Saturday, May 6, 2017

Side B Custom : Props Set Color Torga Changer

BASA-BASI
Semenjak Torga debut di serial tv-nya, gua sangat tertarik dengan changernya yang sangat mengingatkan gua dengan morphernya Power Ranger seri Mighty Morphin, saat itu gua sangat yakin bakal ada DX Torga Changer setelah mendengar sound effect di DX Bima-X Changer yang ada sound effect Thunder, Ice, dan Synthetic. Namun sepertinya pihak Bandai Namco Indonesia berkehendak lain dengan merilis power stonenya saja yang sekarang statusnya juga limited edition. silang 1 -2 tahun semenjak serial Bima-X ditayangkan, tidak ada kabar akan adanya DX Torga Changer, akhirnya gua memutuskan untuk membuat fun project yang dimana membuat warna mainan Torga Changer menjadi semirip warna props Torga Changer di serial tv-nya. Ini juga itung2 sekalian menyambut movie-nya Satria Heroes yang tayang tanggal 4 Mei 2017.

WORKS PROGRESS
Dalam proses pembuatannya, tentu gua bongkar Torga Changernya terlebih dahulu hingga menjadi beberapa komponen. Kemudian gua memulai projek dengan menghitamkan seluruh komponen menggunakan airbrush dengan cat Mr.Finishing Surfacer 1500 Black, kemudian setelah kering dengan metode pengecatan yang sama, gua tiban dengan warna gold yang baru gua beli beberapa bulan lalu & it's actually real flippin good ! gua menggunakan cat Mr.Color Hyakushiki Gold untuk warna basis emas-nya. Kemudian setelah itu gua lapisi dengan Mr. Crystal Color Topaz Gold, ini dilakukan agar terlihat berkilau ketika terkena bias cahaya.
Awalnya gua sangat senang dan puas melihat warnanya begitu menawan dan terang, sampe gua liat di google image, warna changernya torga itu bukan gold, tapi lebih kearah kuning metalik.



GOD.FRIGGIN.DAMMIT




setelah lemes sejenak liat di google & youtube itu, akhirnya gua tiban aja dengan cat Mr.Color Clear Yellow dan Perlahan mulai bangkit lagi semangat gua untuk menyelesaikan Torga Changer ini setelah mendapat titik terangnya. setelah selesai Gua tunggu kering sampai akhirnya memasuki tahap detailing yang menurut gua paling rebyek. Awalnya gua mau pakai teknik masking, cuman karena terlalu riskan, apalagi klo sampe bleber apusnya susah, jadi mau ga mau gua handpainting untuk detailnya :')
Handpainting ke bidang yang besar jujur aja challengenya sangat besar karena warna tidak langsung merata hanya dalam 1 kali lapis, perlu setidaknya 2-3 kali lapis hingga akhirnya mendapat warna yang solid dan merata, belom kalo pake ga sengaja kegores...WOOF ! akhirnya dengan modal doa dan usaha (alah ~) gua melewati tahap ini dengan cukup lancar, walau menurut gua skill handbrush gua disini berasa masih rada brantakan sih klo dari gua sendiri jujur. pada proses handpainting, gua menggunakan cat enamel Tamiya Flat Black, dan Tamiya Chrome Silver
Proses terakhir adalah bagian mata yang mau ga mau harus pake teknik masking, sejujurnya gua rada ngeri pas dibagian ini mengingat konsekuensi masking itu cat bisa bleber masuk kedalem :') untungnya proses ini gua lewati dengan lumayaan lancar, ada yg bleber seperti yang gua takutkan but it doesn't look that baaaad thooo ~

Setelah semuanya selesai dicat, gua mewarnai panel line dari Torga Changer ini menggunakan pen marker merah ukuran 0.05 dan pen marker hitam ukuran 0,05.

PREVIEW
(Klik Gambar dibawah untuk melihatnya dalam ukuran lebih besar :))

No comments: