Saturday, October 20, 2012

Side G Custom : Your own Moonlight Butterfly !?



BASA-BASI
Setelah melewati tahap prototyping stage untuk Moonlight Butterfly gua ini, akhirnya berhasil juga setelah dipasang ke MG Turn A gua ini. Seperti yang gua bilang sebelumnya, effect parts Moonlight Butterfly belum pernah ada yang rilis untuk dipasangkan ke model kit-nya, baik dari pihak Bandai maupun pihak third party company yang biasanya optional partsnya menarik seperti Beam Wing effect parts untuk MG Strike Freedom yang jujur aja pas gua denger mereka rilis itu gua cukup kaget :-/. Mungkin dikarenakan peminat Turn A gak sebanyak Gundam Seed atau Destiny yang populernya gila gilaan banget jadi mereka pikir akan rada riskan untuk rilis macam seperti ini.

CUSTOM IDEA
Seperti di postingan gua yang sebelumnya tentang membuat beam effect parts sendiri, bahannya masih sama dengan yang gua bilang, yaitu kertas mika tebal atau sebutan lainnya mika dove. hanya saja kali ini rada berbeda dengan cara membuat beam wingnya strike freedom, kali ini gua dibantu dengan software grafis yang membantu gua dalam memperlancar proyek gua yang satu ini, dan software itu adalah Adobe Illustrator :), bagi yang kurang familiar dengan sofware ini masih ada alternatif lain, yaitu dengan mencontoh pattern sayapnya. Untuk gua, sejujurnya gua kurang mampu untuk menggambar pattern sayap dari Turn A ini secara hand draw walau gua adalah mahasiswa design grafis, oleh karena itu gua dibantu oleh Adobe Illustrator ini :). Berikut adalah tahap-tahap untuk bikin Moonlight Butterfly effect parts ! :)

 
 Step 1
Cari gambar sayap Moonlight Butterfly yang menurut lu paling mudah untuk dicontoh entah itu dari segi angle atau mudahnya, dalam step ini, gua ambil contoh gambar sayap Moonlight Butterfly dari Figure Robot Damashii Webshop Limited Turn A Gundam Moonlight Butterfly Version, sumber gambar dari gamu toys

Step 2
Setelah lu mendapat contoh gambarnya, lu bisa mulai mencontohi pattern gambarnya dan di trace di software grafis lu yang menurut lu paling cocok dengan diri lu, dalam step ini gua menggunakan Adobe Illustrator untuk membuat pattern sayapnya. Dalam step ini, berkreasilah sebaik mungkin dari segi warna-nya supaya nanti hasilnya ok masbrooo :D, perlu diingat juga bidang kerja untuk cetakan sayap ini adalah ukuran A4 supaya nanti saat di print tidak perlu repot-repot untuk di setting ulang sama operator printingnya. Setelah selesai membuat pattern sayapnya, berikan efek refleksi mirror horizontal dari sayap yang sudah lu bikin untuk dipersiapkan ke tahap printingnya nanti

Step 3
Setelah lu selesai dengan urusan membuat pattern sayapnya di program grafis kalian, print pattern sayapnya di tempat Digital Printing terdekat lu, dan print pattern sayap ini diatas kertas stiker transparan atau clear sticker, perlu diingat juga karena tempat Digital Printing biasanya hasil printingnya minimal harus di bidang A3, minta aja untuk dibikin dobel pattern sayapnya, jadi dalam 1 A3 lu akan mendapat 2 pattern sayap. Lumayan kalau nanti ada kesalahan pas proses nempelnya bisa diulang dengan menggunakan yang satunya :)


Step 4
Step ini menurut gua yang paling menjenuhkan dan paling menjengkelkan, siapin kertas mika tebel dan hasil print-an tadi. Gua sarankan bagi lu yang kurang handal menempel stiker seperti gua, tempel stikernya diatas mika dove ukuran A3 supaya kesalahan dalam menempel stikernya bisa di minimalisir kalau bidang yang ditempeli stikernya besar. Tempel stikernya di sisi mengkilat/glossy dari mika tebelnya

Step 4 (Alternatif)
Step alternatif lain kalau lu tidak punya mika tebel ukuran A3 adalah dengan memotong hasil print-an tadi menjadi bentuk sayap aslinya dilanjutkan ditempel di mika dove-nya. Memang masih rada riskan, namun gak akan sesulit kalau lu menempel full hasil print-an mentahnya ke mika tebel ukuran A4 yang sama-sama ukurannya A4 juga. PS : di foto ini gua pakai pattern sayap yang lain.

Step 5
Pada tahap ini kalau lu benar, bentuk sayap yang sesuai dengan yang lu buat di komputer sebelum di reflek mirror ada di bagian dove dari kertas mika tebelnya. Setelah lu berhasil tempel stikernya ke mika dovenya, gunting hingga membentuk pattern sayapnya. Perlu diperhatikan pada saat proses motongnya, pakai gunting yang tajam dengan maksud supaya lebih mudah saat motongnya, dan jangan terlalu ditekan karena bisa berakibat tinta stikernya kebeset.

 Step 6
Setelah lu selesai memotongnya, siapin double tape dan potong membentuk persegi panjang dalam ukuran kecil.

 Step 7
tempel potongan tadi ke bagian tengah-tengah sayap

 
 Step 8
Tempel dibagian tengah punggung MG Turn A lu tepat diatas lubang untuk dicolok ke Action Base, tekuk sedikit sayap bagian tengahnya yang ada di sekitar daerah yang ditempel supaya untuk kedepannya tidak mudah jatuh sayapnya.

 Step 9
Test Fitting sebelum di display, kalau kurang seimbang dengan sisi lainnya masih bisa digeser-geser, kalau sudah sesuai, tekan bagian double tipnya untuk mengunci/memperkuat kerekatannya



 FINISH !!
Untuk lu yang seorang modeller mungkin bisa diakali lagi untuk tahap menempel sayapnya ke punggung MG Turn A-nya. Disamping itu ini bukan untuk MG saja, kalau lu ada 1:144 atau SD-nya pasti bisa ditempeli sayapnya, cukup disesuaikan saja ukuran sayapnya supaya cocok saat ditempel ke model kit Turn A Gundam kalian, selamat mencoba ! :)

No comments: