Saturday, March 26, 2016

Side G Review : DM 1:100 Destiny Gundam

BASA-BASI
Di ujung akhir tahun 2015, dunia komunitas Gundam digemparkan dengan kabar pihak Dragon Momoko merilis model kit Destiny Gundam yang basisnya berasal dari Metal Build Destiny Gundam yang banyak dikagumi penggemar Gundam dan robot jepang karena proporsinya yang edgy dan memberikan image devil-ish tanpa mengubah unsur original dari Destiny Gundam disamping proporsinya. Ketika sudah tersedia di pasaran, salah satu situs di cina menjejerkan model kit ini dengan figure Metal Build Destiny Gundam dan menariknya yang membedakannya hanya warna dan decal saja, proporsi benar-benar sama dengan figure Metal Build Destiny Gundam buatan Bandai yang dirilis beberapa tahun yang lalu. Gua sebagai salah satu penggemar SEED Destiny (Did i say that loud ? YES I AM !) tertarik dengan model kit buatan Dragon Momoko ini, karena sebelumnya gua tidak pernah mengalami pengalaman yang buruk merakit produk buatan Dragon Momoko, akhirnya model kit ini gua beli di event toyfair dengan harga yang cukup wajar untuk sebuah model kit dengan skala 1:100 sekelas MG.

UNBOXING
Dimulai dari kemasannya yang sedikit lebih besar dari DM 1:100 Akatsuki Gundam dengan jenis kemasan yang sama seperti MC Model Xi Gundam yang memiliki "lidah" sebagai segel penutup/pembuka kemasannya dan begitu dibuka memiliki kemasan dalam yang terbuat dari karton tebal dengan warna coklat polos sehingga memberikan kesan "well packaged & premium feel" dari model kit ini.
Pada sisi depan dan belakang kemasan kita bisa melihat Cover Art berupa Destiny Gundam yang sudah dirakit dan di foto secara professional dengan background warna putih polos dan pose yang berbeda di masing-masing sisi, kemudian pada sisi pojok kiri atas kita bisa melihat logo brand Dragon Momoko beserta skala dan kategori model kit ini yang bertuliskan 1/100 dan MG scale, pada sisi bawah kita bisa melihat nama dari produk ini, Destiny ZGMF-X42S Zero Gravity Maneuver Fighter dengan sedikit penjelasan dalam satu paragraf dibawah nama produk, kemudian pada sisi kanan bawah kita bisa melihat penjelasan produk ini dibuat pada tahun 2015 oleh Dragon Momoko.

Pada sisi atas kemasan kita bisa melihat wujud dari model kit ini ketika sudah dirakit beserta fitur-fitur yang ditawarkan dalam wujud foto-foto yang ditata secara profesional dengan background warna putih dan banyak menggunakan elemen hexagonal sebagai tempat untuk menampung informasi dan foto produk

Pada sisi bawah kemasan, sama dengan sisi atas kita bisa melihat wujud dari model kit ini ketika sudah dirakit beserta fitur-fitur yang ditawarkan dalam wujud foto-foto yang ditata secara profesional dengan background warna putih dan banyak menggunakan elemen hexagonal sebagai tempat untuk menampung informasi dan foto produk. Pada sisi pojok kanan kemasan ditampilkan  informasi yang ditulis menggunakan bahasa cina dilanjutkan dengan simbol-simbol yang berhubungan dengan penggunaan produk ini dan barcode untuk mengakses website Dragon Momoko

Pada sisi kanan dan kiri kemasan yang dimana adalah "lidah" pembuka dan penutup kemasan, kita bisa melihat model kit Destiny dengan pose yang sama seperti pada belakang kemasan dengan background warna putih dilanjutkan dengan nama karakternya.

