Thursday, January 29, 2015

Side B Review : DX Bima X Changer



BASA-BASI
Sejujurnya dari semua figur yang pernah gua punya dan yang pernah gua beli, line product DX Roleplay adalah line product yang paling jarang banget gua beli, bukan karena gua gak suka. Tapi karena cenderung mahal dan gua lebih mudah di judge bocah tengik begitu bokap nyokap liat gua beli itu, LOL (ampun mak paaak ~). Namun kali ini gua bela-belain beli DX Roleplay seri ini karena ini adalah Changer dari Satria Garuda Bima X, sekuel dari Bima Satria Garuda, Superhero semi lokal yang terlahir dengan kerjasama Ishimori Production dan RCTI. DX ini pertama kali gua liat di mall deket rumah gua dan gua langsung kayak fanboy panik begitu liat ini di toko, begitu berita kalau DX Bima X Changer dan beberapa figure baru Bima X lainnya sudah tersedia di toko-toko mainan, seminggu gua kesana lagi uda abis blas aja itu DX di mall deket rumah gua. NICE. Akhirnya gua pun dapat DX ini di mall daerah Pondok Indah (taulah pasti namanyaaa ~) dan untungnya masi lumayan banyak stoknya. DX Bima X Changer dirilis pada awal tahun 2015 ini, dan DX Bima X Changer dapat dibeli seharga 600.000, harga yang standar untuk sebuah line DX Roleplay jika melihat dari harga DX Roleplay lain seperti DX Roleplay dari Kamen Rider dan Super Sentai (/Power Rangers)

UNBOXING
Click gambar untuk melihat gambar lebih besar


Kemasan dari DX Bima X Changer ini berjenis window type box jadi si customer bisa melihat langsung kualitas dari actual product-nya dengan mata sendiri, pertama yang gua sadari begitu melihat kemasan dari DX Bima X Changer ini adalah colorful banget, berbeda dengan seri sebelumnya yang lebih seragam dan lebih tertata layout kemasannya. Pada sisi depan kemasan kita bisa melihat langsung actual productnya dengan gambar Bima X dan form-form lainnya di sisi kanan kemasan, kemudian di bagian bawah kita bisa melihat title dari produk ini dengan logo Bandai di sisi kanan bawah dan logo DX di sisi kiri bawah, kemudian di sisi kanan atas kita bisa melihat logo dari Bima X. Untuk sisi belakang dari kemasan kita bisa melihat langsung fitur utama dari DX Bima X Changer ini dengan foto anak kecil yang mendemonstrasikannya dengan menggunakan DX Bima X Changer di pergelangan tangannya dan dibawahnya terdapat penjelasan warna dari batu-batu yang digunakan mewakili form apa saja.

Saat membuka kemasan kita akan mendapat 1 buah DX Bima X Changer, 4 Power Stone, dan 1 lembar manual untuk menggunakan DX Bima Changer

REVIEW
Click gambar untuk melihat gambar lebih besar



Begitu gua pegang DX ini untuk pertama kalinya, gua bisa bilang ini ukurannya sama dengan ukuran yang dipakai sama aktornya saat memakai props Changer-nya. DX ini memiliki warna mayoritas merah, hitam, emas, dan hitam dengan bentuk yang mengikuti bentuk kepala dari burung garuda. Pada bagian mata dari DX Bima X Changer ini berwarna hijau transparan agar pada saat dimasukkan power stone, lampu yang tertanam didalamnya akan aktif dan menyala. Tombol switch on/off terletak dibawah changer ini, kemudian untuk tombol berubah ada pada bagian untuk dipasangkan ke pergelangan tangan dari Changer ini (yang berbentuk seperti persegi dan segitiga). DX ini juga disertai dengan 2 pengikat/strap untuk diikatkan ke tangan pengguna yang mirip dengan pengikat dari jam tangan. Disamping itu DX Bima X Changer membutuhkan 3 buah baterai AAA untuk dapat dimainkan, tempat untuk meletakkan baterai ada di bagian bawah dari DX Bima X Changer ini.

Power Stone yang didapatkan dari DX ini berjumlah 4 keping, dan power stone itu adalah power stone merah, biru, hijau, dan ungu. Masing-masing power stone memiliki ukiran yang berbeda di setiap pinggiran power stone-nya dan biasanya mewakili elemen yang merepresentasikan mode dari Bima X. warna merah mewakili form Bima X flame mode, biru mewakili form Bima X storm mode, hijau mewakili form Bima X earth mode, ungu mewakili form Bima X magnet mode. Bagian tengah (kristalnya) dari power stone memiliki warna transparan agar saat dimasukkan kedalam DX Bima X Changer, cahaya yang dipancarkan dari Bima X Changer ini akan terpancar ke power stone yang dimasukkan kedalamnya.

DEMONSTRATION
klik logo youtube untuk ke link youtubenya dan melihat video dalam resolusi lebih besar



FLAME MODE - Red Power Stone


STORM MODE - Blue Power Stone

EARTH MODE - Green Power Stone

MAGNET MODE - Purple Power Stone

Sebelumnya perlu gua informasikan kalau tatakan yang berwarna hitamnya tidak termasuk dalam DX Bima X Changer ini. Dalam pendemonstrasiannya, setiap power stone yang dimasukkan kedalam DX Bima Changer memiliki efek suara yang berbeda, dan efek suaranya sangat akurat dengan yang di serial TV-nya. Langkah pertama adalah dengan memasukkan power stone yang dipilih kedalam DX Bima X Changer, setelah itu DX Bima X Changer akan mengeluarkan suara dengan menyebutkan elemen apa yang mewakili power stone yang dimasukkan, seperti contoh saat memasukkan power stone warna merah, DX Bima X Changer akan mengeluarkan efek suara dilanjuti dengan suara orang menyebutkan kata "Flame" yang sama persis dengan yang di serial tv-nya. Setelah itu dengan menekan tombol yang berwarna emas, maka DX Bima X Changer akan mengeluarkan efek suara yang sama persis dengan yang ada di serial tv-nya. 

EXTRA : SYNTHETIC POWER STONE - From Bima Power Stone Collection

DX Bima X Changer compatible dengan Bima Power Stone Collection, masing-masing power stone dapat dimasukkan kedalam DX Bima X Changer, namun tidak dapat mengeluarkan efek suara. Jadi kita harus beli versi DX-nya jika ingin mendengar efek suara yang lainnya yang dapat dikeluarkan oleh DX Bima X Changer ini

SECRET SOUND
Telah beredar beberapa video dari orang-orang yang berhasil meng"hack" DX Bima X Changer dan rupanya DX Bima X Changer memiliki 4 suara tambahan lagi, yaitu efek suara dari memasukan power stone hitam, putih, orange, dan sintetis. Jadi DX Bima X Changer ini memiliki total 8 macam efek suara. Sejauh ini belum ada kabar kapan Bandai Indonesia akan merilis power stone putih, orange, dan sintetis, namun untuk power stone hitam sudah bisa didapatkan dengan membeli DX Helios Flame. Untuk power stone putih dan orange feeling gua dia akan dijual bundling bersamaan dengan DX Changer dari Satria ketiga, Torga. Untuk Sintetis gua masih menebak-nebak apa mungkin nanti ada DX Roleplay milik musuhnya ?


CONCLUSION
Menurut gua DX ini merupakan sebuah improvement yang besar dari DX yang sebelumnya, DX ini memiliki fun factor yang jauh lebih tinggi dibanding yang sebelumnya. Dengan harga berbeda 50.000 lebih tinggi dibanding yang sebelumnya, DX ini jauh lebih worth dibanding yang sebelumnya. Gua sangat merekomendasikan DX ini untuk kalian fans Bima Satria Series, khususnya Bima X. Dan sekarang gua gak heran DX ini lebih laku dibanding yang sebelumnya mengingat waktu mau beli ini di mall deket rumah udah amblas bablas semua ~

3 comments:

Ron said...

14 tahun lalu aku sempat berpikir kapan Indonesia punya rider sendiri. (Zaman Agito)

Namun ternyata impian itu walau lama akhirnya ada. Bahkan prop yang dijual ga kalah keren ama yang di jepang. Semoga kedepannya toku indonesia makin maju deh :)

Ludov06 said...

semoga aja bro :D

Riyadi Wibowo said...

ya tapi tetap saja gak sebanding sama harganya. terlalu mahal.