Friday, February 15, 2013

RG Zeta Complains (?)


RG Zeta Announcement
Saat pertama kali RG ini di announce, semua penggemar Gundam langsung heboh dengan berita ini dikarenakan RG Zeta ini menjadi RG ke 10 dan RG yang pertama yang bisa berubah bentuk. Saat itu orang-orang pun mulai meragukan RG ini yang dimana RG itu "terkenal" dengan keletoyan-nya disamping proporsinya dan detailnya yang amazing untuk skala kecil seperti itu, gua pun juga tadinya meragukan RG Zeta ini dikarenakan gua pernah trauma dengan MG-nya yang versi 2 itu ditambah lagi laporan dari temen gua yang pernah megang RG Zeta saat sebelum dirilis dan saat itu cuma di display di GBWC 2012 yang lalu katanya ringkih banget untuk sebuah RG. Saat itu gua pun mengurungkan diri untuk beli RG ini, mengingat MG-nya aja uda serumit itu, gimana kabarnya yang versi lebih kecilnya ? Namun setelah gua pikir-pikir sejauh ini selama gua merakit RG gak pernah ada keluhan yang sampai seenggaknya gak berani beli lagi jadi gua pun coba RG yang satu ini


Building experience & Point of View
Selama gua merakit ini pun dari awal sampai akir gua gak mengalami keluhan dari beberapa orang yang sampai membuat kesan kalo RG ini itu horor, malah gua menemukan kalau selama gua merakit ini justru enjoy banget, bahkan gua yang biasanya eneg banget kalo uda rakit bagian kaki, saat gua ngerakit ini gua nikmati banget, beberapa komentar yang seringkali gua denger mengenai RG ini adalah :

. Letoy banget
setelah gua punya jadi, ga ada bagian tubuh dari RG Zeta ini yang memberi sinyal letoy, beda kalo sering digerak-gerakin, semua mokit juga gua rasa kalau sering digeraki ya pasti letoy.

. Sistem transformasi yang terlalu kompleks
Percaya ama gua, sistem transformasi RG Zeta dibanding MG 2.0-nya lebi mending RG-nya kemana-mana. lumayan ribet memang, tapi ya ga segitu susahnya juga. Selama baca instruction manualnya bener sih ya mestinya jadi-jadi aja :D

. Saat melakukan transformasi akan ada banyak parts yang copot
Gak ada yang parts yang copot-copot selama gua transformasikan ini ke mode Waverider-nya, dan itu pertama kalinya gua transform yang dimana justru rawan copot fiesta parts-partsnya. Kalaupun iya itu karena gua sengaja, contoh : ada satu parts yang gua copot dengan sengaja karena memang penempatannya salah di saat gua ngerakitnya yaitu dibagian kursi cockpitnya disamping itu bagian skirt yang menampung beam sabernya itu gua sengaja copot bentar, udah itu aja.

. Akan ada parts yang putus
Gak ada parts yang putus selama gua rakit dan transform ini jadi Wave Rider-nya.

Dan kalau lu berfikir untuk lebih baik beli HG-nya aja, coba tengok gambar ini dulu

 

Yang kiri jelas RG Zeta dan sebelah kanan adalah HG-nya yang dimana dari segi proporsi jauh lebi menang RG Zeta dan sistem transformasi dari HG-nya pun masih menggunakan parts bantuan.



Saat transformasi menjadi Waveridernya pun semua parts yg tersambung kuat banget dan uda dijamin banget ga bakal kemana-mana partsnya, kecuali kalo ga sengaja jatoh ya laen ceritaaa. Dari sudut pandang gua mengenai RG Zeta ini adalah amazing ! Pihak Bandai sukses bikin model kit ini dari segi proporsi dan transformasinya menjadi jauh lebih baik dibanding yang sebelumnya mereka rilis. Dan untuk komplain-komplain mengenai RG ini, sebisa mungkin jangan ikut terpengaruh karna pada dasanya yang mereka alami dengan yang kita alami itu beda, kualitas finishing product yang mereka miliki juga jelas beda dari yang kita punya. Intinya adalah selama lu ikuti instruction manualnya dengan baik, you'll be alright :)

FYI, gua bukan modeller. RG ini gua bikin tanpa pakai jurus-jurus cantik yang biasa modeller gunakan supaya lebih bagus dari segala aspek. Cuma rakit rapi aja :)


2 comments:

Unknown said...

katanya movement kakinya terbatas yah?
kalo bisa kasih review tentang movementnya dong.. :D

Ludov06 said...

engga begitu terbatas sih bro, coba kesini aja bro untuk liat2x artikulasinya :D http://www.dalong.net/review/hg/rg10/rg10_p.htm