Ketika kemasan dibuka kita akan mendapat 31 runner untuk merakit Destiny Gundam, 4 Runner untuk merakit Display Stand, sepasang part untuk Beam Wing dalam wujud lembar pvc pink transparan dengan efek hologram, 2 lembar foil sticker, selembar water slide decal, dan manual untuk merakit model kit ini yang disertai selembar kertas berisi kumpulan foto dari kit ini ketika sudah selesai dirakit.
BUILDING PROCESS
Kualitas plastik sudah nyaris mendekati Bandai walaupun snapfitnya masih sama seperti produk Dragon Momoko sebelumnya, sebagian keras dan ada beberapa part yang WAJIB perlu diperbesar part femalenya agar proses snapfit berjalan lancar dan ada pula beberapa part tipis yang rawan patah, gua menemukan ini dibagian part bahunya yang dapat ditekuk-tekuk, sebaiknya diberi perhatian extra pada saat merakit part bahunya.
REVIEW
Ketika sudah melewati proses merakitnya, kita akan mendapat 1 kit utuh Destiny Gundam beserta dengan persenjataan yang tertanam didalam tubuhnya, 1 beam riffle, 1 shield, 2 beam shield, 4 pasang manipulator, sepasang effect part untuk beam boomerang, beam saber, kemudian beam effect untuk beam swordnya, sepasang beam wing, dan display stand. Secara keseluruhan model kit ini terbilang sangat colorful, dan konsep warna dari kit ini mengikuti konsep warna dari RG yang dimana pada satu warna part memiliki 2 jenis turunan warna. Basis dari kit ini mengikuti basis dari Metal Build Destiny Gundam yang pernah dirilis oleh Bandai beberapa tahun yang lalu, yang membedakannya dengan buatan Bandai adalah warna, decal, bahan, dan tentunya jenis kategorinya mengingat Metal Build adalah action figure premium dengan kualitas terbaik buatan Bandai dan ini hanyalah model kit yang proporsinya mengikuti sama persis dengan buatan Bandai. Kit ini memiliki tinggi yang sama dengan model kit skala 1:100 pada dasarnya (sekitar 18-20cm). Warna biru metalik, abu-abu muda dan merah metalik mewarnai seluruh tubuh dari kit ini dengan turunan warna abu-abu dan merah metalik, warna biru muda, hijau, kuning, hitam, dan silver tua juga ikut mewarnai detail dari kit ini.
Dari segi proporsinya, proporsi dari kit ini memiliki kesan "edgy" dan "devil-ish" sehingga membuat karakter Destiny Gundam yang biasa kita lihat kenal sebelumnya menjadi jauh lebih terlihat atraktif dan sangar. Tidak seperti produk keluaran sebelumnya (Akatsuki Gundam) yang basis frame-nya menggunakan frame MG Strike Gundam RM, kit ini nampaknya menggunakan frame baru untuk mengadaptasikan bentuk dari basis kit ini. Gua memiliki keluhan pada saat membuatnya berdiri tegak dalam keadaan sayap tertutup, kedua joint part antara betis bawah dan telapak kaki cukup lemah sehingga peluang kit ini untuk mudah jatuh kebelakang sangatlah besar ditambah lagi dengan beratnya backpack part dari kit membuat kit ini semakin tidak seimbang dari segi keseimbangan berat antara sisi depan dan belakang, namun ketika membuat sayapnya terbuka lebar, kendala ini mulai perlahan membaik, mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa kit ini disertai display stand khusus.
Untuk artikulasi dari kit ini, kalian bisa sangat mengharapkan artikulasi yang luwes dan mantap dari kit ini. Kit ini memberikan artikulasi yang sangat fleksibel sehingga kalian mampu membuat pose-pose dinamis yang biasa dilihat di serial tv-nya. Namun di saat yang sama kit ini juga sangat sulit untuk ditekuk beberapa titik artikulasinya yang disebabkan pada saat proses pemasangannya banyak part yang snapfitnya cukup keras, namun setidaknya hal ini mungkin dilakukan pihak Dragon Momoko agar kit ini juga tidak cepat loyo artikulasinya. Kalian akan menemukan problem ini khususnya dibagian paha dan tangan dari kit ini.
Untuk segi detailnya, karena keseluruhan kit ini mengambil basis figur Metal Build Destiny Gundam, tidak perlu diragukan lagi kalau detailnya luar biasa tajam. Kit ini dipenuhi dengan panel line dan turunan warna yang sebelumnya gua singgung-singgung mengikuti turunan warna RG yang membuat kit ini menjadi lebih detail dan tidak terlihat monoton walaupun inner frame dari kit ini juga terbilang sangat sederharna, nampaknya kit ini juga lebih menonjolkan detail pada bagian luarnya, karena selama gua merakit inner frame-nya, tidak ada inner frame yang terlihat detail dan memperlihatkan mekaniknya yang biasa kita temukan pada model MG buatan Bandai pada umumnya.
Untuk fitur dari kit ini, fitur kit ini mengadaptasikan juga fitur-fitur dari Metal Build Destiny Gundam, seperti beam cannon yang dapat terbuka macam NT-D System, part bodi dari bagian bahu yang dapat dibuka untuk melihat detail frame bahu, part sayap atas yang dapat terbuka dan memperlihatkan sebagian dari detail frame sayapnya, hingga shield yang dapat digeser dan memperlihatkan detail shield. Namun masih ada satu fitur yang hanya dimiliki pada versi kit keluaran Dragon Momoko ini, fitur itu adalah Beam Wing untuk Destiny Gundam yang merupakan ciri khas utama dari Destiny Gundam sendiri. Fitur Beam wing ini membuat kit ini menjadi jauh lebih atraktif, menarik mata, dan tentunya memakan space tempat kalian mendisplay kit ini nantinya karena ukuran Beam Wing-nya yang sangat besar. Bahan dari Beam Wingnya pun sangat enteng karena menggunakan semacam lembar PVC yang dilapis hologram (mirip dengan beam wing pada MG Destiny Gundam Extreme Blast Mode) sehingga kalian tidak perlu takut memikirkan jika sayapnya akan mudah loyo setelah dipasangi Beam Wing
Untuk aksesoris tambahannya, disamping manipulator untuk membantu pose Destiny Gundam, dan beberapa beam effect part untuk senjatanya, kit ini disertakan Display Stand berupa tempat peluncuran yang sepertinya mengambil bentuk display stand MG Strike Gundam lama dengan sedikit modifikasi. Dengan display stand ini, kalian bisa membuat pose Destiny Gundam dalam mode siap meluncur atau pose seperti biasa, namun perlu ditekankan juga bahwa display stand ini tidak se fleksibel Action Base, display stand ini hanya memiliki joint dengan kemampuan terbatas untuk membuat Destiny Gundam kalian berpose dinamis, so don't get your hope high on the display stand if you want to make your Destiny Gundam look insanely attractive !
CONCLUSION
Jujur aja, kit ini menjadi salah satu kit favorit gua yang tidak diproduksi oleh Bandai setelah selesai gua ulas. Pihak Dragon Momoko berhasil merepresentasikan Metal Build Destiny Gundam dalam wujud model kit dengan baik tanpa problem yang dirasa serius dari kit ini. Kit ini adalah subtitusi yang sempurna untuk kalian yang tidak mau merogoh uang jutaan rupiah (atau lebih spesifiknya kurang lebih 4 juta rupiah maksimal) untuk sebuah figur. Kit ini menawarkan dengan harga kurang lebih 10% dari harga pasaran Metal Build Destiny dan kualitas yang diberikan juga terbilang baik. Penggemar seri Gundam SEED Destiny sangat direkomendasikan untuk memiliki ini, khususnya jika kalian menyukai karakter Destiny Gundam.
Sidenote, I'm blaming this kit for allowing myself purchased NXEdge Style Destiny Gundam. They both have similiar detail :')

1 comment:

agung492 said...

gan, kit ini beratnya berapa kilo ya? ada keterangannya ngga di box?

berhubung sekarang ini barang uda jadi barang langka, jadi harganya naik parah. cuman yang bikin heran juga beberapa toko online di T******ia nyantumin klo berat kit ini sampe 4 kilo. klo emang realitynya ngga demikian mungkin bisa ane laporin ke pihak toko klo beratnya salah. di FBnya dramok sebenernya masi ada, cuman mau tau dari orang yang uda beli aja, biar tambah kuat argumentasinya nanti. thank you