Monday, April 7, 2014

Side G Custom : Create your Own Custom Display Base !



BASA-BASI
Setiap orang yang hobi merakit/mengoleksi Gundam pasti akan ada momen/titik dimana saat dia bikin model kitnya yang menurut dia paling rapi dan paling ok selama dia bikin rasanya gak lengkap kalo gak dikasih display base khusus untuk si Gundam itu, entah itu berupa Action Base yang di buat menjadi diorama ataupun berupa hangar yang kini sering banget dijumpai di pasaran yang menurut gua itu sesuatu yang keren banget karena jaman gua dulu pas SMP-SMA pengen banget punya "markas"nya Gundam tapi saat itu produk macam gtu belum banyak di pasaran dan rata-rata orang bikin sendiri dari 0.


CUSTOM IDEA
Gua jujur terinspirasi banget sama display base dari Metal Build Freedom dan Destiny Gundam yang bentuk dasarnya sebenernya simpel banget tapi grafik yang ditempel diatas stand base itulah yang membuat itu menjadi sebuah display base yang unik dan sangat menarik. Gua pun mulai mencoba-coba cari bahan dengan bentuk yang mirip atau at least cocok dengan yang mereka gunakan untuk bikin display base, dan setelah menemukannya gua pun memulai percobaannya :)


STEP 1
Yang akan dibutuhkan pertama kali untuk membuat display base ini adalah papan kayu yang sudah dialasi triplek putih, ukurannya tergantung Gunpla yang ingin dipakai/dipajang menggunakan display base itu, untuk yang gua bikin ini ukurannya adalah 20x20, ukuran ini paling cocok untuk model kit MG atau NG 1:100. Lu bisa menemukan ini di toko-toko perlengkapan yang menyediakan kebutuhan yang berhubungan dengan art & design.


STEP 2
Pastikan gambar yang nantinya akan ditempel di display base tersebut ukurannya sudah cocok dengan papan yang nantinya akan ditempel, gambar bisa berupa gambar2 lineart gundam, scan majalah, screenshot, tipografi, you name it pokoknya sesuai yang lu pengen selama ukurannya sama dengan papan kayu yang dimiliki :) Untuk gambar yang gua pakai kebetulan gua membuat sendiri yang dimana gambarnya mengikuti model gambar display base Metal Build itu sendiri. Setelah itu print gambar yang nantinya akan ditempelkan ke board itu, saran lebih baik pada tahap ini printingnya sederharna saja, print di atas kertas HVS karena ini masih "prototyping"-nya



STEP 3
Setelah selesai mencetak dan ukurannya sudah sesuai dengan papan kayunya, tempel hasil print-an tadi ke papannya dengan perekat yang kerekatannya gak terlalu kuat supaya nanti begitu dilepas tidak meninggalkan bekas, jika sudah cocok dan sesuai selera, masuk ke tahap selanjutnya.



STEP 4
Sebenarnya ini optional, kalau memang di tahap 3 sudah memuaskan buat kalian, mungkin di tahap 4 ini kalian bisa mencetak ulang hasil print-an tadi dengan menggunakan kertas art paper yg kemudian di laminating doff atau gloss, setelah itu ditempel menggunakan perekat yg cukup kuat sehingga tidak timbul "gelombang" dipermukaan kertas setelah termakan waktu. Alternatif lain supaya hal "kertas bergelombang" itu tidak terjadi untuk bbrapa waktu kedepan, gambar yang sudah disiapkan bisa langsung di print diatas papan kayu itu. Memang layanan printing diatas papan kayu memang cukup sulit untuk ditemukan, tapi menurut opini pribadi ini adalah solusi yg terbaik. printing akan memakan waktu 1-2 hari di tempat printingnya, jadi baru bisa diambil lagi keesokan harinya atau 2 hari setelah mengirim file yang akan di print diatas papan kayu itu.

FINAL STEP
Setelah jadi, kalau papan kayu kalian masih terlihat serabut-serabut kayu yang mungkin kurang enak dipandang mata, bisa diamplas dulu dengan perhatian khusus bagian yg di print jangan ikut teramplas karena bisa memungkinkan melunturkan hasil printingnya. Setelah diamplas, hasil amplas tadi bisa ditutup dengan lakban hitam/putih supaya terlihat lebih rapi. Dan jadi sudah display base buatan kalian sendiri :)



2 comments:

Unusual Coins said...

wahh keren gan ide nya, masi mikirin gimana akalin printing kayu nya nih.

Thx gan, keep posting :D

Ludov06 said...

thank you bro :)