Monday, November 25, 2013

Let's Show ! White Doll, Moonlight Butterfly


IDEA BEHIND THE WORK
Model kit seri Turn A memang terhitung model kit yang sangat langka dalam bbrapa tahun ini, namun karena pihak Bandai merilis ulang model kit akhir era 90'an ini kini model kit ini tidak selangka dulu, namun peminatnya pun banyak. Gua pun di hari pertama model kit ini dikabarkan sudah tersedia di toko hobi langganan langsung mengambil ini bersamaan dengan Turn X, namun begitu gua order dan sudah bayar, bbrapa jam setelah itu salah satu situs blog yang biasa gua datangi kalau soal berita gundam terbaru, memberitakan kalau HG-nya akan dirilis tahun depan, dan gua kayak... -________- myehhh. Akhirnya gua putuskan untuk rakit model kit lama ini yang tadinya mau gua simpen aja bersamaan dengan Turn X yang sampai sekarang belum ada niat sedikit pun untuk merikix Turn X-nya. Karena terbilang harganya gak semahal HG pada umumnya, akhirnya gua coba bikin model kit ini dengan gaya presentasi modeller,...Di repaint total ! Padahal dulu bilang gua gak mau jadi modeller. yaudalahyaaa~




WORK PROGRESS
Tipikal model kit jaman dulu, seamlinenya bejibun (aduh2 ngomongnya udah seamline lho ! prett. LOL) dan penempatannya gak "sepintar" HG sekarang. Akhirnya gua coba memberanikan diri untuk ngilangin seamline-nya dengan cara-cara modeller pada umumnya, lewat cement dan amplas tiga tahap.



Setelah proses pengamplasan selesai, part-part tadi pun siap disemprot menggunakan airbrush, pada tahap pewarnaan gua coba mencampur-campur warna. Cat yang gua gunakan selama ngecat menggunakan airbrush adalah cat acrylic tamiya karena katanya paling aman ama kesehatan paru-paru. Warna biru tamiya tidak ada warna biru yang "mutlak" oleh karena itu pada bagian biru dari model kit ini gua menggunakan warna campur-campur tamiya blue dan tamiya sky blue agar terlihat lebih cerah warnanya. Setelah itu gua mewarnai part-part lainnya menggunakan warna-warna normal, dalam arti gua gak mencampur2 warna lagi disamping yang warna biru tadi. Setelah proses pengecatan dasar selesai, saatnya masuk proses pengecatan detailing seperti mewarnai bagian mata, jidat dan kaki...Dalam tahap detailing media yang gua gunakan adalah kuas kecil hingga tusuk sate. Setelah itu gua mewarnai display stand gua yang warna dasarnya adalah transparan menjadi biru hijau. Untuk tahap finishingnya gua menggunakan clear flat dan sayap moonlight butterfly yang pernah gua bikin sebelumnya hanya saja sekarang gua sudah mengerti cara yang pas untuk memasang sayapnya itu :)

GALLERY









Untuk foto before-nya gak sempet gua foto, cuman kira-kira kayak di review si Prime92. Inspirasi gua adalah supaya terlihat kayak Robot Damashii-nya mangkanya emang sengaja gak gua lining, LOL


Untuk flawsnya, sejujurnya ada...cuma mungkin ada sebagian yang gak keliatan di foto karena ketutupan part lain, ada bbrapa parts yang seamlinenya gak ketutup rapi sehingga walau sudah ditiban cat masih tetap terlihat garisnya, dan seamline kaki gak gua ilangin karena otak gua belom nyampe gimana caranya tanpa harus masking vent belakang kakinya. Kemudian di bagian kakinya pada saat proses snapfit yang sudah di cat ada goresan sehingga baretnya terlihat jelas, gua tambal dengan cat enamel. mungkin kalau difoto gak begitu keliatan tapi kalau dilihat langsung akan terlihat jelas bekas tambalannya.

No comments: