Saturday, June 14, 2014

Side G Review : ACE Model, 1:144 Scale Deep Striker


BASA-BASI
Pertama kali saat model kit ini di announce, jujur gua heboh banget karena ini salah satu Gundam favorit gua karena persenjataannya yg heboh, gendut, dan tentunya gak napak, tapi yang merilis model kit ini bukan pihak Bandai, MC Model, atau bahkan Dragon Momoko melainkan brand baru dari Cina yang bernama ACE Model. Dari yang gua lihat sepertinya ini adalah produk pertama mereka. Pasti lah ada rasa was-wasnya karena gak semua model kit "original" buatan Cina kualitasnya bagus, ambil contohnya 1:100 Nightingale buatan RC Model yg dulu sempet hits banget namun begitu rilis banyak yg kecewa karena banyaknya flaws yg dimiliki model kit ini. Akhirnya gua pun bersabar menunggu sampai barang ini benar2 dirilis dan ada orang yang me-review model kit ini, dan kebetulan salah satu youtuber mereview model kit ini dan menurutnya modelnya memang bagus dan tentunya makan tempat. Akhirnya gua pun memutuskan untuk beli model kit ini.


UNBOXING

Dimulai dari packagingnya, ukurannya besar banget, mungkin kalau mau disamakan besarnya seukuran dengan packaging MG Ext Sentinel atau packaging PG pada umumnya. Cover art dari packaging model kit ini terbilang simple yang dimana hanya menunjukkan Deep Striker di sisi kanan packaging dan close up wajah dari Deep Striker yang ditransparankan dengan background luar angkasa, di sisi-sisi lain kemasan ditunjukkan beberapa foto Deep Striker yang sudah diselesaikan dengan tangan pro seperti apa. Didalamnya terdapat 1 manual book, 22 runner, 1 display base, 2 lembar decal dengan jenis yang berbeda (waterslide dan metal decal), dan beberapa set skrup yang digunakan untuk merakit Deep Striker ini. pihak ACE Model cukup baik dengan consumer yang membeli ini karena dalam 22 runner itu terdapat 1 runner extra yang dimana bisa digunakan untuk mengubah warna Deep Striker yang merah menjadi warna biru.

BUILDING PROCESS

Karena ini adalah model kit non Bandai dan salah satu brand baru dari Cina, gua sudah cukup menguatkan mental untuk merakit model kit ini dan berani menerima konsekuensi merakit model kit ini, secara keseluruhan merakit model kit ini effortnya tinggi sekali, dimulai dari potongan pertama hingga terakhir adalah murni effort, ada beberapa part yang perlu diperbesar part female, begitu juga bberapa part male yang dipotong agar bisa tertempel dengan baik, hingga ada parts yang perlu di cement karena snapfit pun tidak cukup untuk menyatukan kedua partnya. Ada beberapa parts yang perlu diwarnai untuk menyamai warna Deep Strikernya seperti pada bagian kepala, dada, dan sayap di bahunya. Dan ada beberapa runner yang kotor dan hitam-hitam, bahkan berminyak, mungkin bawaan dari pabriknya, tapi itu semua masih bisa dibersihkan.


Jika kalian adalah modeller, akan ada banyak seamline yg siap menunggu untuk disulap hilang, tapi ada beberapa parts juga yang seperti yg gua bilang sebelumnya yg harus dilem dengan cement supaya tertempel baik, tapi ada juga sebagian yg sudah di cement masih juga tidak menyatu seperti foto diatas. Karena gua uda cukup lelah dengan effort merakit model kit ini, gua hanya menempelkan pla plate 0.2 untuk menutup seamline parts yang ada di foto atas. Hobby Cement dan Mini Drill akan direkomendasikan digunakan selama merakit ini walau hanya straight build

REVIEW





Nyaris seminggu lamanya gua merakit dan menyelesaikan model kit ini, akhirnya selesai juga. Hasilnya memang cukup memuaskan dan atraktif seiring warnanya merah yg cukup menarik perhatian banget. Tingginya mungkin bisa disetarakan dengan MG raksasa seperti Nu Gundam dan Sazabi Ver.Ka. Tapi panjangnya bisa mengikuti panjang METEOR Unit karena selongsong cannonnya yang panjang sekali. Dari segi detail, sejujurnya model kit ini detail sekali dari segi warna, pihak ACE Model menseparasikan warna parts-parts Deep Striker mulai dari yang paling besar hingga yang paling kecil dengan baik sehingga tidak perlu banyak pengecatan untuk menyamai warna asli dari Deep Striker sendiri. Untuk artikulasinya sendiri memang nyaris tidak ada karena terbebani dengan persenjataannya yang super besar ini, disamping itu artikulasi parts-parts besar seperti booster dan propellant tank-nya sangat lemah/loose karena hanya ditopang dengan parts PC kecil yang biasa kalian temukan pada HG Gundam 1:144 ukuran standar pada umumnya, sehingga sulit sekali untuk diposekan.

Dari segi kualitas plastik seperti yang gua bilang sebelumnya memang tidak bagus, warna putih dari model kit ini terkesan kusam, kemudian sangat tipis sehingga jika disorot lampu terlihat tembus pandang. Disamping itu ada beberapa plastik yang "bleber"sehingga perlu dirapi-rapikan terlebih dulu agar tidak mengganggu proses snap-fit maupun dari segi presentasinya nanti sesaat sudah selesai. Untuk decal yang diberikan juga cukup bagus baik dari segi kualitas maupun grafiknya. Yang menariknya adalah daya rekat dari waterslide decal buatan ACE Model ini jauh lebih bagus dibanding waterslide decal Bandai setelah kering. Yang membuat gua bingung adalah tidak ada-nya manual penempatan decal sehingga gua pun bingung dimana gua meletakkan decalnya itu. Overall model kit ini membutuhkan effort extra untuk menyelesaikannya, namun setelah berhasil menyelesaikannya hasilnya cukup memuaskan.


CONCLUSION
Konklusi untuk Deep Striker buatan ACE Model ini adalah model kit ini jelas tidak dianjurkan untuk mereka yang masih pemula, merakit model kit ini butuh kesabaran yang tinggi. Model kit ini juga akan jauh lebih bagus jika di repaint ulang. Memang dari segi kualitas plastik dan snap fit kurang bagus, tapi belum separah RC Model Nightingale yg dirilis beberapa tahun yang lalu. Namun untuk harga yang cukup mahal (between 900k hingga 1kk) dan tujuan membelinya hanya sekedar koleksi, lebih baik menunggu keluaran Bandai-nya yang mungkin akan sedikit lebih mahal tapi tidak terbebani dengan snapfit dan mungkin buatannya akan jauh lebih bagus. Tapi kalau kalian adalah pecinta Gundam2 dari seri Sentinel dan suka tantangan, ini adalah model kit yang cocok untuk kalian :)

2 comments: