Friday, March 3, 2017

Side G Review : Hobby Star, 1:144 Harute Final Battle Ver.

BASA-BASI
Harute Gundam Final Battle Version adalah salah satu wishlist gua kepada pihak Bandai untuk dibuat HG-nya. Harute Gundam Final Battle Version adalah salah satu MS favorit gua di movie-nya setelah Raphael Gundam. Dulu bahkan gua sempet rela beli resinnya karena Bandai tidak memberikan kabar sedikit pun soal kapan dia akan rilis hingga gua menulis review ini pun mereka belum memberi kabar pun, padahal tahun ini adalah tahun perayaan 10 tahun Gundam OO...

10 tahun...


10 TAHUN...


10 TAHUN yang lalu gua masih SMA kelas 2, gembrot dan bloon. OMG ! Time flies so fast !!

Anyway, saat kit ini masih dalam tahap announcement gua pun sempet kaget begitu ada company dari Cina yang memberikan informasi kalau mereka akan merilis Harute dengan GN Boosternya lengkap dengan fitur-fiturnya, gua pun rada heran mengingat Harute Gundam bukan Gundam yang terbilang populer juga. Company yang memproduksi kit ini adalah Hobby Star, company ini sebelumnya yang membuat Try Burning Gundam (Gangdum kalo versi mereka) yang dilengkapi dengan effect part dengan wujud burung, dan pedang api. Karena gua sudah cukup kebal dengan model kit buatan Cina, dan juga harganya yang terhitung terjangkau untuk sebuah model kit cetakan semi-original dan hingga sekarang Bandai juga belum memberi kabar sedikit pun soal HG Harute Final Battle version,  akhirnya gua memutuskan untuk beli kit ini.

UNBOXING
Begitu gua melihat kemasannya didepan mata gua, kemasannya rupanya sangat besar ! Kemasan dari kit ini terbilang besar dan tebal untuk sebuah HG standar, ukuran kemasannya mungkin bisa disamakan dengan ukuran MG Ver.Ka (Nu, Hi Nu, Sinanju Stein, etc). Pada sisi depan kemasan (Cover Art) Kita bisa melihat Ilustrasi dari Harute Gundam menggunakan GN Booster berpose menembak dikelilingi GN Scissor Bitsnya dengan background luar angkasa dan Harute dalam MA mode-nya, dibagian kiri kemasan kita bisa melihat teks dengan tulisan Harute Final Battle Ver. Celestial Being Mobile Suit GN-011, dilanjutkan dengan logo dari Hobby Star di bagian bawah kanan kemasan. Pada sisi atas dan bawah kemasan kita bisa melihat potongan ilustrasi yang sama dengan cover art dilanjutkan dengan teks nama produk dan deskripsi mekanik dari Harute Gundam. Pada sisi kanan dan kiri kemasan kita dapat melihat kit yang sudah jadi, dilengkapi dengan fitur-fitur yang ditawarkan pada kit ini yang menurut gua cukup mengejutkan karena mereka nampaknya berhasil mengcover seluruh fitur yang ada pada Harute dengan akurat.
Ketika kemasan dibuka, feelnya berasa premium banget karena kemasan masih dilindungi lagi dengan karton yang bisa dibuka tutup (seperti kotak sepatu). Kita akan mendapat total 20+ runner, 10 clear soft plastic beams, selembar decal, dan satu manual untuk merakit kit ini.

BUILDING PROCESS
Selama merakit kit ini, jujur gua impressed dengan kualitasnya, proses snapfit berjalan lancar dan berasa seperti merakit kit Gundam buatan Bandai pada umumnya, sebagian parts terpasang dengan baik, solid, dan sejauh ini kualitasnya sama dengan HG Harute buatan Bandai. Namun tentu saja proses perakitan tidak semulus dan lancar seperti merakit HG Gundam buatan Bandai, pada saat merakit ini ada baiknya kalian memberikan perhatian extra pada saat merakit part lower waist penghubung selangkangan dan paha kit ini. Pada bagian ini gua mengalami kesulitan memasangnya dengan lancar sehingga gua "merapikan" sebagian partnya hingga bisa terpasang dengan baik. Kemudian kalian akan menemukan beberapa bagian yang dirasa snapfitnya cukup keras namun masih bisa terpasang dengan baik tanpa bantuan modifikasi, hanya sedikit tenaga. Disamping itu proses snapfit berjalan lancar.

REVIEW
Ketika proses merakit selesai kita akan mendapat 1 kit utuh Harute Gundam dengan GN Boosternya, yang disertai dengan :
1. 2 pasang manipulator (tangan mengepal, tangan membuka)
2. Part muka alternatif Harute Gundam dengan Visor berwarna ungu transparan
3. GN Scissor Bits (x10)
4. Part penghubung GN Scissor Bits ke clear stand (x10)
5. Clear Stand untuk GN Scissor Bits (x10)
6. Parts Transparan penyangga kaki Harute Gundam (x2)
7. Parts untuk front skirt Harute Gundam (x2)
8. Display Stand Transparan
Harute Gundam (Final Battle Ver.) tampil dengan warna dominan orange, putih, hitam, dilanjutkan dengan warna kuning merah dan biru sebagai warna untuk mengisi detail dari Harute Gundam. Proporsi Harute Gundam sendiri tentu menggunakan proporsi Harute dari HG 1:144 buatan Bandai dengan beberapa modifikasi yang dilakukan oleh Hobby Star, untuk parts GN Booster beserta perintilan lainnya sepertinya mereka menggunakan basis Resin Conversion Kit Harute Gundam Final Battle yang sebelumnya pernah diproduksi oleh MR.Model Beberapa tahun yang lalu. Tekstur keseluruhan dari kit ini sedikit glossy, namun berbalik dengan tekstur clear part dari kit ini yang cenderung memiliki tekstur yang dull/flat. Kit ini memiliki tinggi yang cukup tidak wajar untuk sebuah kit dengan skala  1:144 karena ukuran Booster kakinya yang begitu panjang, bahkan MG standar pun lebih pendek dibandingkan dengan tinggi keseluruhan kit ini. Keluhan gua untuk presentasi kit ini terdapat pada sebagian part yang tidak tertempel dengan erat setelah selesai merakitnya, namun gua hanya menemukannya di bagian kepala dan senjata saja, selain itu semuanya ok. Dan sebelum kalian baca lebih lanjut mohon diperhatikan juga kalau kit ini tidak disertai dengan part kaki normal Harute Gundam, jadi kalian tidak bisa mengubahnya ke mode Harute Gundam awal.
Mengingat basis kit ini adalah HG Harute, rupanya Hobby Star memberikan perubahan detil yang membuat kit ini lebih baik dari versi Bandai-nya, perubahan itu terdapat pada:

1. Senjata Harute, pada bagian detil bawah senjata Harute, Bandai hanya menggunakan foil stiker untuk menutupi salah satu missing color pada senjatanya, pada versi buatan Hobby Star, bagian ini dibuat menjadi parts terpisah, sehingga kita tidak perlu repot mewarnainya untuk terlihat akurat dengan versi movienya.

2. Canopy pada backpack Harute, pada versi Bandai, parts canopy yang berwarna merah hanya part hitam yang dilapis stiker merah sebagai detail, dan ditutup dengan clear part. Pada versi Hobby Star, parts canopy terdiri dari 3 part yang berbeda, parts berwarna hitam, merah, dan clear. Sama seperti sebelumnya disini sepertinya Hobby Star membuat sedemikian rupa agar kita tidak perlu repot mewarnainya untuk terlihat akurat dengan versi movienya.

3. seluruh Clear Part pada Harute Gundam buatan Bandai berwarna bening transparan, pada versi Hobby Star seluruh clear part memiliki warna masing-masing sesuai dengan warna sesungguhnya.

4. Detail-detail kecil yang hanya bisa dijangkau dengan kuas pada kit Harute kini diberi foil stiker oleh Hobby Star.

5. Part tangan dan senjata kini diberi female/male part agar pada saat menggenggam senjata, kit ini menjadi lebih kokoh.

Dari segi artikulasi, tidak banyak yang bisa digerakkan kit ini selain bagian badan atasnya, tangan dan kepala memiliki artikulasi standar HG OO pada umumnya yang menurut gua cukup poseable, artikulasi dari kaki ini terbatas karena terhalang oleh boosternya yang menghalangi pergerakan kakinya sehingga sulit untuk memposekan kit ini jika ingin terlihat dinamis. Selama gua mencoba untuk memposekan kit ini, gua memiliki masalah dengan part kakinya yang dimana part penghubung paha ke booster mudah lepas dikarenakan beratnya booster kaki kit ini, kemudian part tanduk yang ada di kepala dari kit ini mudah lepas ketika sedang menggerakan kepala kit ini, dan yang terakhir adalah bagian canon pada backpack kit ini mudah lepas karena part male yang cenderung pendek dan tipis. Namun masalah-masalah tadi nampaknya dapat diatasi dengan menguatkan joint dari kit ini dengan berbagai macam metode.
Dari segi fitur, terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari kit ini jika dibandingkan dengan versi Bandai-nya tentunya selain Booster kaki dan wajahnya. Perbedaan itu terdapat pada backpack dari kit ini yang nampaknya pihak Hobby Star memberikan sedikit modifikasi pada part ini dengan memberikan ruang untuk menampung 3 buah GN-Scissor Bits di setiap sisinya. Disamping itu fitur-fitur yang ditawarkan dari kit ini adalah :

1. Wajah Harute Gundam yang bisa diganti menjadi versi normal (menggunakan visor)

2. Bagian paling bawah Booster yang mirip GN-Drive dapat menyala apabila menggunakan LED set yang dijual oleh Bandai

3. GN Scissor Bits yang dapat ditampung ke bagian lutut booster (sepasang GN Scissor Bits di masing-masing sisi)

4. Sistem Transformasi menjadi mode pesawat yang disempurnakan kekokohannya dengan menggunakan beberapa part

5. GN Scissor Bits yang dapat disimpan ke dalam armor Harute ataupun di display menggunakan bantuan clear stand.

REVIEW (MA Mode)
Sistem transformasi dari kit Harute Gundam pada dasarnya sangat sederhana, namun karena kit ini menggunakan booster, maka ada kemungkinan besar pada saat kit ini di rubah bentuk dan ditengkurapkan, part kaki justru menjadi turun karena berat dari boosternya. Disinilah pihak Hobby Star memberikan solusi dengan memberikan part transparan yang dipasang pada bagian paha Harute Gundam untuk menopang berat dari part kaki kit ini ketika diubah bentuk menjadi MA mode-nya, sehingga membuat kaki dari kit ini menjadi loyo turun kebawah ketika menjadi mode MA-nya.

CONCLUSION
Walau kualitas masih tetap Bandai yang terbaik, kit ini justru membuka mata gua kalau kualitas kit buatan Cina semakin berkembang menjadi lebih baik dari tahun ke tahun, MC Model yang dulu adalah kit buatan cina dengan kualitas terbaik pada masanya sekarang jika dibandingkan dengan kit ini menurut gua kualitas kit ini masi lebih unggul ketimbang kit buatan MC Model. Disamping itu mereka tidak hanya sekedar mengimitasi semata saja sekarang, namun justru membuatnya menjadi lebih baik dengan memberikan beberapa detail dan tambahan aksesoris. Jika kalian pecinta Gundam dari seri OO namun loyal dengan Bandai dan belum berani untuk mengambil resiko merakit kit seperti ini, mungkin kalian bisa menggunakan part dari buatan Bandai-nya karena kit ini masih compatible dengan versi Bandainya mengingat basisnya adalah HG Harute Gundam. Dengan harga kisaran 200 ribu untuk 1 kit ini, dan kalian suka dengan kit dari seri OO khususnya Harute Gundam, kit ini sangat worth to try.

No comments: