Tuesday, November 7, 2017

Let's Show ! HGUC 1:144 AN-505 Tristan Re-Fit

BASA-BASI
Kerjaan ini sebenarnya adalah challenge untuk diri gua sendiri yang berawal dari awareness gua terhadap keseringan gua ngeluh di media sosial pengen ngerakit kit-kit gede / custom gundam tapi ga punya waktu karena sampe rumah selalu larut malem, weekendnya selalu gak dirumah. Disamping itu gua juga ingin coba membuat keseimbangan antara kerja, jaga kesehatan, dan hobi. God knows I'm terrible at time management. Goal gua adalah untuk membuat custom kit dan selesai tepat pada saat GBWC 2017 dimulai, jadi minimal kerjaan gua uda selesai sesuai yang gua visualisasikan di kepala gua. Urusan menang enggaknya mah belakangaaan ~

AN-505 TRISTAN RE-Fit
September lalu, gua memulai kerjaan ini karena saat itu awalnya gua sangat inget gua beli Gundam ini hanya sebatas impulsif dan saat itu memang cukup jenuh pikiran gua. Akhirnya gua beli ini dan setelah gua liat proporsinya, memang gak main-main ini Bandai, dia bener-bener daur ulang HGUC Alex yang lama terus diubah-ubah dikit hingga akhirnya menjadi Gundam Tristan. Menurut gua pribadi desainnya ok banget, vibe simple dan modernnya dapet. Hati pun tersentil untuk ingin mencoba membuat kit ini menjadi setara dengan HG modern sekarang, mulai dari proporsi hingga artikulasi. Akhirnya beberapa hari setelah gua beli ini, gua pun mulai merakit dan memodif proporsi dan artikulasi gundam ini.
Gua memulainya dengan memodif part pinggangnya dengan membuatnya lebih tinggi menggunakan epoxy putty dan menanamkan part balljoint female yang gua dapat dari HGBC Ballden Arms, Epoxy Putty bisa kalian dapatkan di toko-toko buku bagian perekat atau alat kerajinan tangan. gua meninggikan part pinggangnya kurang lebih 10 mm dari basis part pinggang bawaan pabriknya. seperti biasa, setelah proses sculpting dirasa selesai dan putty sudah kering, gua mengamplasnya menggunakan amplas grid 400, dilanjutkan dengan amplas grid 600, dan yang terakhir amplas grid 1000 untuk menghaluskannya.
Setelah pinggang menjadi lebih panjang, otomatis part bagian penutup pintu cockpit juga harus dipanjangkan. Disini gua memulainya dengan menghilangkan detail panel line dari penutup cockpit Tristan, kemudian gua tanamkan pla plate 0,5mm berlapis-lapis mengikuti ketebalan dari part penutup cockpit dengan panjang mengikuti batas akhir posisi part pinggang yang sudah dipanjangi. Setelah dirasa panjang sudah sesuai dengan tinggi pinggang, part ini gua amplas sampai seamline tidak terlihat.
untuk part tangan, pada bagian bahu sampai engsel, gua mengganti part itu dengan part bahu dan engsel dari HG Lightning Zeta Gundam. seinget gua, disini gua tidak mengalami kendala pada saat proses fittingnya, tidak membutuhkan modifikasi berat, hanya menempelkan pla-plate 0.5mm untuk menutup lobang yang terlalu memperlihatkan joint dan part pc yang tersambung. Setelah itu untuk bagian manipulator/telapak tangannya gua ganti menggunakan telapak tangan dari HG 1:144 Jigen Knuckles
untuk bagian kaki, gua sedikit mengalami kesulitan karena part kaki yang gua gunakan adalah part kaki dari HG Lightning Zeta Gundam (bagian paha dan engsel lututnya), disini gua memodifikasi bagian selangkangan dari Tristan agar part kaki Lightning Zeta dapat terpasang dengan baik. Yang gua lakukan disini adalah memotong habis balljoint dari selangkangan HG Tristan, membuat lubang 3mm tepat di posisi balljoint selangkangan Tristan yang sebelumnya gua potong habis. Kemudian gua tanam part penyambung yang gua ambil dari runner HG Tristan yang paling solid/keras dan memiliki ketebalan yang sama (3mm), setelah itu gua amplas part penyambung yang dibuat tadi agar pada saat fitting lebih lancar.
untuk bagian kaki bawah gua juga sedikit mengalami sedikit tantangan, karena engsel lutut yang gua gunakan menggunakan engsel lutut HG Lightning Zeta maka gua membuat sedikit modifikasi agar dapat terpasang dengan baik ke part kaki bawah dari HG Tristan. disini gua menanamkan part penyambung di engsel lightning zeta menggunakan sisa runner dengan kualitas plastik yang paling solid. setelah itu gua amplas rapi agar proses fitting berjalan lancar.
Untuk bagian pinggang bawah juga gua lakukan sedikit modifikasi, yaitu dengan memotong habis part penghubung ke part pinggang atas dan menggantinya dengan part balljoint agar dapat terhubung dengan pinggang atas yang sebelumnya sudah dimodifikasi. untuk bagian side skirt, gua menggantikannya dengan side skirt dari HG Lightning Zeta, hanya sebatas preferensi saja.

Untuk bagian backpack, tidak ada yang gua modifikasi selain menambahkan effect part pada saat finishingnya.
Untuk senjata utamanya gua menggunakan beam javelin dari Gundam Ace (harusnya buat RX 78) yang sedikit gua modifikasi dan menggunakan beam effect part dari HGBF Ninpulse Beam Effect Part, dan 2 Fin Funnel dari HGUC Hi-Nu Gundam.
Setelah semua selesai gua modifikasi, sekarang memasuki bagian yang paling menyebalkan. merapikannya, mulai dari menghilangkan seamline, sampai filling. Sama seperti pada umumnya gua menghilangkan seamline menggunakan tamiya cement (tutup putih) setelah kering gua mengamplasnya menggunakan amplas grid 400, dilanjutkan dengan amplas grid 600, kemudian amplas grid 1000. Part-part yang berlubang kecil gua tutup dengan tamiya basic putty (yang bentuk kemasannya kayak odol). Part yang berlubang besar gua tutup dengan epoxy putty. Setelah semua dirasa sudah rapi, gua menyemprot seluruh kit gua dengan Tamiya surfacer primer. Jika setelah di primer masih nampak ada beberapa bagian yang harus dirapikan lagi, amplas/dempul lagi sampai rapi. selama pengerjaan tahap ini adalah tahap yang paling lama mengerjakannya.

PAINTING
Teknik cat yang gua gunakan tentu menggunakan airbrush. semua cat yang gua gunakan menggunakan produk Mr.Color yang memang sudah terkenal hasilnya yang solid. Beberapa detail yang gua warnai, gua menggunakan cat enamel tamiya.

FINISHING
Beberapa finishing yang gua lakukan pada projek ini adalah
Frame Cover : Terinspirasi dari MS seri Thunderbolt yang dimana frame MS-nya dilapisi semacam bahan fleksibel mirip kain, gua melakukan hal yang sama ke HG Tristan RE-Fit gua, gua menutup frame-nya menggunakan kantong plastik berwarna hitam yang gua potong mengikuti ukuran engsel Tristan Re-Fit.
Fin Funnel Effect : Agar funnel tersebut terlihat sedang bersiap-siap menembak, gua menggunakan selembar pvc dengan efek air (bisa kalian dapatkan ditoko arsitek) dan mewarnainya dengan warna beam pada umumnya. Penyangga funnel menggunakan Tamiya Clear Soft Plastic Beams dan menekuknya sesuai yang gua visualisasikan.

Untuk cara membuat effect part, kalian bisa ke link ini
http://ludov06.blogspot.co.id/2015/05/side-g-custom-create-your-own-energized.html

Custom Display Base : Untuk memperbagus dari segi presentasi, gua mendesain custom display base yang grafiknya juga gua desain sendiri, untuk grafiknya sendiri, desain gua terinspirasi dari display base Metal Build Destiny yg menyerupai catapult launcher


SUBMITTING & EVALUATION
Karena waktunya berdekatan dengan GBWC 2017, jadi ga ada salahnya gua submit kit ini sebagai entry gua di GBWC taun ini, toh juga gua ga ngarep menang. I mean, I even listed as New Challenger dikarenakan gua sebelum-sebelumnya ga pernah ikut GBWC. Namun setelah dijejerkan dengan entry-entry lain, entah itu yg open normal atau open new challenger, ngerti sih gua knapa mereka kayaknya EXTRA banget kerjaannya. Semuanya kalo gua perhatiin FULL DIORAMA & not gonna lie they all look really good, even yg punya junior. Skill kids jaman now emang beda yah :')

Next Year kalo gua ada kesempatan ikut berarti minimal gua mesti bikin diorama yah ini ~

MAGER BETA BIKIN DIORAMA YALOOOOORD

No comments: