Wednesday, June 3, 2015

Let's Try ! G-Falcon HG 1:100 + MG Gundam Double X !


BASA-BASI
G-Falcon Unit + DX Gundam adalah salah satu Gundam yang membuat gua terjerumus dalam dunia Gundam waktu masih kecil, inget banget dulu pas jaman kelas 2 SD saat bokap mulai ngenalin Gundam ke gua, ini adalah salah satu Gundam yang membuat gua "WOW", gua pertama kali liat Gundam ini dalam wujud model kit HG 1:100 dalam keadaan MIB terpapang dibelakang kasir toko hobi Cybernaut yang dulu lokasinya ada di pojokan Blok M Plaza lantai 2. Background kemasan yang berwarna merah dengan Ilustrasi Gundam DX yg bersatu dengan G-Falcon dari angle atas sangat menarik perhatian gua yang masih berumur 7 taun saat itu. 


Taun ini, MG DX Gundam dirilis dan sedikit evaluasi pribadi dari gua jujur setelah gua rakit ini memang keren banget dan jauh sekali dibandingkan dengan HG 1:100-nya (Ya eyalah bencoooong), kemudian sempet dengar kabar kalau akan dirilis HG G-Falcon dengan molding sama yang dibuat belasan tahun yang lalu dengan beberapa perbedaan seperti warna dan decal, kemudian mekanisme penggabungannya disesuaikan dengan MG DX yang di awal tahun ini dirilis agar dapat disatukan dengan MG DX menjadi G-Falcon Unit Double X, dan denger-denger P-Bandai (kebiasaan kan). Namun ada kabar lain dengan bukti berupa foto kalau G-Falcon HG 1:100 keluaran tahun 90an ini rupanya bisa disatukan dengan MG DX tanpa melakukan modifikasi untuk dapat terpasang dengan baik. Setelah gua mendengar kabar itu, gua pun inget kalau gua punya HG G-Falcon yang gua beli saat masih duduk di bangku SMA, akhirnya gua pun mencoba apakah benar kalau G-Falcon yang dibuat belasan tahun yang lalu bisa dipasangkan ke MG Double X ?

LET'S TRY IT !
Setelah gua coba-coba dengan sangat hati-hati dan melihat referensi website jepang yang pernah mencobanya, rupanya benar ! G-Falcon HG 1:100 dapat disatukan dengan MG Double X tanpa melakukan modifikasi apapun ! Dan gua pun mengerti sekarang kenapa ada banyak lubang di belakang MG DX ini, rupanya pihak Bandai sepertinya memang sengaja melakukan ini agar kedepannya dapat disatukan dengan G-Falcon lama atau mungkin RE/100 atau MG G Falcon (Mungkin kalau mereka tiba-tiba berubah pikiran, who knows ? ) Jadi ini adalah cara yang gua lakukan untuk menyatukan MG DX ke G-Falcon HG 1:100

Pada bagian punggung dan skirt belakang terdapat bagian yang dapat dibuka yang memperlihatkan part female, buka bagian tersebut sampai part female terlihat

Pada bagian depan G-Falcon terdapat 2 part male, yang pertama terletak dibawah part female yang berguna untuk merekatkan core fighter, kemudian yg kedua terletak didalam G-Falcon yang berwarna merah panjang, keluarkan part male tersebut dan satukan ke kedua part female yang terdapat MG DX Gundam

Pada saat menyatukan part male yang berwarna merah ke bagian skirt, jangan terlalu ditekan ataupun dipaksa, karena bagian ini memang tidak terekat dengan baik. Mungkin ini yang nantinya akan diperbaiki oleh pihak Bandai apabila mereka memang akan merilis G-Falcon yang dirancang untuk MG DX

Pada bagian belakang G-Falcon, terdapat booster yang berlaku sebagai penyangga, turunkan booster itu untuk membentuk penyangga. Jika sudah sampai tahap ini, seharusnya MG DX dan HG G Falcon kalian sudah menyatu dengan baik. Namun untuk berjaga-jaga sebaiknya pada bagian bawah G-Falcon diberi penyangga agar tetap stabil dan tidak roboh

Pada bagian Core Fighter-nya terdapat part male berwarna biru, putar kedalam agar pada saat penggabungan tidak mengganggu proses penggabungannya. Setelah itu untuk MG DX pada bagian lengannya kalian perlu meng"extend"sampai sedikit terlihat part frame lengannya. Setelah itu satukan masukkan Core Fighter ke dada MG DX


CONCLUSION
Setelah menyatukan kedua model kit ini, menurut gua masih proporsional dan surprisingly stabil walaupun tidak menggunakan penyangga tambahan, namun jujur menurut gua pihak Bandai perlu membuat ulang G-Falcon ketimbang menciptakan ulang dari mold lama (calon P-Bandai pulak gosipnya), hal ini dikarenakan ada beberapa poin yang menurut gua memiliki potensi untuk membuat G-Falcon menjadi jauh lebih bagus dibandingkan yang sekarang ada, seperti contoh : detail cockpit untuk canopy G-Falcon, proporsi yang lebih ceper, dan tentunya separasi warna yang lebih "beradab", karena jujur seinget gua saat mewarnai HG G-Falcon agar terlihat seperti di serial TV-nya membutuhkan BANYAK teknik masking. Namun semua keputusan ada pada pihak Bandai, gua selaku penggemar Gundam hanya memberi saran saja :')

No comments: