gua tertarik lagi dengan model kit buatan brand MCModel, proporsinya yang jauh lebih bagus dibanding buatan Bandai, detail yang luar biasa, dan "original idea" mereka yang diimplementasikan ke model kit Hi-Nu Gundoom ini yaitu Monarch System-nya yang dimana kasarnya ini bisa dibilang beam wingnya Hi-Nu Gundam. Proses snapfit dari model kit ini sangat lancar, bahkan serasa seperti merakit model kit brand Bandai ! Monarch System-nya menjadi spotlight dari model kit ini karenan ukurannya yang sangat besar dan hologram sehingga menarik mata orang yang melihatnya. Apabila kalian kesulitan mencari first editionnya yang include Monarch Wing-nya ini, jangan khawatir karena pihak MCModel baru saja merilis optional part exclusive untuk 2 model kit mereka sebelumnya yaitu Hi-Nu Gundoom dan Nu Gundoom.

Hi-Nu Gundoom


Hi-Nu Gundoom Monarch System

1 comment:

Anonymous said...

Do you sell you wing of light for destiny? Yes or no, please reply me through cloudero_deathaseo@hotmail.com, thanks.