Friday, August 23, 2013

Side G/R Custom : Learning Metallic !

Baru-baru ini gua baru belajar caranya bikin warna metalik dari cat-cat acrylic yang biasa gua pakai. Sudah lama banget rasanya gua pengen nyobain ini dan akhirnya kesampaian juga :). Dengan berbekal nonton video tutorial di youtube akhirnya gua pun mencoba untuk memberanikan diri gua untuk mencoba sendiri. Mangsa pertama yang gua pakai untuk percobaan ini adalah Head Base untuk Scale Model dari Unicorn Gundam yang dimana bentuknya menyerupai kepala Unicorn Gundam itu sendiri. Daaaan selama seharian ngerjain akhirnya jadi juga dan hasilnya seperti ini



Walau percobaan pertama menurut gua sedikit kurang memuaskan, akhirnya gua mulai nekat nyari mangsa berikutnya dan setelah percobaan berikutnya akhirnya gua berani membagikan caranya untuk mendapatkan warna metalik. Kali ini gua akan ambil sample RMC Luna Trigger dari Volume 9 untuk diubah menjadi RMC Novel Exclusive Kamen Rider Cyclone. Dan berikut ini cara-cara yang gua gunakan untuk meraih warna metalik


Dimulai dari masking matanya dengan glue tac supaya nanti pas proses pengecatannya dia gak ikut kena cat :)



 Gua memberu lapisan pertama RMC ini dengan warna hitam supaya nanti ketika ditiban dengan warna silver, warnanya akan lebih keluar



Setelah ditiban dengan warna hitam dan ditunggu kering, gua meniban warnanya dengan warna silver yang gua pilih



Dan yang trakir setelah menunggu kering warna silver tadi, saatnya ditiban dengan warna clear green supaya kesan metalik hijaunya terlihat



Setelah semuanya kering, memang terlihat sudah jadi. tapi untuk melindungi catnya dan membuat kilatannya lebih keluar RMC ini harus disemprot dengan finishing spray, rekomendasi terbaik gua untuk metalik adalah menggunakan finishing spray tipe gloss supaya efek kilatan metaliknya lebih kuat keluar, karena kebetulan yang gua punya sekarang adalah semi-gloss maka kilatannya tidak sebaik yang finishing gloss. Setelah sekiranya sudah kering, glue tac yang tertempel di matanya bisa dilepas :)


Perlu diperhatikan kalau ngecat haru BENER-BENER ditunggu sampai kering, jangan kayak gua yg sotoy uda yakin kering, rupanya belum dan malah meninggalkan bekas sidik jari sehingga kalo diliat jadi ga enak dipandang (yang dilingkari merah)


--------------------- FINISHED WORK PREVIEW ---------------------




Kalau lu sudah terbiasa dengan menggunakan tehnik, mungkin bisa "hack" warna RMC faiz blaster dari seri bs movie menjadi warna secret originalnya :), selamat mencoba


No comments: