Thursday, June 29, 2017

Side G Custom : Contouring the Figure

BASA-BASI
Mumpung lagi liburan, gua main ketempat temen lama gua yang kebetulan punya toko hobi di ITC Permata Hijau (Shout Out to Jimmy "Omocha" !) gua kesana belajar gimana caranya ngasih shading ke figure orang supaya terlihat lebih hidup. Disini gua diajarin banyak soal bagaimana cara membuat figure orang keliatan lebih real, pada kali ini gua akan berbagi hasil ilmu yang gua pelajari dari salah satu modeller expert yang gua kenal selama ini untuk membuat figure terlihat lebih real. Contoh yang gua gunakan dalam blog ini adalah FigureRise Bust Hoshino Fumina dari seri Gundam Build Fighters Try.

Yang dibutuhkan selain figure orang tentunya adalah kaleng Top Coat/clear spray jenis flat/matte (atau jika kalian menggunakan airbrush, clear flat/flat base), ini akan digunakan sebelum kalian meng-contour figure kalian. Hal ini dilakukan agar warna weathering set dapat tertempel dan tercampur dengan baik di lapisan plastik figure kalian. Semprotkan top coatclear spray flat ke seluruh bagian figure seperlunya. Setelah itu tunggu sampai kering, dan figur siap untuk di contour.
Kemudian ini adalah alat terpenting yang akan digunakan untuk meng-contour figure, Tamiya Weathering Master, tipe H. Weathering set Ini bisa kalian dapatkan di toko-toko scale modelling, atau online.
Tahap pertama yang kalian lakukan tentunya adalah mengaplikasikan warna Pale Orange (kalau dari palet yang paling kiri) ke bagian figure yang memiliki lekukan, baik yang solid maupun yang terlihat samar-samar. Berikan garis-garis yang tipis saja namun masih terlihat kontras antar warna kulit dan warna pale orange-nya. kalian tidak harus mengaplikasikannya menggunakan alat bawaan dari Tamiya, jika alat bawaan dirasa kurang tajam/padat, kalian bisa menggunakan cotton bud atau sejenisnya.
Setelah dirasa kalian sudah cukup, kalian bisa meratakannya menggunakan warna ivory (kalau dari palet, yang ditengah), ratakan perlahan-lahan hingga akhirnya terlihat warna kulit dan warna contour sudah tercampur dengan baik dan tidak bertabrakan (belang). Ulangi lagi tahap ini ke bagian tubuh selanjutnya yang akan kalian contour.
Untuk bagian kepala, karena karakter yang gua buat adalah perempuan, gua memberikan efek blush di pipinya, untuk itu gua memberikan warna peach (kalau di palet, yang paling kanan) di pipinya, gua berikan tipis saja agar tidak berlebihan kayak ondel-ondel. Setelah itu tentu saja gua ratakan lagi menggunakan ivory agar tidak terlalu kontras.
(Before & After)

PREVIEW
Ini adalah pengalaman pertama gua meng-contour figure. it's a whole new experience to be honest. Disini menurut gua feeling harus dapet banget. Menurut gua untuk first try gua bikin ini uda cukup lah, at least gak berantakan total :')

1 comment:

Maseko Sakazawa said...

Seperti belajar make up..