Thursday, April 9, 2015

Side G Review : NXEdge Style Strike Freedom Gundam

BASA-BASI
NXEdge Style adalah line figur buatan Bandai yang dirilis akhir tahun 2014, produk pertama yang diproduksi adalah Strike Freedom Gundam yang menjadi salah satu karakter yang populer di kalangan penggemar Gundam. Pertama kali gua liat figur ini di event AFA taun 2014 kalau gak salah, karena gua inget saat itu figur ini lagi gencar-gencarnya dipromosikan oleh pihak Tamashii Nation. Hal pertama yang ada di benak gua begitu gua liat figur ini adalah figur ini kayak Metal Build yang dibikin versi SD-nya dengan panel line yang banyak mengikuti RG dan "Edgy"...mungkin ini salah satu alasan kenapa figur ini dinamai NXEdge Style. Salah satu alasan utama gua beli figur ini adalah karena 1st Edition dari figur ini disertakan dengan special parts untuk Strike Freedom sendiri berupa Beam Wing-nya, dan gua paling gak bisa nolak Beam Wing Strike Freedom :'')

Click gambar untuk melihat lebih jelas :)

UNBOXING
Main Figure Packaging
Jenis kemasan figur ini berjenis window type box yang dimana kita bisa melihat langsung bentuk dan rupa figur yang kita dapatkan dibalik plastik kemasan ini. Warna kemasan dari figur ini dominan putih dengan finishing doff sehingga terasa halus ditangan. Pada bagian depan kemasan kita bisa melihat sebagian dari figur ini dibalik lapisan kemasan figur ini, kemudian disebelah kanan kita bisa melihat preview dari figur ini yang sudah dipose kan menggunakan beam saber, kemudian dibawahnya kita bisa melihat logo dari line figur ini berikut dengan nama dari figur ini. Disisi paling bawah kemasan kita bisa melihat logo Bandai dan Tamashii Nation begitu juga dengan keterangan sederharna dari figur ini seperti Bandai 2014, Made in China. Pada bagian belakang kemasan kita bisa melihat beberapa fitur yang ditawarkan dari figur ini dalam frame hexagonal dan deskripsi produk dalam bahasa jepang tentunya.

Saat kemasan dibuka kita akan mendapatkan satu buah figure lengkap, sepasang beam saber, beam cannon, sepasang sayap, 1 manipulator telapak tangan kanan dalam keadaan terbuka, sebuah display stand, dan selembar manual untuk mengoperasikan figur ini

Click gambar untuk melihat lebih jelas :)
UNBOXING
1st Edition Packaging
Sama seperti kemasan 1st Edition Campaign pada umumnya, kemasan cenderung memiliki warna yang monoton dan tipis, warna kemasan 1st Edition special parts dari NXEdge Strike Freedom ini berwarna biru dominan. Bagian depan kemasan ini lansung memperlihatkan figur ini menggunakan special parts dilanjutkan gambar preview parts di sebelah kiri kemasan. Pada bagian belakang kemasan ini langsung diberi petunjuk bagaimana cara menggunakan parts ini pada figur Strike Freedom dilanjutkan dengan 3 figur yang akan dirilis selanjutnya yang dimana salah satunya adalah Destiny Gundam. Begitu kemasan dibuka kita akan mendapat 2 lembar runner yang dimana harus kita potong dan rakit dahulu sebelum akhirnya di aplikasikan ke figur yang dituju.


Click gambar untuk melihat lebih jelas :)
REVIEW
Figur ini menurut gua unik, karena walaupun ukurannya kecil dan proposinya terbilang deformed, namun masih terlihat proporsional sekali, tidak seperti SD-SD pada dasarnya yang biasa kita jumpai dengan ukuran kepala yang gede banget namun tangan dan kakinya sangat kecil. Figur ini menurut gua memberi definisi SD ke level baru. Figur ini mempunyai warna dominan Strike Freedom pada umumnya... warna putih, hitam, biru, merah, dan kuning, tentunya juga warna emasnya yang menjadi trademark dari Strike Freedom sendiri. Artikulasi dari figur ini sangat amazing untuk sebuah figur dengan proporsi deformed. Jangan berasumsi kalau artikulasi figur ini terbatas karena proporsinya yang menyerupai SD, pernyataan ini rupanya tidak bisa diimplementasikan kedalam figur ini karena artikulasi dari figur ini pun sudah seluwes Robot Damashii pada umumnya. Dia bisa melakukan beragam pose dinamis dengan bebas ! Untuk segi paintjob dari figur ini, menurut gua belum maksimal karena ada beberapa bagian yang missing color sehingga nampak tidak akurat dengan di serial TV-nya seperti contoh warna ujung railgun dari Strike Freedom yang masih berwarna abu-abu polos. Disamping warna, figur ini memiliki gimmick yang minim sekali, bahkan nyaris tidak ada. Strike Freedom Gundam yang memiliki beberapa fitur yang unik di serial tv-nya nyaris tidak ada didalam figur ini. Sangat disayangkan sekali memang, mungkin dari pihak Bandai sendiri mereka lebih ingin memfokuskan proporsi dan artikulasi yang mantap dari figur ini yang kelihatannya lebih ditonjolkan di line figure ini.

Disamping itu aksesoris yang diberikan dari figur ini adalah telapak tangan kanan dalam pose terbuka, sepasang beam saber, dan sebuah beam cannon. Beam Saber dari figur ini tidak berwarna pink transparan seperti biasanya, namun berwarna pink solid dan sudah menyatu dengan ganggangnya. untuk beam cannon-nya sendiri, beam cannon ini sangat minim dengan detail warna, disamping itu beam cannon ini tidak bisa dilepas menjadi sepasang beam riffle seperti di serial tv-nya. Dan yang terakhir adalah sebuah display stand berbentuk hexagonal dengan beberapa lubang dipermukaan dasarnya yang bisa dipasangkan ke batang display stand-nya. Figur ini dapat dipasangkan ke display stand dengan 2 cara, cara pertama dengan dipasangkan di lubang bagian selangkangan, dan cara kedua adalah dengan memasangkan ke lubang bagian pinggang dari figur ini

Click gambar untuk melihat lebih jelas :)
SPECIAL EDITION PARTS REVIEW
Seperti yang gua bilang sebelumnya, special 1st edition parts yang diberikan adalah beam wing untuk Strike Freedom. Parts ini disajikan dalam bentuk runner dahulu yang dimana harus dirakit dulu untuk dapat dipasangkan ke figur ini. Warna dari parts ini pun dominan biru transparan, mungkin supaya lebih terkesan eksklusif. Setelah dipasangkan ke figur, sayap ini tidak memiliki artikulasi. Bentuknya statik dan tidak bisa digerakkan sedikit pun.

CONCLUSION
Figur ini memang minim sekali dengan gimmick dan paintjob, namun dibalik itu figur ini memiliki proporsi dan artikulasi yang ajaib, dengan harga sekitar 300 ribu maksimal untuk 1st edition NXEdge ini, menurut gua figur ini sudah cukup memuaskan. Namun jika kalian adalah jenis orang yang menyukai banyak gimmick dan warna menyerupai di serial TV-nya mungkin kalian perlu mencoba SDGO Strike Freedom yang mungkin lebih cocok dengan selera kalian. Jika kalian lebih mementingkan estetika, proporsi, dan pose dinamis. gua sangat menyarankan untuk memiliki figur ini khususnya kalian yang menyukai desain dari Strike Freedom Gundam :)

LET'S MAXIMIZE IT !
Karena menurut gua figur ini berpotensi banget untuk jadi super keren saat diberi detail tambahan, akhirnya gua memutuskan untuk mempermak figur ini. Postingan selanjutnya akan gua tunjukkan cara gua memaksimalkan figur ini menjadi lebih baik dari segi detail :)

No comments: