Saturday, February 27, 2016

Side G Review : HG Gundam Barbatos + Kutan Type III

BASA-BASI
Ini adalah model kit pertama gua dari seri Iron Blooded Orphans. Semenjak desain Barbatos diperlihatkan gua langsung fix "Yes, berani taruhan seri ini bakal jadi salah satu seri yang ok", desain barbatos ini menurut gua unik banget karena sekilas Gundam ini terlihat gagah dan buff namun memiliki bagian pinggang yang amat kecil, mirip kayak omegamon. Gua sangat menunggu-nunggu banget model kit dari Barbatos keluar, inget banget waktu itu setiap online store di Indonesia gua pantau terus nunggu kitnya masuk, namun apalah dikata gua paling gak jago kalo uda harus cepet-cepetan, rupanya di pasaran sini pun model kit HG Barbatos sangat laku macam kacang atom. Dari toko online sampai toko fisik pun gua datangi dan jawaban yang gua terima sama semua...

"TELAT LO BEGO, BARBATOSNYA LUDES. ABIS"

Gak lama setelah itu gua inget di Jepang baru keluar versi "expansion"nya yang dimana Barbatosnya dapet semacam transportasi untuk membawanya ke medan perang yang bisa berubah bentuk menjadi semacam armor persenjataan berat untuk Barbatos. Akhirnya gua putuskan beli versi ini, beli yang mahalan gapapa, udah gak cocok umur gua buat rebutan beli mainan (ahelaaaah !)
UNBOXING
Dimulai dari kemasannya yang cukup besar, Ukuran dari kemasan HG Barbatos Kutan Type III ini seukuran dengan kemasan HG G-Self Assault Pack yang juga cukup tebal. Cover art dari kemasannya memperlihatkan Gundam Barbatos menggenggam katana yang siap meluncur dari Kutan Type III dengan background Kutan Type III dalam mode pesawat melintas di luar angkasa. Pada sisi kiri cover art kita bisa melihat logo Gundam Iron Blooded Orphan, dilanjutkan dengan portrait Mikazuki memakai seragam pilot dan label HG Iron Blooded Orphans dibawahnya, pada sisi kiri bawah kemasan kita bisa melihat nama lengkap dari model kit ini dalam tulisan kanji jepang dan tulisan dalam bahasa Inggris pada bagian bawahnya yang menurut gua cukup baru, karena biasanya informasi nama karakter selalu dalam format alphabet. Pada sisi kanan bawah kemasan kita bisa melihat logo brand Bandai, mengindikasikan produk ini diproduksi oleh Bandai.
Pada sisi atas dan bawah kemasan kita bisa melihat fitur dan gimmick yang ditawarkan dari kit ini baik Gundam Barbatos dan Kutan Type III dalam format kumpulan foto yang di manipulasi dengan professional dan sedikit cerita latar belakang dari masing-masing pilot.

Ketika kemasan dibuka kita akan mendapat total 17 runner (10 runner untuk merakit Kutan Type III dan 7 runner untuk merakit Barbatos) 2 lembar foil sticker (1 lembar untuk Kutan Type III, 1 lembar untuk Barbatos) dan 1 manual untuk merakit model kit ini.

REVIEW : BARBATOS
Ketika sudah selesai dirakit, kita akan mendapat 1 model kit utuh Gundam Barbatos, 3 senjata utamanya (mace, katana, katana dengan hand grip warna putih), tangan kanan berserta perisai kecil, dan manipulator punggung dengan warna dominan putih dan abu-abu yang mewarnai seluruh kit ini dengan warna merah, kuning, biru sebagai warna sekunder yang mendominasi warna kit ini. Yang membuat kit ini unik (dan laku) dibandingkan dengan kit HG seri lainnya adalah inner frame-nya yang bisa diperlihatkan jika semua armor dari barbatos dilepas walaupun tidak 100% akurat dengan inner frame "Gundam Frame" seperti di serial tv-nya.

Untuk artikulasi dari kit ini, kit ini memiliki artikulasi yang bisa kalian harapkan. Kit ini sangat fleksibel dan mampu menciptakan pose-pose dramatis seperti yang kalian biasa lihat di serial tv-nya. Fitur dari kit ini tidak banyak, namun yang menjadi sorotannya adalah kit ini dapat berubah form ke form pertama dari Gundam Barbatos yang pada dasarnya hanya melepas armor bahu dan mengganti tangan kirinya menggunakan parts tangan baru yang berperisai yang sudah disediakan didalam kit ini dan mengganti senjatanya dengan mace.
Detail dari kit ini menurut gua standar seperti HG seri SEED yang dimana kalian perlu mengecat kit ini jika ingin terlihat akurat seperti yang di serial tv-nya, atau menggunakan stiker yang sudah disediakan. Menurut gua disini adalah bagian yang disayangkan, namun ini mungkin juga salah satu alasan mengapa harga HG Barbatos biasa tergolong murah (sekitar 1000 yen)

REVIEW : KUTAN TYPE III
Dimulai dari ukuran kit ini yang terbilang kecil (dan tipis) untuk sebuah mobile armor namun cukup panjang karena pengaruh booster tank yang ada dibelakang. Warna putih mendominasi warna keseluruhan dari kit ini dengan warna abu-abu muda dan gunmetal sebagai warna sekundernya yang mewarnai kit ini.
Kit ini memiliki fitur yang dapat berubah bentuk menjadi Heavy Armor mode yang mirip dengan METEOR unit dari seri SEED/Destiny. Kemudian kit ini dapat membuat mode semacam "Ready to Launch" mode yang pada dasarnya bagian luar dari kit ini dibuka dan memperlihatkan bagian dalam kit ini, termasuk Gundam Barbatos yang siap meluncur. Kemudian fitur terakhir dari kit ini adalah kit ini bisa dapat digunakan sebagai booster equipment untuk Graze Kai yang mirip seperti Harute Gundam dengan GN Booster. Kit ini disertai dengan 2 Cannon yang biasa digunakan oleh Gundam Barbatos dan bisa dipasangkan juga ke kit Barbatos, disamping itu kit ini juga disertai dengan display base warna hitam.
Dari segi detail sama seperti Barbatos, yang dimana kalian perlu mewarnai sebagain besar dari kit ini untuk terlihat sama dengan yang ditampilkan di manual booknya / animenya, atau alternatif lainnya dengan menggunakan foil stiker yang sudah disediakan didalamnya.
CONCLUSION
Kit ini menurut gua cukup menarik, karena jarang sekali Bandai merilis kit berupa transportasi untuk Gundam (tidak termasuk kapal induk), dan ide dari kit ini juga unik yang dimana transportasi ini bisa berubah menjadi heavy armor yang bisa digunakan ke 2 kit yang berbeda dengan bentuk yang berbeda (tidak seperti METEOR/GN Arms yang bentuk armornya tetap sama walaupun MS-nya berbeda). Menurut gua yang cukup disayangkan disini adalah detil kit ini yang kurang, bisa dilihat dari banyaknya jumlah stiker yang harus dipasangkan ke kit ini. Disamping itu gua cukup puas dengan kit ini dan kalau kalian ingin memiliki Barbatos tanpa perlu rebutan ditambah dengan persenjataan yang lengkap, kit ini cocok untuk kalian ;)

No comments: