Saturday, September 29, 2012

Side G Review : SDGO Figure Strike Freedom Gundam


BASA-BASI
Strike Freedom Gundam, siapa sih yang gak kenal dengan Gundam yang super kuat yang dipiloti oleh Kira Yamato ini ? Strike Freedom Gundam adalah Gundam ketiga yang dipiloti oleh Kira Yamato setelah Freedom Gundamnya hancur oleh Impulse Gundam. Strike Freedom Gundam pada dasarnya adalah MS buatan ZAFT yang masih dalam proyek perencanaan, namun karena adanya suatu alasan tertentu seperti Junius Treaty dan keterbatasan teknologi saat itu, akhirnya MS ini tidak masuk dalam tahap prototyping, kemudian pihak Clyne Faction mencuri data dari MS ini dan kemudian diciptakanlah Strike Freedom Gundam. Strike Freedom Gundam sekilas mata memang tidak jauh berbeda dengan Freedom Gundam, namun jika dilihat dengan seksama jelas terlihat berbeda. Strike Freedom Gundam memiliki persenjataan hampir mirip dengan Freedom Gundam seperti Railgun dibagian pinggang, dan beam riffle. Namun yang membedakannya adalah Strike Freedom dilengkapi dengan DRAGOON System yaitu persenjataan remote yang dapat dikendalikan dari jarak manapun, lebih mirip dengan funnel dari era Universal Century, selain itu Strike Freedom memiliki cannon dibagian perutnya dan Strike Freedom memiliki 2 beam riffle yang dapat disatukan menjadi beam cannon. Strike Freedom mampu bergabung dengan support unit METEOR yang membuat Gundam ini menjadi semakin tidak terkalahkan.


REVIEW & BOX OVERVIEW
Figur ini pada dasarnya memiliki konsep yang sama dengan figur SD Archive yang pernah dirilis beberapa tahun yang lalu, hanya saja figur SDGO ini kasarnya bisa dibilang rilisan ulang dengan packaging dan fitur yang berbeda dari yang sebelumnya, namun bukan hanya sembarang rilis ulang saja tapi pihak Bandai Asia pun meneruskan line produk ini dengan nama yang berbeda dengan tujuan mempromosikan Game Online SDGO yang kini sedang gencarnya dimainkan oleh beberapa penggemar Gundam dan game online. Box dari figur ini berjenis windows type box dengan warna dasar dominan hitam dan dibelakang boxnya terdapat fitur-fitur dari figur ini sendiri, saat dibuka kita akan melihat banyak sekali parts-parts dari figur ini, namun tidak ada manualnya mungkin dikarenakan figur ini tidak terlalu rumit untuk dimainkan. Figur ini bisa didapatkan di toko-toko mainan besar seperti Kidz Station, Toys City, dan toko mainan yang berbasis di Department Store




Packaging/Box Figure

MAIN FIGURE
Untuk figurenya sendiri, pada dasarnya berbahan karet seperti figur-figur pada umumnya, figur ini juga memiliki tinggi yang sama dengan figur lainnya yang satu seri dan sedikit lebih besar ukurannya dibanding model kitnya, figur ini memiliki proporsi yang bagus. Figur ini memiliki detail yang cukup baik, optical eye-nya yang menjadi sorotan utama dari figur ini juga bagus sekali dan terlihat detail, panel line dari figur ini pun nyaris mengikuti model kit Master Gradenya, terlihat sekali panel line dari DRAGOON ini terlihat sangat mantap. Artikulasi figur ini mungkin tidak sehebat artikulasi figur buatan Bandai masa kini seperti Robot Damashii, atau SH.Figuarts namun keterbatasannya masih bisa ditoleransikan. Warna dari figur ini cukup akurat dengan MS di serial tv-nya walau ada beberapa bagian yang "miss" seperti bagian atas dari beam shield generatornya yang seharusnya berwarna hitam, namun figur ini memberi warnanya warna putih dan warna di sekitar area railgun yang menurut gua banyak yang kurang beres namun masih bisa ditoleransikan :), fitur-fitur dari figur ini terbilang banyak seperti sayapnya yang dapat dinaikan menjadi Hi-Mat mode-nya, DRAGOON unitnya yang dapat dilepas satu persatu dari sayapnya yang bahkan model kit SD-nya tidak dapat dilepas satu persatu, dan beam riffle yang dapat disatukan menjadi sebuah beam cannon.

 Front Side

 Other Side

 Back Side

 Optical Eye Close Up

 Arm articulation

 Hi-MAT Mode

 Hi-MAT without DRAGOON Unit


ACCESSORIES
Banyak sekali asesoris-asesoris dari Gundam ini, seperti sepasang beam riffle, sepasang beam saber, sepasang beam shield, 2 pasang effect part untuk DRAGOON System-nya, dan sebuah display stand. Effect arts dan display stand terbilang baru dalam line figur SDGO ini karena figur-figur sebelumnya yang sudah dirilis tidak pernah memberikan semacam effect parts dan display stand pada figurnya. Gua sedikit kurang puas dengan warna beam shield dan effect partsnya dikarenakan tidak akurat seperti di serial TV-nya yang seharusnya untuk beam shield berwarna putih clear atau biru muda clear dan pada effect parts yang seharusnya berwarna biru muda atau biru keunguan. Disamping itu gua juga cukup kurang puas pada asesoris beam riffle yang dapat digabung itu karena kurang akurat dengan yang diserial tv-nya yang dimana pada bagian depannya menjadi lebih panjang dan muncul lensa dan untuk beam riffle satunya seharusnya bagian belakangnya menjadi lebih panjang. Untuk fitting antar figur ke asesoris tidak masalah, effect parts dan display stand mengunci erat dengan figur dengan stabil sehingga tidak perlu takut untuk mendisplay dalam keadaan effect parts dan display stand terpasang dengan figur-nya

Accessories

 Beam Saber

 Beam Shield

 Beam Riffle

 Display Stand attached

 Display Stand & Effect parts attached


OVERALL
Untuk figur seharga IDR 300.000 dengan beragam fitur-fitur unik yang dimilikinya, gua cukup puas dengan figur ini baik untuk sebatas display saja atau sebuah mainan yang mungkin setiap hari diganti-ganti posenya untuk difoto-foto atau meman untuk dimainin, namun bagi kalian yang mengutamakan artikulasi untuk sebuah figur, ini bukan pilihan yang cocok karena artikulasinya memang sungguh terbatas dikarenakan proporsinya juga yang kurang mendukung untuk artikulasi yang dinamis seperti figur-figur masa kini. Tapi untuk kalian yang suka dengan MS Strike Freedom atau Gundam-gundam yang dipiloti Kira Yamato, ini wajib dibeli ! Gua pun sangat terkejut saat "berexperimen" dengan figur ini bisa telak banget ngalahin model kit-nya karena gua pun sebenernya lebih ngoleksi model kit ketimbang figur gundam. 

RATE (3.5 out of 5)

 EXTRA TIP
Walau bahan figur ini dominan terbuat dari karet, figur ini bisa dilining dengan snowman 0.05, figur ini akan menjadi sangat menarik apabila seluruh tubuh beserta senjatanya dilining supaya terlihat lebih detail dan enak dipandang mata, Good Luck !




4 comments:

andy said...

keren... tapi sayang saya nggak suka yang cebol cebol :D

Maseko Sakazawa said...

idem :) tp nice review as usual :)

Anonymous said...

Dapat SDGO Strike Freedom dimana gan? lagi pengen kumpulin yg cebol2 nih. Infonya ada yang 00 seven sword, Nu gundam dan Unicorn

Ludov06 said...

Sori baru bales, di semua toko mainan ada kok. kalo SDGO figur Unicorn kayaknya belum rilis. Nu Gundam dan OO7 Sword memang akan dirilis nanti bro :)