Saturday, January 17, 2015

Side G Custom : Maximize your SD Neo Zeong ! (Part : Mega Beam Cannon Effect Part)



BASA-BASI
Gua adalah salah satu penggemar effect parts, mungkin klo ada fan club-nya gua akan masuk kedalemnya, LOL. Effect parts membuat figure atau model kit yang kita punya jadi lebih ok, dan lebih berkesan show accurate, walau sebagian memang effect part itu suka ada yang makan tempat karena bentuknya yang terlalu bombastis besar sehingga kita yang punya space terbatas untuk koleksi figure atau model kit cenderung enggak mengikutsertakan effect part itu saat mendisplay. Sama dengan optional parts, effect parts terkadang dijual terpisah dengan figure/model kit yang akan dipasangkan nantinya karena hal-hal tertentu yang mungkin cuma bisa si produsen mainan tersebut yang jawab (ga mau sotoy juga guweeeh, LOL) dan banyak dari mereka yang dijual dengan label limited/onlineshop exclusive/dll sehingga membuat kita berfikir lagi untuk beli effect parts tersebut. Oleh karena itu dalam postingan gua kali ini gua akan mencoba untuk membuat effect parts berupa tembakan cannon dengan SD Neo Zeong korbannya ~


CUSTOM IDEA
Sebelum memasuki tahapan-tahapan pembuatannya, gua harus berterima kasih kepada salah satu user di komunitas online Gundam di Facebook yang sayangnya gua lupa namanya yang membuat effect part dengan bahan yang serupa beberapa bulan yang lalu, hanya saja teknik yang dibuat sedikit berbeda dengan yang gua buat sekarang. Namun ide awalnya bermula dari situ. So thanks once again :)

Disini bahan yang akan digunakan untuk menciptakan effect parts adalah :
. Lem Tembak/Lem Panas (sebutannya yang bener apa sik -_-)
. Peluru Lem-nya (ya iyalah sisss), tapi kalau bisa yang warnanya putih, supaya nanti kalau diwarnai akan lebih mudah :)
. Tamiya Plastic Beam 3mm / sedotan mungkin bisa sebagai subtitusinya
. Semacam wadah / tempat makan bekas yang nantinya akan diisi air
. Cat Clear/Transparan warna

Optional
. Bola Pingpong putih (tergantung mau bikin effect part seperti apa)
. Display Stand, kalau effect partnya besar


Lem Tembak yang sudah diisi dengan "peluru"-nya

Tamiya Plastic Beam

Wadah yang berisi air

Setelah semuanya dipersiapkan, nyalakan lem tembaknya hingga panas, dan selanjutnya saatnya kita bikin effect parts untuk SD Neo Zeong !

Pertama-tama potong plastic beam tamiya secukupnya, setelah itu lapis dengan lem panas, jangan sampai kena jari, karena panasnya keterlaluan kalau sampai kena lem-nya :')

setelah selesai dilapisi, batang yang sudah dilapisi lem panas tadi bisa dimasukan kedalam wadah yang berisi air, diusahakan batang tadi tidak menyentuh permukaan wadah yang berisi air tadi supaya nanti tidak mengalami kesulitan saat mengambil effect part mentah yang sudah mengeras, hal ini dilakukan supaya proses pendinginan dan pengerasan lebih cepat


Setelah kering, apabila effect part yang tadi sudah kering belum terlihat besar dan ingin mempertebal effect part, silahkan mengulang step sebelumnya yaitu dengan melapisinya lagi dengan lem panas ;)

setelah merasa effect part sudah cocok ukurannya, sekarang siapkan satu bola pingpong yang nantinya akan disatukan dengan effect part


Lubangi bola pingpong dengan bor kecil atau gunting mungkin masih bisa :)

Setelah dilubangi, masukkan effect part tadi kedalam lubang di bola pingpong tadi

Bagian ini agak tricky tapi disini adalah bagian menariknya, untuk membuat effect part yg dibuat terlihat ada effect listriknya, cukup tembakan lem tepat ke arah wadah berisi air. Tunggu hingga kering, setelah itu keluarkan dari wadah air

Setelah kering, effect part dengan bola pingpong tadi bisa dilapisi lagi dengan lem panas lapisi hingga akhirnya bola pingpong tadi seutuhnya terlapisi dengan lem panas. Setelah itu seperti biasa rendam lagi ke dalam wadah berisi air.

Setelah kering, effect part yang tidak menggunakan plastic beam bisa ditempelkan ke effect part utama menggunakan lem panas lagi untuk merekatkannya :)

Setelah itu jika effect part terasa besar dan berat, effect part tadi bisa diberi lubang menggunakan ujung lem tembak yang masih panas, kemudian setelah berlubang, pasangkan ke display stand yang sudah disediakan

tunggu hingga kering, setelah itu effect part bisa diwarnai menggunakan cat transparan/clear

Effect part yang sudah diwarnai

Test Fitting ke SD Neo Zeong

PREVIEW








Alternative Route
Gua juga terinspirasi dari user youtube ini, metode yang dia gunakan nyaris sama dengan yang gua post di blog ini, hanya saja dia menyampaikan tutorialnya lewat video youtube ;)


LET'S TRY TO APPLY TO ANOTHER MODEL KITS/FIGURES WITH DIFFERENT VARIATION !
Setelah kalian sudah mengerti cara pembuatannya, gua sangat yakin dalam bbrapa hari kemudian kalian akan "gatel" untuk nyoba variasi2 lain untuk dicoba ke model kit lain, karena gua mengalami hal yang sama ;'), jadi ini bbrapa variasi effect part tembakan yang pernah gua bikin menggunakan lem panas :)



No comments: