Sunday, May 17, 2015

Side G Custom : Create your Own ! Energized Beam Effect

BASA-BASI
Semua ide untuk bikin effect parts sendiri ini berawal dari kekaguman gua pada figur Robot Damashii Nu Gundam yg dapat effect part untuk fin funnel-nya, ditambah MG Fin Funnel untuk Nu Gundam Ver.Ka yang menyediakan beam effect untuk fin funnel-nya (yang sayangnya P-Bandai...dan mahal). Sejak 2 taun yang lalu gua nyoba2 gimana caranya supaya bisa bikin beam effect kayak yang dipakai Gundam macam Banshee dan Nu Gundam, namun selalu pakai bahan yang itu-itu aja dan menurut gua masih belum maksimal hasilnya. Jadi kira-kira ini adalah beberapa percobaan yang gua pernah lakukan untuk bikin energized beam effect sejak 2 tahun yang lalu



CUSTOM IDEA
Akhirnya gua pun menemukan bahan yang menurut gua sangat cocok untuk menciptakan effect part ini, bahan itu tak lain adalah lembaran bermotif arus air yang bisa kalian dapatkan di toko-toko arsitektur seperti Artland atau Staples.

Foto diatas adalah contoh bahan yang gua beli untuk menciptakan effect part ini. Bahan ini 2x lebih keras dibandingkan dengan kertas mika biasa, jadi jangan ragu untuk mempertanyakan apakah bahan ini lenje atau engga. Bahan ini cukup tebal !

Dalam kasus ini, gua akan mencoba menciptakan Energized Beam Effect untuk diaplikasikan ke MG Banshee OVA gua pada bagian cannon di tangan kanannya

Kalian akan membutuhkan penggaris, drawing pen, gunting, dan cat jenis clear untuk menciptakan ini. Setelah itu, tahap pertama yang dilakukan adalah dengan mengukur panjang dan lebar effect parts yang nantinya akan diaplikasikan ke senjata yang kalian inginkan.

Setelah mendapat ukurannya, buat garis menggunakan drawing pen dengan diameter kecil seperti 0.05. Buat 2 bentuk yang masih saling berhubungan seperti gambar diatas

Setelah itu kalian potong, dan sebaiknya potong menggunakan gunting karena saat percobaanya, gua mengalami kesulitan apabila memotong menggunakan cutter. Setelah itu, potongan tadi dilipat menjadi 2 bagian membentuk segitiga

Setelah itu, kalian bisa melakukan Test Fitting ke parts yang nantinya akan diaplikasikan. Disini menurut gua adalah yg paling menyebalkan karena hasil yang kita potong belum tentu dapat menyatu dengan sempurna, kadang bisa kekecilan atau sebaliknya.

Karena pengaruh jenis senjatanya, disini gua tidak melakukan metode khusus untuk merekatkannya, Namun diisini ukuran beam effect sengaja gua perbesar sekian milimeter agar pada saat disatukan dengan part senjata-nya dia tidak terlalu "ngondoi", hal ini dilakukan untuk menghindari effect part yang diciptakan tidak mudah terlepas dari part senjata utama-nya.

Setelah dirasa sudah cocok ukurannya, sekarang kalian cukup mewarnainya dengan warna yang kalian inginkan, dan tentunya sebaiknya menggunakan jenis warna transparan/clear

Disini gua menggunakan cat kuas, namun sebaiknya memang lebih cocok jika diwarnai dengan menggunakan airbrush atau spray can agar warnanya bisa merata dan lebih rapi hasilnya tentunya :)

Selesai :)

YOU CAN MAKE IT A LOT BETTER !
Menurut gua bahan utama ini memiliki banyak potensi untuk di variasikan, seperti contoh kalian bisa membuat slot khusus (part male) agar effect part buatan kalian dapat terpapang dengan baik dan lebih stabil. Atau jika kalian adalah modeller yg ahli dalam airbrush, kalian bisa memainkan pattern dari bahan itu dengan memainkan warnanya, atau effect parts yang kalian ciptakan bisa juga diwarnai menggunakan UV paint agar terlihat seperti beam beneran, dan masih banyak lagi.

2 comments:

Unknown said...

keren gan informasinya (y)

Betelgeuse said...

Keren bro! Inspirasi banget