Friday, March 13, 2015

Side G Review : HCM Pro 1:200 Destroy Gundam


BASA-BASI
Dari semua desain MS dari SEED Destiny yang menurut gua banyak yang menarik dan unik, Destroy Gundam adalah salah salah satu Gundam favorit gua yang ada dalam serial SEED Destiny karena ukurannya yang besar banget, dan mode perubahannya terbilang unik. Konsep dari Destroy Gundam ini sendiri terbilang mirip dengan Psycho Gundam dari serial Zeta Gundam yang dimana dalam ceritanya pilot dari masing-masing Gundam raksasa ini (Destroy & Psycho) sama-sama jatuh cinta dengan tokoh protagonisnya dan otaknya sama-sama dikontrol oleh aliansi musuh untuk melawan si tokoh protagonis ini. 

Dari segi figure dan model kit-nya, Destroy Gundam tidak memiliki banyak model/figure dikarenakan yang menyukai Gundam ini tidak sebanyak trio macan dari SEED Destiny yang dimana hampir semua line dari figur dan model kitnya ada. Namun ada 1 figur yang mewakili kegagahan dari Destroy Gundam ini beserta fitur-fitur utama-nya, yaitu figur dari line HCM Pro-nya. Line figur dari HCM Pro pun sebenarnya sudah diberhentikan oleh pihak Bandai semenjak kira-kira akhir tahun 2010 dikarenakan sudah digantikan dengan line figur Robot Damashii yang sampai sekarang masih terus diproduksi dengan kualitas yang lebih mantap, artikulasi yang lebih luwes, dan proporsi yang lebih menjanjikan dibanding line figur pendahulunya seperti HCM Pro, GFF, dan MSiA. Karena produksinya sudah diberhentikan, mencari figur Destroy Gundam ini di Indonesia pun sangat sulit dikarenakan peminat HCM Pro disini pun sepertinya tidak banyak. Akhirnya gua pun bela-belain menggunakan jasa middleman service untuk mendapatkan ini langsung dari Yahoo Auction Japan dengan harga yang masih terbilang terjangkau saat itu.

HCM PRO INTRODUCTION
Bagi yang mungkin belum terlalu familiar dengan line figure ini, HCM Pro merupakan kategori action figure Gundam yang rilis pada tahun 2004. Konsep dibalik HCM Pro ini terbilang unik, dikarenakan HCM Pro memiliki ukuran yang sangat kecil sekali, namun detail yang diberikan sangat luar biasa. Disamping detail yang luar biasa artikulasinya pun cukup luwes untuk sebuah figur berukuran kecil ini. Skala dari figur HCM Pro sendiri adalah 1:200, jadi kira-kira ukurannya hanya setengah badan dari rata-rata HG sekarang. Namun sayangnya line figur ini sudah diberhentikan dan digantikan dengan Robot Damashii. Untuk sekarang, line figur yang sejenis dengan HCM Pro adalah Assault Kingdom walaupun detail dan pewarnaan yang diberikan tidak sebagus line figur dari HCM Pro.

Klik gambar untuk melihat dalam ukuran lebih besar

UNBOXING
Saat pertama kali melihat kemasannya, kemasannya jauh lebih besar dibandingkan kemasan HCM Pro pada umumnya, dikarenakan ukuran dari figur ini juga 3 kali lebih besar dibandingkan HCM Pro biasa. Kemasan depan dari figur ini berjenis window packaging, yang dimana konsumen bisa melihat langsung figurnya walaupun secara keseluruhan dari kepala sampai kaki, disisi sebelah kanan kemasan depan ini tertera logo Gundam Seed Destiny beserta screenshot dari Destroy Gundam yang sedang melawan Freedom Gundam dari serial TV-nya, kemudian pada bagian kanan bawah tertera tabel berisi tulisan dalam bahasa Jepang dan dibawahnya tertera nomor seri dari figur ini, dan terakhir tertera logo brand Bandai sebagai produsen dari figur ini. Disisi kiri kemasan depan tertera ilustrasi Destroy Gundam secara close up dengan nuansa 3D dan ilustrasi Stellar sebagai pilot pertama dari Destroy Gundam dan logo dari line produk HCM Pro tertera. Pada sisi belakang, kiri, dan kanan kemasan kita bisa melihat langsung semua fitur-fitur yang ditawarkan dalam figur ini. Kemudian pada bagian atas dan bawah kemasan tertera persegi panjang merah dibagian paling bawah masing-masing sisi menunjukkan line figur ini merupakan produksi pertama yang dimana pada produksi pertama telah disisipkan bonus stand untuk HCM Pro Freedom Gundam yang bisa juga digunakan untuk tangan Destroy Gundam & 1 Sword Silhoutte untuk HCM Pro Force Impulse Gundam. Saat kemasan dibuka, kita bisa akan mendapat 1 Figur utuh Destroy Gundam beserta persenjataannya, bonus item, display stand untuk Destroy Gundam saat menjadi MS Mode, spare part tanduk yang berbahan plastik, dan sepasang manipulator dalam pose telapak tangan terbuka yang masih tertempel dalam runner, dan tentunya manual untuk memainkan figur ini.

Klik gambar untuk melihat dalam ukuran lebih besar


REVIEW
Dalam mode MS-nya Figur ini memiliki standar tinggi sekelas model kit skala 1:100/Master Grade dengan warna yang dominan ungu keabu-abuan, hitam, dan merah. Paintjob keseluruhan dan detil-detil seperti panel line dan penempatan detail-detail kecil seperti warna piston yang dipresentasikan dalam figur ini sangat mantap dan detail sekali. Artikulasi dari figur ini terbilang standar, sedikit kaku, dan belum sebaik artikulasi Robot Damashii, namun dalam artikulasi figur ini pihak Bandai menanamkan "joint locking system" di setiap artikulasi yang dapat ditekuk dari figur ini. Jadi setiap tekukannya, figur ini mengunci joint-nya sehingga membuat pemiliknya merasa aman menggerakkan figur ini tanpa merasa ketakutan joint figur ini akan loose. Namun disini yang sedikit disayangkan dalam figur ini, adalah pada saat menjadi mode MS-nya, figur ini HARUS ditopang dengan display stand yang sudah termasuk dalam kemasannya, hal ini dikarenakan backpacknya yang sangat besar sehingga jika tidak ditopang dengan display stand yang sudah tersedia, figur ini akan jatuh kebelakang secara instan membuat figur ini menjadi sangat terbatas untuk diposekan secara dinamis. Namun walaupun demikian, kita mendapat sepasang manipulator tangan dalam pose telapak tangan terbuka untuk membuat pose Destroy Gundam saat menembak

Klik gambar untuk melihat dalam ukuran lebih besar


Fitur utama dari figur ini adalah sistem full transformasi-nya yang dimana dalam proses merubah figur ini menjadi Mode MA-nya, figur ini tidak perlu melepas part tertentu dan mengganti part lain untuk membantu dalam proses pengubahan mode MS ke mode MA-nya. Cara merubah ke mode MS ke mode MA-nya pun tidak sesulit mengubah MS ke MA pada umumnya (Baca : Zeta Gundam), hanya beberapa step memutar dan melipat, maka jadilah MA mode-nya. Dalam MA mode-nya bagian atas dari backpack Destroy Gundam menjadi kepala dan setelah berhasil merubah wujudnya menjadi bentuk MAnya, maka dengan instan bentuknya mengingatkan kita pada MA dari serial Gundam pertama, Big Zam. Fitur kedua dari figur ini adalah kedua tangannya dapat meluncur dengan menekan tombol kecil di sekitar tangannya dengan kedua jari sehingga membuat figur ini terlihat akurat dengan serial TV-nya yang dimana dalam serial TV-nya kedua tangannya dapat meluncur dan terbang menjadi senjata sekaligus perisai seperti funnel. Disamping fitur-fitur yang tersedia dari figur ini, kita masih mendapat bonus 1st edition parts untuk figur ini, parts ini terdiri dari sebuah display stand yang dapat dipasangkan ke HCM Pro Freedom Gundam ataupun Force Impulse, namun jika kita tidak memiliki kedua figur tadi, kita bisa menggunakan display stand tadi untuk dipasangkan ke tangan Destroy Gundam saat terlepas dari tubuhnya, membuat pose seakan tangannya melayang. Kemudian disamping mendapat display stand yang multifungsi, kita mendapat sebuah pedang excalibur milik Sword Impulse Gundam untuk dipasangkan ke HCM Pro Force Impulse Gundam secara eksklusif.
CONCLUSION
Walaupun figur ini memiliki artikulasi yang standar dan backheavy, namun detail dan paintjob yang diberikan dalam figur ini sangat mantap dan patut diacungi jompol. Disamping itu figur ini sudah sangat langka di pasaran, sehingga butuh waktu dan kesabaran untuk mencari figur ini. Namun jika kalian menyukai desain Destroy Gundam dan menginginkan wujudnya dalam miniatur entah itu gashapon, ataupun trading figure-nya, ini adalah wujud miniatur Destroy Gundam yang paling baik yang pernah diproduksi Bandai lengkap dengan detail dan fitur-fitur yang akurat dengan serial TV-nya. Dengan harga retail yen 6500 atau sekitar 700 ribu-an jika dirupiahkan (dan ada kemungkinan bisa naik 2x lipat atau lebih seiring figur ini sudah tidak di reissue dalam waktu dekat ini), jika kalian sangat menyukai desain dari Destroy Gundam, gua sangat merekomendasikan untuk mendapatkan figur ini. Trust me, it's worth every penny for this lil' guy ;)

2 comments:

Anonymous said...

Dapet brp rupiah bro Dr Yahoo auction sampe ke Indo? Sy jg lg hunting nih Ms kece :) BTW nice review

Ludov06 said...

dulu dapetnya masih yen kali 100 bro sampai sini, belinya udah kisaran 6 - 5 tahun yang lalu