Friday, August 21, 2015

Side B Review : Limited DX Power Stones from Power Stone Collection Campaign



BASA-BASI
Kira-kira beberapa bulan yang lalu sebelum lebaran gua ke toko mainan liat selembar poster promosi ukuran A4 dibagian mainan Bima-X, gua kira sekilas content poster berupa event meet and greet Bima, namun setelah gua lihat lagi rupanya mereka sedang mengadakan Campaign Limited Edition Power Stone yang berisi 3 Power Stone milik Satria Harimau. Gua mikir "Klo ini power stone dijadiin campaign, berarti kemungkinan besar DX-nya Satria Torga gak dijual". Awalnya gua ngira bakal diundi sistemnya, dan setelah baca keterangannya "PERSEDIAAN TERBATAS" gua otomatis berpikir ini sistemnya pasti "balapan" yang dimana yang paling cepat dialah yang dapet duluan, jadi langsung lah gua pantau event itu. What can I say ? I'm a sucker for a free Limited Edition Stuffs. Untungnya gua masih ada beberapa sticker yang tersisa dari gua beli Power Stone Collection saat itu dan memang gak gua buang. Jadi mencari sisa-sisa yang harus dilengkapi untuk mengikuti campaign ini pun gak susah.

CAMPAIGN PROCESS
(Klik Gambar dibawah untuk lihat lebih besar)
Sebagian dari kalian mungkin sudah tahu soal Campaign Power Stone Limited Edition ini, yang dimana pada dasarnya kita mengumpulkan stiker-stiker yang terdapat pada Power Stone Collection kemudian ditempelkan pada selembar kertas yang disediakan oleh pihak penyelenggara yang bisa kalian dapatkan di toko-toko mainan besar seperti Toys City, Kidz Station, Debenhams, dll. Setelah komplit, kertas yang sudah penuh dengan stiker itu dikirimkan ke PO Box dari penyelenggara acara dan duduk manis untuk kemudian dikirimkan oleh pihak penyelenggara tanpa diundi dan tanpa dipungut biaya sepeserpun. Gua mengirimkan punya gua tepat setelah kantor-kantor mulai beroperasi pasca libur lebaran, jadi yaaa kira-kira kalian perlu tunggu setidaknya sampai sebulan untuk dapetin Power Stone Limited Edition ini
Kalau kalian mendapat kiriman paket dari PT.Emway Globalindo yang dibungkus dengan amplop coklat, itu artinya kalian mendapat Power Stone Limited Edition ini. Dan semenjak gua dapet paket ini gua baru sadar kalau distributor mainan seri Bima ini rupanya dari PT.Emway Globalindo, gua kira selama ini distributornya PT. Mitra Adi Perkasa (MAP)

Campaign ini dimulai sejak akhir ramadhan, dan sampai saat gua menulis ulasan ini campaign masih terus berjalan, tidak diketahui kapan berakhirnya karena dalam poster promosinya tidak dicantumkan tanggal berakhirnya. Jadi mestinya kalau kalian sudah tidak melihat poster ini ditoko-toko mainan besar, ada kemungkinan besar campaign sudah selesai.

UNBOXING
(Klik Gambar dibawah untuk lihat lebih besar)
Kemasannya terbilang sangat sederharna dengan jenis window type box yang berwarna hitam dengan finishing gloss dan beberapa "tambalan" berupa sticker doff yang bergambar logo Bima X dan judul produk pada sisi kiri dan tulisan "Berubah!" dengan gambar Satria Torga dan form Ice-nya beserta logo Bandai pada sisi kanan kemasan. Pada bagian kemasan terdapat petunjuk berupa peringatan penggunaan, logo RCTI, logo Ishimori Pro, 4+, dan tulisan "Made in Indonesia" yang mengindikasikan produk ini dibuat di Indonesia, sama seperti DX Bima X Changer.

Begitu kemasan dibuka, kita mendapatkan 3 Power Stone (Ice, Thunder, Synthetic) yang terlindung plastik dengan erat dan secure

REVIEW
(Klik Gambar dibawah untuk lihat lebih besar)

Synthetic Power Stone (Evil Torga)
White Power Stone (Torga Ice)
Yellow Power Stone (Torga Default/Thunder)

Terdapat 3 macam power stone dalam kemasan ini, 3 power stone ini adalah milik para Satria Harimau. Torga, Torga Ice, dan Evil Torga. Terdapat sedikit perbedaan kualitas warna dari power stone ini, 2 Warna kristal di tengah bagian Power Stone ini (Thunder & Ice) cenderung memiliki warna yang lebih solid dibandingkan power stone yang ada pada DX Bima X Changer, namun masih sedikit terlihat transparan jika diterawang.

 Masing-masing power stone memiliki border pattern yang berbeda, Power Stone Kuning memiliki border pattern berupa simbol listrik pada bagian pinggir dengan warna kristal kuning nyaris solid dengan warna kuningnya seperti warna kuning pisang, Power Stone ini merupakan Power Stone milik Torga untuk berubah wujud menjadi default form-nya. Power Stone Putih memiliki border pattern berupa simbol es pada bagian pinggir dengan warna kristal putih nyaris solid, Power Stone ini merupakan Power Stone milik Torga untuk berubah wujud menjadi Ice form-nya. Power Stone Sintetis memiliki border pattern berupa potongan lingkaran yang dibagi menjadi beberapa bagian pada bagian pinggir dengan warna kristal orange transparan dan bermotif seperti awan hitam, Power Stone ini merupakan Power Stone milik pihak antagonis/Topeng Besi untuk berubah wujud menjadi Evil Torga.

Untuk fitur dan efek suara yang ditawarkan tentuya masih sama dengan efek suara sebelumnya yang berhasil gua hack, hanya saja bedanya terpasangkan dengan power stone resmi-nya.

klik logo youtube untuk melihat video di youtube dengan resolusi yang lebih besar

Keluhan gua terhadap produk ini yang pertama muncul dari segi konsistensi karakteristik produknya, karena seingat gua saat gua beli power stone collection dan mendapat power stone thunder Torga, warnanya adalah Orange transparan, begitu juga saat gua beli changer Torga, power stone yang disertakan juga masih berwarna orange transparan, namun begitu mendapati ini justru warnanya berubah menjadi warna kuning yang nyaris solid warnanya.

Yang kedua adalah power stone sintetisnya. Gua jujur gak terlalu mengikuti ceritanya pada saat debut Evil Torga, namun di cuplikan yang gua temukan di youtube, gua melihat border pattern dari power stone sintetis ini sama persis dengan border pattern dari power stone Torga Thunder yang dimana berupa simbol listrik yang mengitari border dari power stone sintetis , gua kurang tau apakah power stone sintetis yang didapat dari campaign ini milik evil torga atau milik pihak antagonis lain yang memiliki power stone sintetis yang serupa sehingga ada kemungkinan besar patternya juga berbeda. Disini gua belom berani bilang apakah ini flaws dari produk ini atau bukan. Tapi kalau memang ini Power Stone milik Evil Torga, ini menjadi flaws yang kedua

Yang terakhir adalah dari segi presentasi kemasannya. Menurut gua disini yang paling kritis adalah tidak adanya petunjuk penggunaan atau setidaknya penjelasan yang informatif yang berhubungan dengan produknya seperti di DX-nya baik dalam wujud secarik kertas ataupun tercetak di kemasannya, di kemasan ini hanya tertulis "Limited Edition, not for Sale" dan Peringatan dibagian bawah kemasan. Mungkin memang sebagian orang tidak terlalu memikirkannya, namun ini adalah suatu kesatuan dari sebuah kemasan yang dimana salah satu tujuannya adalah untuk menginformasikan produk yang nantinya akan digunakan, kemasan dibuat bukan hanya sebatas untuk melindungi dan juga bukan hanya dipentingkan pada sisi estetikanya saja.

But then of course, we all makes mistake and nobody's perfect... I appreciate the effort and hardwork of those who contributed on this campaign.

"Nyet, elo tuh yee...uda dapet barang gratis ngoceeeeh ini itu ! Diem aja deh looo. OMG"

CONCLUSION
Dengan harga produk kira-kira IDR 150.000 (perhitungan kasar harga 10 sachet Power Stone Collection KALAU dapat stickernya sesuai semua yang ada di kertas) menurut gua masih boleh laa untuk dikoleksi. Selain komplain gua diatas tadi, semuanya ok dan gua tidak mendapat masalah dengan penggunaan produknya. Karena ini Limited Edition sebaiknya disimpan baik-baik atau punya lebih dari 1 paket, who knows 5 - 10 tahun lagi ketika Satria series namanya sudah tidak asing lagi di kalangan penggemar superhero di dunia (amiiiin ya), barang ini akan dicari oleh penggemar-penggemar baru yang sedang mencari barang ini. Jika ini terjadi, disini adalah keputusan kalian untuk memposisikan ini sebagai collector item atau dijual lagi dengan harga yang tinggi (lo tuh yee, dibilang jelas2 gak untuk dijual, masi yaaa otak dagang lo jalan ! zzzzzz)


Jadi kirimlah sebanyak-banyaknya untuk dapetin DX Power Stone Limited Edition ini !

3 comments:

Aya said...

Ohbaru tahu yg power stone collection gak kebaca di DXnya.. walau harus tetap dibeli yah demi ini ahaha

Ajie D said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

power stone hitam malahan yang pada jadi limited bukan power stone limited campain ini ��