Saturday, July 8, 2017

Side G Custom : Restoring a 2 Decades Old Figure.

IDEA BEHIND THE WORKS
Gua mendapat tantangan (engga sih, sebenernya lebih dimintain tolong ke gua) dari temen deket gua untuk restore figurenya dia yang sudah berumur yang dia dapet waktu ke Toysfair dalam kondisi loose. Figurenya keliatan kayak figur-figur taun 80-90an dilihat dari proporsinya yang sedikit off, paintjobnya yang hanya satu warna, dan sampai sekarang gua belum mendapat info lengkap dari figure ini asalnya darimana, jadi asumsi gua figure ini adalah figure buatan banpresto.

Idenya gua akan membuat figure ini menjadi warna metalik dengan efek pearl-ish, sehingga ketika dilihat dia bukan hanya sebatas pajangan yg bisa dipegang. Gua ingin dia menjadi salah satu sorotan mata pengunjung karna warnanya yang catchy dan mentereng walaupun ukurannya yang terbilang kecil.

WORK PROGRESS
Gua memulainya dengan melebur figur menjadi beberapa komponen.
kemudian merendam semua parts figur ini ke dalam air yang berisi rinso, hal ini dilakukan untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada figur ini. selang beberapa jam kemudian gua menggosoknya menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan debu2nya.

Setelah itu gua rendam lagi dengan air bersih selama beberapa menit, setelah itu gua keringkan dengan mengusapnya menggunakan kain. Setiap parts gua tempelkan ke tusuk sate dengan blu tac / masking tape generic untuk memudahkan dalam proses pengecatannya
Gua memulainya dengan mewarnai seluruh part figure dengan cat hitam sebagai dasar warna silver
Kemudian gua tiban dengan warna silver setelah kering
Tiban lagi dengan warna clear red
Kemudian tiban dengan Red Sapphire dan setelah kering gua beri finishing gloss
Setelah semuanya kering, gua menyatukan kembali komponen-komponen yang sudah di lebur dan di pasang lagi menjadi satu figure utuh menggunakan sarung tangan kain untuk menghindari resiko cat tergores.

PREVIEW

No comments: