Tuesday, December 16, 2014

Nerd Log (16/12/2014) Grace for 2014 & Early Resolutions

2014 menurut gua adalah salah satu tahun yang terbaik dalam hidup gua, karena di tahun ini gua mengalami banyak sekali pengalaman-pengalaman menarik mulai dari segi karir hingga kehidupan sehari-hari. Gua ga ngerti mulai dari mana gua harus cerita tentang cerita-cerita di tahun 2014, jadi gua mulai yang paling bosenin dulu, LOL


AKADEMIS
Seperti yang kalian tahu, tahun ini adalah tahun pertama (dan menuju terakhir !) gua sebagai mahasiswa pasca sarjana Creative Marketing setelah tahun lalu gua berhasil meraih gelar gua sebagai Sarjana Seni (Sebutan kerennya buat Sarjana yang nantinya mayoritas kerja sebagai Desainer Grafis...NOT) di awal bulan November. Kemudian selama sepanjang tahun ini gua belajar demi meraih gelar Magister Manajemen di Binus Business School, menurut gua materi yang dipelajari memang ada sedikit hubungannya dengan Desain Grafis, hanya saja secara kasarnya gua bisa bilang kalau "tenaga" desain grafisnya digunakan hanya 10-15% dalam industri Marketing yang gua pelajari disini, karena disini yang gua dan teman-teman gua pelajari secara garis besar adalah stratergi dan cara-cara bagaimana mendapatkan customer sesuai dengan segmentasi yang di targetkan si company yang bersangkutan. Disini gua juga banyak mendapat teman-teman baru dari kampus gua ini dengan latar belakang mereka masing-masing yang sangat beragam. Dan mengejutkannya akhir tahun ini gua sudah memasuki tahap akhir dari perkuliahan gua sebagai mahasiswa pascasarjana, yaitu memasuki tahap bikin skripsi lagi ! Gilak ini terlalu cepeeet ! Dan alhamdulilah November tahun depan kalau tidak ada halangan gua sudah bisa menggenggam gelar gua sebagai Magister Manajemen dan siap bekerja di kantor !

KARIR
Oh Waw...Gua ga ngerti mesti darimana gua mulai cerita ini, taun ini menurut gua adalah taun pertama gua lepas dan dapet pengalaman banyak mulai dari ngerjain beberapa proyek yang berhubungan dengan bidang gua dan sekarang yang sedang gua jalani adalah mendesain packaging yang dimana menurut gua ini proyek yang fun banget, kemudian berhasil ngejual barang buatan gua di AFA 2014 lewat bantuan temen dan alhamdulilah ludes bablas semua, hingga jadi asisten pengajar di badan departemen pemerintahan besar seperti departemen perpajakan, departemen kementrian luar negeri, hingga di perusahaan besar seperti di Kompas. Dan tentu saja, yang gua dan pengajar utama gua ajarkan adalah software2 grafis seperti Adobe Illustrator, Photoshop, Flash, hingga Dreamweaver. Masa ngajarinnya cuma sebatas di dunia maya aja, kan boleh dooong ngajar di dunia nyata ;D

Kemudian gua pun juga mendapat pencerahan di pertengahan tahun ini, yaitu gua mencoba untuk daftar kerja di salah satu agency ternama di Indonesia (katanya sih, cuma ga tau deh) Sejujurnya itu adalah pengalaman gua yang paling pertama interview untuk mendapat job beneran di kantor. Kalo suruh jujur ya, di hari dimana gua interview gua pun uda ngasih sign jelek ke mereka dengan dateng telat 15 menit (thanks alot WAZE) tapi untungnya mereka gak terlalu mikirin soal itu saat gua interview. Akhirnya setelah mengalami pengalaman pertama interview gua dan mendapat feedback dari mereka, disinilah gua realized kalo gua itu worth it (ya iyalah ! baru sekali-sekalinya interview langsung BAM ! diterima kerja) walau akhirnya gua tolak tawaran mereka untuk kerja di perusahaan mereka karena beberapa alasan tertentu. Disini gua enggak sama sekali mencoba untuk sombong/senga/cihmintadilemparbatu, tapi sebelum interview itu gua termasuk salah satu dari mereka yang gak PD dengan kemampuan diri sendiri, minder, dan selalu ngeliat kerjaan orang lain itu memang lebih keren dan gua ga akan bisa seperti mereka, dan interview itu mungkin adalah salah satu pengalaman yang mengubah sisi pandang gua terhadap diri gua sendiri. Mbak Ratna, klo mbak baca ini (which probably not) terima kasih yaa ~



LIFE
Dari segi kehidupan sehari-hari gua sebagai anak, murid, dan teman. Tahun ini gua juga mendapat beberapa pencerahan inspiratif dari temen-temen gua yang bisa gua gunakan sebagai pengembangan diri gua dalam menilai sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda. Disamping itu tahun ini juga menjadi salah satu tahun yang fantastis karena tahun ini gua mendapat kesempatan lagi untuk pergi ke Osaka bersama keluarga dan tentu saja membabi buta di distrik hobi yang ada disana. Disamping itu akhir-akhir ini gua pun mulai rajin ke gym lagi karena mulai banyak waktu luang saat skripsi (ini salah satu nikmatnya jadi freelancer desainer grafis), tapi bukan lifting weights atau apapun yang kalian bayangkan kayak Arnold Schwazeribetdee itu, kali ini gua memutuskan untuk ikut kelas2 aja karena menurut gua kalau ikut kelas akan cenderung sama2 maksimal tenaga yang dikeluarkan dan lebih fun. Jadi gua mengikuti beberapa kelas yang sering gua datengi, yaitu kelas bodycombat, bodybalance, dan yoga...



YOGA




Gua jujur awalnya gua nyoba olahraga ini cuman iseng dan mindset udah mengarah ini adalah olahraga ceret yang paling cuma diikutin ibu-ibu muda dan laki-laki "modern" buat ngisi waktu luang mereka. Begitu gua coba sekali dua kali...anjrit demi allah tiap gua selse itu besoknya badan uda kayak rengginang diremek padahal gak ada gerak yang ekstrim sama sekali, hingga akhirnya ini menjadi tantangan buat gua yang mentrigger gua untuk nyoba lagi dan lagi, dan benar setelah beberapa kali gua ikut kelas ini, efek yang gua rasain adalah tulang punggung gua jauh lebih enak rasanya dibanding sebelum-sebelumnya dan tentu lebih lentur badan gua. Cuma ya itu...kebanyakan pesertanya cewe dan cowo2nya kebanyakan yang ikut ya "unik-unik" sehingga cukup sukses membuat gua awkward tiap masuk kelas itu.



HOBI
Dari sisi hobi, hobi gua sampai sekarang masih tetap Gundam, dan kayaknya 10 tahun kedepan juga masih Gundam. beberapa yang berubah mungkin cuma perpindahan koleksi aja, jadi kalau gak salah antara akhir taun 2013 atau awal2 tahun 2014 figur-figur dan roleplay toys gua dari seri Kamen Rider secara keseluruhan gua pindahkan dari kamar gua, gua masukkan kedalam box yang disegel dan disimpen di rumah gua yang di BSD, mungkin suatu hari nanti akan dibuka lagi dan gua harap yang ngebuka nanti adalah anak gua, bukan gua yang ngebuka dengan alasan "atas nama nostalgia dan masa-masa indah dulu" Yang menyisakan dari seri Kamen Rider di kamar gua adalah potongan2 kepala itu dan kayaknya juga pihak Bandai lagi memberhentikan line kepala-kepalaan entah alasannya karena apa, mungkin trendnya sudah mulai menurun kali ya ?

Tahun ini juga merupakan tahun kebanggaan gua karena gua mulai bisa beli mainan-mainan yang gua mau dengan hasil jerih payah sendiri dari ngerjain beberapa proyek yang berhubungan dengan bidang gua dan rasanya jelas beda dibanding beli mainan dari nyimpen uang saku bulanan atau dibeliin. Feeling proudnya lebih dapet ~

Disamping itu, awal taun ini gua juga sadar kalau rupanya game yang dulu sering gua mainkan (Seri Grand Theft Auto) sekarang bisa dimainkan di laptop/desktop sebagai app official dari pihak pembuat game-nya...

TASTE
Dari sisi taste, gua mulai ngerasa kalau lagu-lagu tahun 80 itu sangatlah bagus dan lirik lagunya lebih terasah dibanding lagu-lagu jaman sekarang, gua pun juga mulai memiliki ketertarikan untuk menyaksikan film-film tahun 80an seperti Scarface dan Flashdance, mungkin gua akan mencoba menonton film2 tahun 80an lainnya seperti Miami Vice, Footlose, atau apapun itu yang konon nge hits di era 80an. Dan semua ini gak akan gua lakuin kalau gua gak main game GTA Vice City. Semua bermula dari situ sampai akhirnya gua tertarik dengan pop culture era 80an. Dan baru-baru ini gua lagi suka banget sama Ariana Grande, gilak itu perempuan uda kayak all in one kalo disamain ama servis hotel.



WHAT'S NEXT FOR LUDOV06 ? A 2015 RESOLUTION...
Seperti yang gua bilang sebelumnya, 2014 menurut gua adalah tahun yang amazing dari berbagai macam sisi, dan setelah baca resolusi gua taun lalu alhamdulilah taun ini terkabul semua, minus fisik yang lebih bagus karena di saat gua nulis ini gua masih dalam tahap recovery dari sakit flu. Gua sangat berharap tahun 2015 akan menjadi tahun yang sama amazingnya atau bahkan lebih amazing dibanding tahun ini, karena tahun 2015 menjadi tahun terakhir gua sebagai mahasiswa pasca sarjana, dan menjadi tahun pertama gua benar-benar menginjak dunia karir. Ada kemungkinan besar juga gua akan bekerja diluar bidang yang gua jalani sekarang karena alasan tertentu dan berhubungan dengan target hidup gua untuk bbrapa tahun kedepan tentunya. Gua cukup berharap tahun 2015 adalah tahun gua "shine bright like a diamond" khususnya di bidang karir !

AMIN ~

No comments: