Friday, May 16, 2014

Side G Review : Mobile Suit Gundam Assault Kingdom, Volume 3


BASA-BASI
Sebelumnya sori banget kalau lama sekali gak update karena banyak dan gilanya tugas kampus gua, dan juga karena terbawa pengaruh nostalgia maen GTA Vice City di laptop sendiri hingga akhirnya jarang update, LOL.


Ok jadi kali ini gua akan me review figur gundam yang tergolong affordable dengan tingkat fun yang tinggi baik untuk dikoleksi maupun untuk dimainkan, LOL. Figur ini terhitung sebagai kategori candy toys karena ukurannya yang relatif kecil, kira-kira ukurannya kalau disamakan dengan model kit gundam yang pernah keluar ukurannya seukuran dengan model kit gundam skala 1:200, atau kira-kira hanya 8,5 cm saja tinggi rata-rata dari figur ini. Figur ini pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2013 dengan jumlah 4 karakter per volume-nya. Line figur ini cukup banyak diminati oleh penggemar Gundam, dikarenakan line figure ini memiliki beberapa keunikan, diantaranya adalah artikulasi yang cukup super dengan ukuran yang terbilang kecil, dan setiap figur memiliki display stand yang biasanya jika sudah memiliki keempat karakternya, display stand dari ke empat karakter itu bisa digabungkan menjadi 1 yang biasanya masih berhubungan dengan anime-nya, seperti contoh display stand dari keempat karakter dari Assault Kingdom volume 1  dapat digabungkan membentuk MS Cage Unicorn Gundam. Disamping itu harganya pun seperti yang gua bilang terjangkau karena satu figure ini hanya 400 yen saja atau kira-kira sekitar 50 ribuan lah yaa.

UNBOXING

Front 


Back


Left Side


Right Side


Up Side


Packaging Size Comparison

Dimulai dari packagingnya sendiri, ukuran packaging setipe dengan ukuran packaging candy toys pada umumnya yang relatif kecil, cover art dari packaging ini seragam dengan volume sebelumnya yang dimana pada cover art packagingnya diperlihatkan figur yang kita dapat kira-kira seperti apa tanpa sedikit pun manipulasi foto dari pihak Bandai-nya sendiri dengan background warna putih dan warna yang mendominasi karakter tersebut, dibelakang foto figurnya kita bisa melihat judul line product dari figur ini kemudian disebelah kiri pada cover art packaging ini terdapat sedikit ilustrasi bust karakter yang kita dapat dilanjutkan dengan nomor figur kemudian nama dari karakter tersebut. Pada sisi kanan kemasan tertulis informasi dalam bahasa jepang kemudian barcode dari produk ini, di sisi sebaliknya diperlihatkan siluet karakter yang kita dapat dengan tulisan nama karakter ditengah-tengahnya, kemudian pada bagian bawah sisi kiri kemasan terdapat logo bandai shokugan dilanjutkan dengan tulisan tinggi figur dalam milimeter kemudian dibawahnya terdapat logo dari product line ini. Di sisi atas packaging ini kita bisa melihat ada logo dari product line dilanjutkan foto dari figur yang sedang berpose dilanjutkan tulisan nama karakter dari figur ini. Dan yang terakhir adalah sisi belakang packaging dari figur ini yang dimana menampilkan fitur-fitur dari figur tersebut dan gimmicknya dengan background warna putih.



Seperti kemasan figur candy toys pada umumnya, manual dari figur ini bukan berupa selembar kertas atau bahkan dalam wujud buku melainkan didalam kemasan itu sendiri, jadi untuk melihat cara memasang figurnya, cukup merobek kemasan yang biasanya sudah diberi rangkaian potongan khusus bagian mana yang harus disobek. Setelah itu kita bisa melihat sendiri figurnya yang masih tersegel dalam plastik.

REVIEW


Volume 3 Complete Line Up


Strike Freedom Gundam


 Infinite justice Gundam


 Gundam Astray Red Frame


Gundam GP03 Stamen


 Optional Spare Parts from every characters

Karakter yang ada di volume ini adalah Strike Freedom Gundam, Infinite Justice Gundam, Astray Red Frame, dan Gundam GP03 Stamen. Masing-masing karakter memiliki optional spare parts sendiri, namun rata-rata standarnya mereka memiliki optional parts tangan yang sedang terbuka, namun setiap karakter memang memiliki optional parts khusus masing-masing, seperti Strike Freedom dan Infinite Justice memiliki optional parts tambahan berupa beam saber, Astray Red Frame memiliki optional parts berupa Gerbera Straight dalam keadaan tak terpakai, dan optional parts dari GP03 Stamen berupa bazooka. Seperti yang gua bilang sebelumnya, masing-masing karakter memang memiliki artikulasi yang mantap dan bisa diposekan se dinamis mungkin, namun kekurangannya memang tidak semua fitur dari setiap karakter ada dalam figur ini seperti contoh tangan GP03 Stamen yang tidak dapat memanjang atau bagian dari sayap Strike Freedom yang berwarna biru tidak dapat dilepas menjadi DRAGOON System. Disamping fitur yang belum semaksimal seperti di serial tv-nya, detail dan paintjob dari figur ini memang tidak sebagus HCM Pro yang sekelas ukurannya.






Salah satu fitur unik dari Assault Kingdom adalah display stand yang bisa disatukan seperti yang gua bilang sebelumnya, kalau di volume 1 ke empat display stand dari setiap karakter disatukan menjadi MS Cage Unicorn Gundam, pada volume 3 ke empat display stand dapat disatukan menjadi METEOR Unit, walaupun tidak sepenuhnya menjadi 1 unit METEOR. Disamping itu keempat stand juga masih dirubah menjadi bentuk lain jika mungkin bentuk METEOR belum memuaskan kalian, keempat stand bisa disatukan menjadi semacam display stand berbentuk tower yang bisa menampung 2 figur untuk diposekan ke display stand itu


CONCLUSION
Untuk sebuah figur kategori Candy Toys, line figur ini cukup memuaskan dan terbilang unik, kalian mendapat apa yang kalian harapkan dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari figur yang dapat berpose seluwes mungkin, display stand yang unik, hingga fitur-fitur unik yang hanya bisa kalian dapatkan di figur seri ini. Seri figur ini pun sangat fun untuk dipose-posekan atau "dimainkan" ke figure lain, seperti contoh figur-figur transformer yang berukuran hampir sama dengan seri figur ini (gak tau nama serinya apa). Walau memang kekurangannya ada pada paintjob dan detail yang kurang memuaskan, figur ini sangat layak dikoleksi.

EXTRA
(Fun Assault Kingdom Figure collaboration with Transformers Figure)




1 comment:

Edria Sandika said...

Yang seri Transformers itu lini nya Cyberverse Dov