Saturday, August 31, 2013

Side R Review : SIC Kiwami Tamashii Rising Ultimate Kuuga


BASA-BASI
Ini adalah figur SIC pertama yang gua miliki, alasan gua beli ini karena gua sangat suka sekali dengan design dari Rising Ultimate Kuuga yang gagah dan kinclong, ditambah tanduknya yang besar menyerupai Hyper Gattack yang juga merupakan salah satu ultimate form rider favorit gua, ditambah lagi dia hanya muncul di serial Decade yang dimana juga salah satu seri favorit gua karena mendatangkan rider-rider dari masa sebelum Decade walau pemerannya bukan pemeran asli. Disamping itu gua juga sangat excited disaat dia pertama kali di announce dalam format SIC karena line figur ini terkenal dengan proporsi "monster"nya dan sculptingnya yang super sehingga kadang tidak terlihat seperti kamen rider malah melainkan musuh-musuhnya :).







UNBOXING
Figur ini diproduksi tahun 2012, produksi Bandai dan merupakan salah satu bagian dari Tamashii Nation ini dibandrol dengan harga 1500 Yen. Packaging dari SIC ini menggunakan jenis packaging blister model baru jika dibandingkan dengan packaging SIC Kiwami Tamashii sebelumnya seperti SIC KT Kamen Rider Faiz, Ryuki, Hibiki, Den-O. Warna dominan dari packaging figur ini dominan hitam mengikuti warna tubuh dari figur ini. Pada bagian atas packaging tertera nama dari karakter figur ini dalam teks alphabet yang ukurannya lebih besar dari teks kanji-nya, disebelah kanannya tertera gambar figurnya dan sedikit terlihat di posterized. Title utama pada packaging ini diberi finishing deboss dan foil stamping dengan tujuan untuk mengikuti salah satu elemen yang dominan dari figur ini yang dimana warnanya adalah emas. saat dibuka, sama seperti figur lainnya, figur ini dilapisi dengan bahan plastik berbentuk persegi panjang yang terdapat lapisan yang bentuknya mengikuti bentuk figurnya agar terlindung dari hal yang tidak diinginkan. Dibagian dalam packaging terdapat simbol kuuga ukuran besar dengan motif retak untuk mengidentitaskan figur ini berasal dari seri Kuuga. Pada bagian belakang packagingnya diperlihatkan fitur-fitur dari figur ini seperti part tangan yang bisa diganti-ganti, pose yang ditawarkan dari figur ini, hingga kepala yang bisa diganti menjadi Black Eye Version, semua fitur tersebut diperlihatkan diatas background figur yang sama namun terlihat seperti di posterized. Pada bagian bawah packagingnya terdapat informasi kontak dari produsen figur ini, namun ditulis dalam bahasa Jepang.






SCULPT & PAINT
Figur ini memiliki warna dominan emas dan hitam, warna hitam sebagai warna tubuh dasar, panel line dari armor emas dan sebagai warna mata alternatifnya. Kemudian warna dominan lain yang ada pada figur ini adalah warna emas sebagai warna armornya, sedikit warna silver yang ada pada panel line bagian abdomen, panel line pahanya, bagian mulut dan beltnya. Kemudian warna merah yang ada pada matanya. Tinggi figur ini relatif terbilang kecil karena tingginya kira-kira hanya 12 cm. Sculpting dari figur ini diselesaikan dengan hasil yang fantastis, mulai dari bagian kepala hingga kaki. begitu juga dengan paintjob dan panel line dari figur ini yang begitu detail untuk sebuah figur setinggi 12 cm ini. Untuk asesoris yang tersedia dalam figur ini adalah optional part sepasang telapak tangan terbuka, dan satu telapak tangan untuk pose berubahnya, dan satu telapak tangan mengacungkan jempol. Disamping itu asesoris lainnya adalah penutup lubang yang ada pada belt yang berguna sebagai penyambung pada stand dan yang terakhir adalah satu kepala alternatif dari figur ini dengan mata warna hitam. Yang sedikit gua kurang suka dengan proporsinya adalah posisi armor bahunya dan bahunya sendiri yang terlihat aneh, sehingga membuat artikulasi bagian bahu juga terbatas akibat armor bahunya. Yang terakhir adalah bentuk dari beltnya yang menurut gua terkesan gepeng.







ARTICULATION
Karena ini adalah figur SIC KT pertama gua, gua cukup kaget saat gua keluarkan dari packagingnya, dan menekuk bagian-bagian yang berartikulasi untuk pertama kalinya kemudian setelah dikembalikan lagi jointnya ke pose awal justru menjadi loose, seperti terkesan saat sebelum dikemas ke packagingnya figur ini seperti dilem mati sementara, namun setelah "dibuka" artikulasinya, joint yang ada pada figurenya langsung loose sekejap walau tidak terlalu parah.Entah yang gua dapat ini adalah salah satu factory defect, atau memang ini merupakan sesuatu yang perlu di "aware" dari figur SIC KT. Disamping itu figur ini memiliki artikulasi yang cukup poseable, hanya saja armor bagian bahunya cukup mengganggu artikulasi bahunya sehingga artikulasi dari figur ini menjadi kurang maksimal.


SIZE COMPARISON
Jika dibandingkan dengan trading figure HDM Kuuga Rising Ultimate, tinggi SIC KT Rising Ultimate cenderung lebih kecil beberapa centimeter.


OVERALL
Secara keseluruhan menurut gua figur ini cukup baik dan pihak Bandai sendiri cukup maksimal dalam pembuatannya khususnya pada sculptingnya yang menurut gua sangat amazing untuk sebuah figur berukuran 12 cm, namun artikulasinya memang tidak sebaik dengan figur yang biasa gua miliki seperti Robot Damashii atau SH Figuarts. Namun walau begitu figur ini masih patut untuk dikoleksi khususnya bagi kalian yang menyukai form ini atau serial Decade.

No comments: