Sunday, March 31, 2013

Side G Review : Gundam AGE-1 Razor by Dragon Momoko



BASA-BASI
Setelah kemarin gua melakukan unboxing dan sekilas melihat runner dan manualnya yang terlihat menjanjikan, sekarang gimana kalau bedah hasil jadinya seperti apa :) Namun sebelumnya, sedikit info mengenai AGE-1 Razor sendiri, AGE-1 Razor pada dasarnya adalah wear ke 4 yang digunakan oleh Flit Asuno sebagai pilot utama dari Gundam AGE-1 ini yang saat itu berusia 20 tahunan saat penggunaan wear Razor untuk pertama kalinya, cukup jelas bahwa Razor wear ini adalah jenis Wear yang sangat cocok untuk pertempuran jarak dekat dengan 2 buah pedang yang dibawanya yang rupanya bisa disatukan menjadi boomerang, sayangnya AGE-1 Razor memang wear eksklusif untuk Flit Asuno dikarenakan jenis wear ini hanya ditujukan kepada mereka yang memiliki talenta khusus seperti kemampuan mereka dalam mengontrol kekuatan X Roundernya, dan Flit Asuno merupakan salah satu dari mereka yang memiliki kekuatan X Rounder

PROPORTION & QUALITY






Proporsi dari AGE-1 Razor buatan Dragon Momoko memang dasarnya sama dengan versi Bandainya, tidak ada perubahan, namun ada parts khusus yang diberikan oleh pihak dragon momoko pada bagian engsel pahanya mungkin dengan maksud untuk memperbaiki proses penetrasi parts engsel paha ke pahanya langsung. Disamping itu tanduk dari AGE-1 versi Dragon Momoko jelas lebih bagus dikarenakan lebih lancip dibanding versi Bandainya. Pada bagian senjata dari model kit ini, Dragon Momoko terkesan memberi USP (Unique Selling Proportion)-nya sendiri dengan memberikan parts clear green dan separasi warna yang lebih akurat dibanding versi Bandainya sehingga ini yang menjadi nilai plus mengapa banyak yang mengincar model kit ini walaupun bukan merek Bandai yang merilisnya. Disamping dari semua ini proporsi secara keseluruhannya sekilas terlihat seperti Advanced version dari Spallow dengan 2 pedangnya yang sangat besar. Proporsinya sangat baik, tidak ada kejanggalan yang terlihat sama sekali dengan hasil jadinya ini. Warna dari model kit ini secara dominan diisi dengan warna biru dan putih.

Untuk kualitas dari plastiknya memang tidak sebagus buatan Bandai, kualitas plastiknya bisa di sejajarkan dengan kualitas plastik dari model kit buatan MC Model. Lu akan menemukan kesulitan pada proses snap fit kepala dan hampir semua proses pemasangan parts polycaps (PC) ke plastik yang dituju. Gua mengalami kesulitan saat melakukan snap fit "paten" pada bagian paha model kit ini karena mau sekeras apapun tekanannya, kedua parts yang membentuk paha ini akan tetap terlihat tidak rapat. Disamping masalah snap fit gua juga menemukan inkonsistensi dari finishing runner satu dengan yang lain. seperti contoh ada runner yang finishingnya matte finish, namun di runner lain gua menemukan runner yang finishingnya sedikit terlihat glossy. Selain semua yang gua komplain mengenai kualitas plastiknya model kit ini mungkin cukup ok sampai sini.


ARTICULATION





Artikulasi dari model kit ini sama seperti dengan AGE-1 Normalnya yang dimana diluar ekspektasi dan sangat poseable, namun perlu diperhatikan juga bahwa selama gua memposekan ini banyak sekali parts-parts yang mudah terlepas dari bagian yang seharusnya terpasang, seperti contoh bagian bahu (yang warna biru) ke lengannya, back skirt, kepala, dan bagian paha ke betis rawan lepas sehingga sebagian dari parts tadi perlu diberi cement supaya lebih paten.


FEATURE




Fitur utama dari model kit ini disamping separasi parts untuk senjata utamanya dan parts hijau transparan untuk blade dari senjatanya adalah 2 buah pedang yang bisa disatukan menjadi semacam double ended blade yang rupanya setelah gua baca itu adalah boomerang yang fungsinya untuk dilempar. Disamping itu terdapat sambungan-sambungan untuk 2 pedangnya yang bisa diletakkan pada bagian depan dan belakang bahu, bagian belakang tangan, side skirt, dan bagian back skirt hingga digenggam dengan tangannya sendiri, disamping itu blade dibagian betis bisa dinaik turunkan.




CONCLUSION
Dari segi kualitas plastik memang sulit untuk menjadi pertimbangan untuk menilai model kit ini karena model kit ini sendiri pada dasarnya adalah bootleg dengan sedikit improvement dari pihak yang membuatnya. Disamping kualitas plastiknya yang memang tidak sebaik Bandai gua bisa bilang model kit ini masih layak untuk dibeli, dikarenakan harganya yang terhitung sangat terjangkau dengan improvement yang menjadi nilai plus dari model kit ini. Sejujurnya gua ingin bilang kalau model kit ini tidak disarankan untuk mereka yang baru mau merakit karena selama gua merakit ini ada beberapa parts dalam yang gua potong dan iris dengan modelling knife supaya bisa tertempel dengan rapat. Disamping itu gua menyarankan agar model kit ini setelah selesai dirakit untuk tidak banyak digerakkan karena seperti yang gua bilang diatas ada banyak parts yang rawan lepas atau biasa kita bilangnya "loose". Improvement yang diberikan oleh Dragon Momoko kepada model kit ini berupa separasi parts pada senjata cukup memuaskan sehingga model kit ini bisa dibilang cocok bagi mereka yang gak mau repot-repot ngecat kayak di versi Bandainya. Disamping semua yang gua bilang tadi diatas gua bisa bilang kalau model kit cukup memuaskan, untuk rating gua bisa rate model kit ini 3.5 dari 5 batu. :)

No comments: