Saturday, March 29, 2014

Side G Unboxing & Review : Queen, Weapon Set for RX 78-2



BASA-BASI
Setelah kemarin cukup puas dengan Hyper Mega Launcher untuk RG Zeta buatan Metal Gear, kini gua akan me-review weapon set untuk RX 78-2 skala 1:144. Ini adalah salah satu belanjaan yang gua beli di Toyfair terakhir melihat ini kayaknya jarang sekali ada di pasaran baik online maupun offline, jadi gua coba ini untuk ngerasain option parts non bandai ini seperti apa kualitasnya :)


UNBOXING


Optional parts ini khusus untuk RX 78-2 karena ini adalah senjata-senjata yang digunakan RX 78-2 dalam serial tv-nya, mulai dari bazooka, beam javelin, hingga Gundam Hammer. Kemasannya terbilang sederharna karena bahannya hanya karton cardboard yang di print dalam satu warna, cover artnya juga cukup sederharna dimana hanya menampilkan senjata dengan informasi-informasi yang tertera dalam bahasa kanji, dan dibagian kanan bawah tertulis brand Queen sebagai produsen weapon set ini, dan dibalik kemasannya terdapat manual untuk merakit senjatanya.

UNBOXING : RUNNERS



Saat dibuka, terdapat 6 runner dan 2 rantai yang nantinya akan digunakan sebagai rantai dari gundam hammer. Dan setelah diperhatikan rupanya hyper bazookanya diambil dari hyper bazooka RG RX 78, Gundam Hammer diambil dari HG RX 78 G30th, dan mungkin yang terhitung baru "murni" buatan mereka adalah Beam Javelin-nya, karena gua gak inget Bandai pernah merilis model kit skala 1:144 yang senjatanya menggunakan Beam Javelin. Jadi bisa dibilang produk ini 80% adalah produk "kopian" dari bandai melihat hampir semua senjatanya mengambil desain dari Bandainya sendiri.

REVIEW


Saat semuanya sudah dirakit, akan ada total 6 senjata yaitu 2 Hyper Bazooka, 2 Beam Javelin, dan 2 Gundam Hammer. Proses snapfit atau perakitannya terbilang lancar, kualitas plastik sekuat Bandai hanya saja teksturnya terkesan doff/flat, gua mengalami seidikit kesulitan pada saat merakit Beam Javelin, dimana pada bagian beam-nya sulit sekali untuk tertempel dengan kuat, oleh karena itu gua atasi dengan melapisi part yang saling menyatu itu dengan tamiya cement supaya tertempel lebih kuat dan tidak mudah lepas dari part penyambungnya, disamping itu semuanya baik dan proses perakitan terbilang praktis. Dibawah adalah demonstrasi penggunaan weapon set ke RG RX 78 gua


 With Gundam Hammer

 with Beam Javelin

 With Hyper Bazooka

A Baoa Qu Heavy Armanent Ver. (?)


CONCLUSION


Ini memang terhitung bootleg karena produknya directly mengkopi semua buatan Bandai kecuali Beam Javelin, namun dengan harga yang cukup terjangkau dan terbilang salah satu solusi untuk tidak membeli extra RG atau HG RX78 untuk menambah senjata, weapon set ini cukup worth untuk dimiliki dan tidak membutuhkan effort extra untuk merakitnya karena kualitas snapfitnya pun hampir sama dengan buatan Bandai. Disamping itu pihak Bandai juga sepertinya memang belum ada rencana untuk menjual expnasion pack untuk HG/RG RX 78 yang mungkin nantinya akan berakhir sama dengan expansion pack dari MG RX 78 Ver.3.0 yang dimana dijual limited edition yang identik dengan harga mahal :).

1 comment:

Unknown said...

Meanwhile, Bandai baru ngeluarin "option part" yang serupa dengan varian yang inferior... :D