Thursday, March 19, 2015

Side G Custom : Let's Paint those Tiny Figures !



BASA-BASI
Setiap kita merakit Gundam (biasanya PG,MG, RG, dan terkadang HG tertentu) pasti selalu menyisakan figur pilot/karakter yang masih dalam warna polos dan pasti ada dorongan untuk diwarnai sesuai dengan warna aslinya seperti yang diarahkan manual-nya, namun karena ukurannya yang sangat kecil membuat kita berfikir berkali-kali untuk mewarnai-nya dan selalu berujung kita diamkan saja atau bahkan dibuang bersamaan dengan sisa-sisa runner saat merakit. Padahal jika kita warnai pilot/karakter itu dengan baik, akan sangat terlihat mantap jika diposisikan bersebelahan dengan MS-nya, atau diletakkan di telapak tangan MS yang dipilotinya, membuatnya lebih terkesan detail dan memberikan nilai estetika tersendiri, dan kepuasaan sendiri tentunya. Gua adalah salah satu orang yang paling gak bisa menyisakan figur pilot/karakter dalam keadaan tidak berwarna, dan menurut gua mewarnai figur kecil itu adalah salah satu bagian yang menurut gua yang paling menyenangkan dalam tahapan penyelesaian merakit Gundam yang sedang dirakit. Dalam postingan ini gua akan mencoba memberikan cara-cara yang mudah untuk mewarnai figur-figur kecil itu.

COLORING IDEA


Untuk contoh, gua akan memakai 1:144 Scale Builder Parts, MS Figure 01. Memang ada produk yang sama dengan yang skala yang lebih besar, tapi yang ada dirumah cuma ada ini, LOL. Jadi kalau kalian mau menggunakan skala 1:100/1:60 juga absolutely no problem ! :D


Langkah pertama adalah dengan memotong runner seperti contoh gambar diatas, hal ini dilakukan untuk mempermudah kalian saat mewarnai figurnya nanti (biar nanti pas ngecat ada yang bisa dipegang selain pilotnya, sehubung ukurannya kecil kayak upil ;p)

* Jika kalian punya sudah terpotong rapi menjadi figur utuh, cara alternatifnya adalah pada bagian display stand atau kakinya bisa kalian tempelkan blu-tac kemudian tancapkan tusuk gigi atau tusuk sate ke gumpalan blu tac yang kalian rekatkan dibawah display stand / tatakan dari figurnya *


kalian akan membutuhkan ini, ini adalah Tamiya Panel Line Accent Color. Gunanya sebenernya sama dengan marker yang biasa kalian gunakan untuk lining Gundam, hanya saja ini lebih memudahkan kita, karena cara menggunakannya cukup diteteskan di bidang yang akan diwarnai panel line-nya.


Seperti yang gua bilang sebelumnya, cukup teteskan panel line accent color tadi diatas figur yang akan diwarnai dan dia otomatis akan mengisi semua panel line yang ada dalam tubuh figur ini. Tenang aja dia pasti akan beleber kemana-mana, yang penting semua panel line dalam tubuh-nya sudah terisi dengan tinta dari panel line accent color ini. Tunggu aja sampai kering ;)


Untuk menghilangkan "bleberan" dari tinta panel line accent color, kalian membutuhkan thinner enamel tamiya atau minyak Zippo pun juga bisa sebagai subtitusinya.



Setelah itu basahi tissue dengan thinner tamiya enamel/minyak zippo secukupnya, setelah itu usap permukaan figur tadi dengan perlahan dan tanpa tekanan hingga semua panel line dari figur ini terisi semua dengan tinta panel line accent color. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kalian saat mewarnai figur ini jika sudah terlihat panel line-nya sehingga kalian tahu bagian mana yang perlu diwarnai dengan warna A, dan bagian mana yang perlu diwarnai dengan warna B :). Jika ada panel line yang tidak sengaja terhapus pada saat proses menghapusnya, cukup teteskan lagi panel line accent color tadi dibagian yang terhapus :)



Setelah kering dan siap di cat, kalian akan membutuhkan kuas yang berukuran kecil untuk mewarnai figur ini, kalau gua menggunakan kuas jenis Cotman Series 111 Brush 0, kuas ini bisa didapatkan di toko-toko buku terdekat atau toko-toko peralatan lukis. Sebagai subtitusi kalian bisa menggunakan jarum pentul atau tusuk gigi untuk mewarnai figur ini, karena sebelum gua mempunyai kuas ini, gua terbiasa menggunakan jarum pentul dan tusuk gigi. Untuk cat-nya, pilihan gua saat mengecat figur ini adalah dengan menggunakan cat tamiya jenis enamel, namun jika kalian memiliki jenis cat lain yang biasa kalian gunakan untuk mewarnai gundam dengan media kuas, kalian bisa gunakan itu.



Dalam tahap mengecat figurnya, biasakan untuk mendahulukan warna primer dari pilot itu terdahulu. Dan jika figur kalian warna dasarnya (warna bawaan pabrik) sangat bertolak belakang dengan warna seharusnya dari figur ini, gua sarankan untuk diberi primer atau diwarnai putih semua SEBELUM ditetesi dengan Panel Line Accent Color untuk memudahkan kalian saat mewarnai figurnya nanti.


Setelah itu, kalian cukup mewarnai warna-warna lainnya dengan kuas atau jarum pentul, jika kalian memiliki lampu dengan kaca pembesar terpasang didalamnya, gua sangat merekomendasikan untuk menggunakannya. Jika tidak punya kalian harus mewarnai figur ini berdekatan langsung dengan lampu agar figur yang diwarnai lebih terlihat jelas saat mengecat (ya iyalaaah ~). Setelah kalian selesai mewarnai figur ini, tunggu sampai kering. Setelah kering, potong sisa runner yang masih merekat di figur tadi kemudian bekas potongan dari figur tadi bisa ditutup dengan mewarnai menggunakan warna yang sesuai dengan warna figur tersebut. Setelah itu tentunya jangan lupa diberi finishing agar warna tidak mudah blebe


Jika figur kalian tidak memiliki semacam tatakan dibawah kakinya, kalian bisa menggunakan double tape tebal dengan memotong double tape tadi mengikuti ukuran kaki figur tersebut, lepas 1 sisi double tape dan rekatkan kaki figur ke double tape yang sudah dibuka salah satu sisinya tadinya. Dan setelah melewati semua tahapan-tahapan tadi, figur pilot sudah siap untuk diletakkan disamping MS-nya masing-masing :)


LET'S HAVE SOME FUN WITH THEM !
Mungkin akan membutuhkan beberapa kali percobaan untuk mewarnai figur-figur kecil ini dengan rapi, namun ketika kalian sudah terbiasa mewarnai figur ini, kalian akan lebih senang menunjukkan figur ini dibandingkan model kitnya sendiri :p. Dibawah ini adalah beberapa figur pilot, karakter, dan MS/MA skala 1:1700 yang sudah gua cat sebelumnya mengikuti warna yang diarahkan manual book dari model kit-nya masing-masing :)

Sei Iori & Build Strike Full Package (MG 1:100)

Heero Yuy & Wing Gundam Zero (MG 1:100)

Garrod Ran & Gundam X (MG 1:100)

Amuro Ray & RX 78-2 (MG 1:100)

Amuro Ray & RX 78-2 (RG 1:144)

Whitebase 1:1700 EX

5 comments:

Maseko Sakazawa said...

Mantab dov! ternyata panel line tetes itu berguna juga :)

Links Hobby said...

jadi pengen ngewarnain figurenya..keren bro

Unknown said...

Untuk panel line pake gundam marker bisa dihapus dgn minyak zippo??

Unknown said...

Untuk panel line pake gundam marker bisa dihapus dgn minyak zippo??

Ludov06 said...

kalau panel line pakai gundam marker aja bisa dihapus pakai penghapus aja kok bro :). tapi kalau apply di figure kecil kayak ini masih kurang tau, tapi coba aja, karena minyak zippo gak ngerusak plastik