Thursday, August 21, 2014

Side G Unboxing & Review : Bandai, Effect Unit Moonlight Butterfly for Turn A Gundam



BASA-BASI
Setelah sekian lama disiram tugas dan kerjaan akhirnya bisa ngeblog lagi (yeay !) seperti yang kalian lihat sebelumnya gua tertarik dengan Moonlight Butterfly-nya Turn A Gundam, senjata pamungkas si Gundam berkumis yang cukup eksentrik namun sangat mematikan, di beberapa postingan gua sebelumnya (kayaknya lebih ke beberapa taun yang lalu) gua pun sempet bela-belain bikin sayap untuk si Turn A ini dalam format MG-nya walau terbilang cukup sederharna bikinnya. Beberapa tahun gua berharap agar si Bandai merilis Moonlight Butterfly untuk si Turn A akhirnya tahun ini dirilis juga gak lama setelah HG Renewalnya dirilis :)


UNBOXING




Optional parts untuk Turn A ini dirilis dengan harga 1600 yen, 200 yen lebih mahal dari HG-nya, dan optional parts ini hanya bisa didapat lewat P-Bandai Online Hobbyshop yang dimana kalau kita uda lihat kalimat ini uda pasti identik dengan kata "mahal" dan tidak dijual di pasaran macam retailer toko mainan besar seperti Kidz Station, atau Toys City.

Dari kemasannya, ukurannya terbilang kecil sekali dan lumayan tipis. Dicetak dengan warna hitam putih tipikal produk2 P-Bandai yang gak banyak warnanya kalau ngomong soal kemasan. Cover art dari kemasan ini terbilang menarik karena langsung memperlihatkan Turn A gundam yang dipasangi effect part dengan pose yang akurat dengan yang di serial tv-nya. Pada sisi kiri atas kita bisa melihat label HG Correct Century yang mengindikasikan effect part ini dirancang khusus untuk HG Turn A Gundam, kemudian dibagian bawah kita bisa melihat nama lengkap dari produk ini yang lumayan panjang. Dan pada sisi kanan bawah kita bisa melihat logo brand Bandai kemudian di sisi kiri bawah kita bisa melihat logo Turn A Gundam sendiri. Disisi belakang kemasannya kita bisa melihat langsung hasil jadinya ketika sudah dipasangi Moonlight Butterfly dengan beberapa penjelasan produk dalam bahasa jepang.



UNBOXING : RUNNERS
Saat kemasan dibuka, kita akan mendapat 2 runner dan 2 lembar pattern sayap untuk Turn A Gundam, runner pertama adalah runner stand yang berwarna putih pearl, jadi agak sedikit transparan. Runner kedua adalah runner parts penyambung antara punggung Turn A Gundam dengan sayapnya sendiri dengan warna transparan dengan sedikit artikulasi untuk sayapnya. Kemudian kita mendapat pattern sayap dari Moonlight Butterfly sendiri yang menjadi menu utamanya. Untuk bahan sayapnya sendiri kalau diraba dan diterawang mirip sekali dengan pla-plate transparan 0.4mm, tidak terlalu tipis namun tidak terlalu tebal juga. Kemudian yang terakhir tentunya adalah manual untuk memasangkan sayap ini ke HG Turn A Gundam



REVIEW
Setelah selesai dirakit yang kita dapatkan adalah sebuah stand dan sayap. Yang membuat sayap ini menarik adalah sayap ini memiliki artikulasi walaupun tidak terlalu hebat, masing-masing dari sisi sayap ini dapat ditekuk hingga 90 derajat, disamping itu finishing dari sayap ini adalah full hologram sehingga membuat sayap ini terlihat lebih menarik, Untuk display stand yang disertai sebenarnya hanya versi recolor dari stand seri HG SEED Destiny, dan parts penghubung stand ke parts "selangkangan" Turn A Gundam tidak terlalu tebal sehingga mudah terlepas.












Ketika dipasangkan ke Turn A Gundam nya langsung, Turn A Gundam akan jauh terlihat lebih mantap, kuat, dan cantik <3. Setelah dipasangkan ke Turn A kita pun juga bisa melihat langsung kalau ukuran masing-masing sayapnya terbilang besar dan simetris baik dari sisi bentuk dan grafis yang ada didalamnya, tidak seperti Robot Damashii-nya yang secara grafis memang disengaja tidak terlihat simetris. Saat mendisplay dalam mode Moonlight Butterfly-nya sangat cocok apabila didisplay menggunakan jenis stand yang "moncongnya" maju kedepan, agar si Turn A terlihat terbang dengan Moonlight Butterflynya

CONCLUSION
Sejujurnya saat pertama kali gua lihat ini, gua langsung "gua harus punya ini", tapi dengan harga yang menurut gua terbilang sangat mahal untuk sepasang sayap dan display stand yang hanya di recolor membuat gua berfikir berkali-kali untuk beli ini ditambah saat itu gua sudah mampu bikin sayap untuk Turn A Gundam baik MG maupun HG-nya. Setelah gua beli ini gua pun bisa bilang kalau ini memang buat mereka yang tertarik dengan keunikan Turn A Gundam. Untuk penggemar Gundam umum gua bisa rate ini 2.5 dari 5 kumis Turn A. Untuk penggemar Turn A Gundam gua berani kasih 4.5 dari 5 kumis Turn A

No comments: