Saturday, February 25, 2017

Side G Review : Universal Unit, RX-105 Xi Gundam

BASA-BASI
Di review sebelumnya tentang Universal Unit, gua pernah bilang kalau pada dasarnya figur Universal Unit < Assault Kingdom dikarenakan artikulasinya yang tidak se fleksibel Assault Kingdom, dan tidak se-fun Assault Kingdom. Kali ini gua akan coba ulik lini khusus Universal Unit, dengan harapan lini ini mungkiiin memperbaiki kekurangan-kekurangan dari lini standar Universal Unit. Dan memang kebetulan gua dapat figur ini dengan harga miring saat lelang jadi yaudalahya, nothing to lose jugak ;').

UNBOXING
Kemasan dari line figur khusus Universal Unit ini mengingatkan gua pada kemasan Assault Kingdom EX pada umumnya yang ukurannya cenderung panjang dan tebal, namun kecil. Pada bagian depan (Cover Art) kemasan kita bisa melihat Figur Xi Gundam yang terpampang dalam 2 foto, dengan figur Xi Gundam dalam pose tegap sebagai bagian dari backgroundnya yang berwarna dominan putih, dengan title nama lini dan figur tertera pada bagian kiri bawah kemasan, dilanjutkan dengan logo bandai pada bagian kanan bawan kemasan. Pada sisi belakang kemasan kita bisa melihat fitur yang ditawarkan pada figur ini dalam kumpulan foto-foto tanpa teks yang memberikan penjelasan. Pada sisi kanan kemasan kita bisa melihat sedikit penjelasan lini figur ini dengan foto Xi Gundam didalamnya dalam format warna black & white. Pada sisi atas kemasan kita bisa melihat wujud figur Xi Gundam close up dengan saturasi warna yang gelap sebagai background dengan teks RX-105 Xi Gundam, dilanjutkan dengan logo lini figur pada bagian kiri atas kemasan. Kemudian yang terakhir pada sisi bawah kemasan kita bisa melihat kumpulan teks dilanjutkan dengan barcode dari figur ini.
Ketika kemasan dibuka kita akan mendapat tumpukan plastik yang berisi komponen-komponen figur, dan stiker untuk merakit figur ini hingga menjadi utuh. Terdapat toal 6 runner untuk merakit figur ini yang sudah full color, dilanjutkan dengan komponen figur yang terpisah tanpa runner, mulai dari bagian dada figur hingga display stand. Kemudian tentu seperti lini candy toys pada umumnya, manual untuk merakit dan melihat fitur-fitur dari figur ini ada dibalik kemasan figur ini jika kemasan dibuka hingga menjadi wujud rangkanya.

REVIEW
Ketika sudah selesai dipasang, kita akan mendapat 1 figur utuh xi gundam, 1 shield, 1 beam riffle, sepasang tangan dalam pose tangan terbuka, dan sebuah display stand. Xi Gundam ini memiliki ukuran yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan figur Universal unit standar pada umumnya,  namun lebih kecil dibandingkan dengan HG ukuran standar. Ini dikarenakan ukuran xi gundam pada profil mekaniknya memang lebih besar dibandingkan dengan gundam lainnya. Xi Gundam memiliki skema warna gundam pada umumnya, yaitu warna putih yang mendominan, dilanjutkan dengan warna biru, kuning, merah, dan abu-abu tua sebagai warna frame dan persenjataannya. Sama seperti lini universal unit standar. figur ini juga perlu dirakit dahulu untuk dapat dipajang, disamping itu yang gua suka dari lini figur ini adalah kita tidak perlu mengecatnya lagi karena runner pada figur ini sudah lengkap diberi warna, dan kita hanya cukup merakit saja sampai menjadi figur utuh, disamping itu untuk detil-detil kecil yang tidak terjangkau untuk cat, figur ini dilengkapi dengan stiker untuk memberikan detil tambahan pada beberapa bagian di figur ini.
Dari segi artikulasi figur ini sangat kaku dan nyaris tidak memiliki artikulasi, jadi jangan harap kalian bisa menciptakan pose dinamis dan keren pada figur ini. Yang membuat figur ini tidak luwes adalah desainnya sendiri yang begitu banyak pernak-perniknya dengan ukuran yang besar sehingga menutupi poin-poin artikulasi yang penting dan membuat artikulasinya sangat terbatas. Figur ini bahkan tidak memiliki artikulasi kepala, kepala hanya bisa diputar setidak 30 derajat kesamping, ini disebabkan karena desain armor disekitar tubuhnya yang menutup artikulasi kepalanya. 

Dari segi detil dan warna, untuk sebuah candy toys tentu figur ini cukup detil, seluruh warna pada Xi Gundam teraplikasikan dengan baik pada figur ini dan nyaris tidak ada missing color. Pihak Bandai juga memberikan warna yang akurat pada figur ini.

Dari segi aksesoris, figur ini memberikan seluruh aksesoris Xi Gundam dengan lengkap dan akurat. Figur ini dilengkapi dengan display stand untuk mendukung figur ini agar dapat berpose pada menjadi Flight Mode
Fitur utama dan satu-satunya fitur dari figur ini adalah Flight Mode-nya yang pada dasarnya hanya menaikkan beberapa part dari figur ini naik keatas seperti bagian armor depan dan armor ekornya hingga menjadi flight mode-nya. Disamping itu tidak ada fitur lagi selain menjadi flight mode.

CONCLUSION
Sama seperti lini figur universal unit standar. Figur ini menurut gua kurang memuaskan dari segi artikulasi, padahal gua sempat berharap figur ini akan memperbaiki kekurangan lini standar dari universal unit dan bisa menyetarakan kualitasnya dengan assault kingdom. Namun rupanya tidak ada perubahan yang membuat figur ini lebih outstanding. Namun jika kalian penggemar Xi Gundam dan ingin memiliki wujud figurnya yang authentic namun tidak mau mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk figur Robot Damashii-nya, mungkin ini pilihan yang tepat untuk kalian dengan resiko artikulasi yang tidak luwes.

No comments: