Tuesday, June 9, 2015

Side G Review : HGUC 1:144 Neo Zeong

BASA-BASI
Setahun lalu semenjak desain Neo Zeong dipublikasikan yang bersamaan dengan kabar dari pihak Bandai kalau mereka akan merilis model kit-nya dalam skala 1:144, gua pun langsung instan suka dengan desainnya dan kemauan untuk beli model kitnya pun sangat bulat. Gua pertama kali liat langsung model kitnya saat di event AFAID 2014, dan jelas dia jadi salah satu spotlight di booth Bandai karena ukurannya yang super besar (nyaris 90 cm broo !) dan warna merahnya yang menarik perhatian pengunjung disana. Gua pun makin bulat kepengen setengah mati setelah lihat itu di depan mata gua ! Saat terakhir gua di Osaka, gua NYARIS beli ini karena harganya juga disana terbilang terjangkau, disana dijual sekitar 17.000 Yen saat itu, ada juga yang harganya 19.000 Yen karena dapat bonus 1st release campaignnya. Namun karena ukuran kemasannya yang luar biasa besar dan gak masuk akal, akhirnya gua pun tidak jadi beli disana. Diawal tahun ini tekad gua sangat bulat untuk beli model kit ini, so gua nabung perlahan dari penghasilan gua sendiri sebagai desainer, hingga akhirnya dapat juga benda ajaib ini.

UNBOXING
(Klik Gambar dibawah untuk lihat lebih jelas :))
Terdapat 2 lapis kemasan untuk HG Neo Zeong, yang pertama adalah kemasan yang berwarna coklat yang menurut asumsi gua kemasan yg berwarna coklat ini digunakan untuk tujuan distribusi, jadi kalau menurut kalian HG Neo Zeong adalah Model kit limited edition karena ada box coklat-nya, tenang aja, dia gak limited edition ;). Kemasan yang sesungguhnya ada di dalam kemasan yang warna coklat (ya eyalahh) dan pada bagian atas kemasan terpasang handle yang digunakan untuk membawa kemasan model kit ini. Ilustrasi dari kemasan HG Neo Zeong ini terbilang unik karena ilustrasi sisi depan kemasan ini berupa ilustrasi Neo Zeong yang sedang melaju dan dikejar oleh Unicorn dan Banshee, kemudian ilustrasi pada bagian belakang berupa ilustrasi Neo Zeong dengan pose yang sama namun dari angle belakang. Pada sisi depan dan belakang kemasan kita bisa melihat ilustrasi yang sebelumnya disebutkan dan pada sisi pojok kanannya kita bisa melihat nama produk beserta data singkat dari Neo Zeong, pada sisi belakang kemasan kita dapat melihat data singkat dari Neo Zeong pada sisi pojok kanan bawah beserta logo dari brand Bandai sendiri. Pada sisi kanan dan kiri kemasan Neo Zeong ini kita bisa melihat fitur-fitur yang ditawarkan dari model kit Neo Zeong lewat kumpulan foto-foto dan cerita singkat mengenai Neo Zeong sendiri berupa potongan gambar dari film dilengkapi dengan penjelasan berupa beberapa baris paragraf dengan huruf kanji Jepang. Pada bagian atas kemasan kita bisa melihat nama produk dengan jelas dalam ukuran yang super besar.

Begitu kemasan dibuka kita akan mendapat 56 Runner yang mayoritas berukuran besar tentunya, 2 lembar sticker, 1 lembar water decal, 2 pasang screw/nut, Tiang Akrilik, dan tentunya manual yang cukup tebal untuk merakit model kit ini.

BUILDING PROCESS
(Klik Gambar dibawah untuk lihat lebih jelas :))
NEO ZEONG BUILDING PROCESS
Lanjutan dari postingan sebelumnya mengenai WIP dari Neo Zeong, selama gua merakit ini rasanya kayak ngerakit lemari karena masing-masing partnya gede banget, dan dari semua tahap perakitan ini, bagian tangan adalah bagian yang paling membosankan, ini dikarenakan dalam prosesnya kita melakukan repetisi sampai 6 kali untuk merakit tangannya saja. Dan selama gua ngerakit ini, gua pun sadar kalau merakit ini rupanya tidak ada parts polycaps sama sekali (kecuali Sinanju). Untuk pewarnaannya sendiri, terdapat beberapa bagian yang (rupanya) masih ada missing color dan membutuhkan teknik masking dan kuas untuk menyelesaikan ini agar terlihat seperti sample yang ada di manual book-nya, dan jika kalian kira yg dimasking hanya bagian-bagian detil kecil saja, think again...Ada bagian yg besar yang perlu dimasking juga dan itu sempet bikin gua ilfil, gede-gede masih adaa aja yg perlu di cat. Jika kalian berencana untuk mewarnai agar terlihat mirip dengan yg di manualnya, bagian Side Bindernya adalah yang paling parah menurut gua yang perlu di cat banget, khususnya bagian dalamnya. Disamping itu ada beberapa yang gua warnai sesuai kemauan sendiri, yaitu pada bagian detail weapon container yang ada di bahu-nya. Di bagian itu ada beberapa yg gua warnai menggunakan chrome silver agar terlihat lebih detail, gua juga ngecat bagian itu karena terinspirasi dari beberapa orang yang sudah mengecat Neo Zeongnya dan memberi detil extra pada bagian weapon container di bahunya. Dan sebagai pemanisnya, gua mewarnai figur pilot skala 1:144 dengan warna menyamai warna kostum pilot dari Full Frontal.
SINANJU BUILDING PROCESS
Awalnya gua berniat untuk masking bagian emasnya satu-persatu, cuma karena terlalu banyak yg harus di masking dan bentuknya yang cenderung melekuk-lekuk, gua pun ada rasa kecenderungan takut gagal jadi akhirnya semua bagian emasnya gua tempeli stiker dan mengaplikasikannya dengan sungguh hati-hati. Disamping itu, dalam versi ini Sinanju mendapat senjata khusus berupa sepasang Bazooka, dan tentu saja dalam pewarnaannya membutuhkan teknik masking agar terlihat akurat dengan foto sample yang ada di manual book. Setelah jadi gua cukup puas dengan hasilnya, karena ini juga Sinanju pertama yang gua miliki dan gua cukup amazed dengan proporsi dan desainnya secara overall dari Sinanju ini. Perlu diperhatikan juga bahwa Sinanju yang ada pada Neo Zeong ini tidak memberikan effect part untuk beam saber/beam axe-nya.

REVIEW
NEO ZEONG (WITH PROPELLANT TANKS)
(Klik Gambar dibawah untuk lihat lebih jelas :))
NEO ZEONG (NO PROPELLANT TANK)
(Klik Gambar dibawah untuk lihat lebih jelas :))
Proportion & Color
Setelah selesai dirakit, model kit ini memiliki tinggi total 86cm (dengan propellant tank terpasang) dan lebar 50 cm. Neo Zeong memiliki proporsi yang gagah dan lebih terlihat seperti sebuah benteng berjalan ketimbang sebuah Mobile Armor. Neo Zeong memiliki warna merah dominan dengan 2 jenis turunan warna merah yang ada pada model kitnya, merah "maroon" dan merah "vermilion", disamping warna merah yang menjadi warna dominan dari Neo Zeong, model kit ini memiliki warna abu-abu tua, dan ungu tua sebagai warna pendukungnya. 

Articulation
Dari segi artikulasi, karena ukurannya yang besar dan berhubung dia adalah Mobile Armor dan bukan Mobile Suit. Neo Zeong memiliki artikulasi yang minim dan gua sangat mengerti itu. Artikulasi yang ia miliki adalah keenam tangannya yang dapat ditekuk hingga 90 derajat dan dapat diubah menjadi mode aktif dan mode storage, kemudian Neo Zeong memiliki sedikit artikulasi pada area pinggang, namun pinggangnya hanya bisa diputar kurang dari 45 derajat kesamping. 

Detail
Dari segi detail, detail yang diberikan dari model kit ini terbilang cukup ok, yang pertama adalah didalam skirt dari Neo Zeong ini terdapat detail berupa beberapa thruster yang tersimpan didalam part skirt Neo Zeong, kemudian yang kedua adalah dibagian dalam part bahu dari Neo Zeong ini terdapat detail yang bentuknya menyerupai rail track. Dan yang terakhir adalah dalam part side bindernya terdapat detail mekanis jika dibuka yang dimana adalah salah satu fitur dari model kit ini

Weapon & Accesories
Senjata dan Aksesoris yang diberikan untuk Neo Zeong sendiri hanyalah sebuah display stand yang dapat menyimpan keempat jari Neo Zeong dan part penghubung untuk weapon container Neo Zeong, display stand dari Neo Zeong ini dapat diadaptasikan sesuai kemauan pemiliknya, jika ingin memajang Neo Zeong lengkap dengan propellant tanks-nya, pihak Bandai menyediakan part dengan bahan akrilik tebal untuk ditancapkan ke display stand-nya dan Neo Zeongnya, sebaliknya jika pemilikinya ingin memajang tanpa propellant tanks-nya, pihak Bandai juga menyediakan parts khusus berupa bahan plastik keras untuk ditancapkan ke Display Stand dan Neo Zeong itu sendiri. Selanjutnya adalah sepasang bazooka yang dapat dipasang pada Neo Zeong dan digunakan oleh Sinanju baik didalam ataupun diluar Neo Zeong. Untuk aksesoris Sinanju tentunya sama dengan HG Sinanju yang dikeluarkan oleh pihak Bandai, hanya saja seperti yang gua bilang sebelumnya HG Sinanju yang terdapat dalam Neo Zeong ini tidak diberikan effect parts untuk beam saber dan beam axe-nya.

FEATURES
(Klik Gambar dibawah untuk lihat lebih jelas :))
Detatchable Sinanju
Terdapat beberapa fitur dari model kit ini, yang pertama tentunya adalah Sinanju yang dapat dilepas dan dimasukkan, namun perlu diperhatikan juga bahwa untuk melepas dan memasukkannya tidaklah mudah karena ruang yang diberikan untuk Sinanju didalam Neo Zeong cukup sempit sehingga harus ekstra hati-hati jika memang harus mengeluarkan Sinanju dari Neo Zeong ini. Disamping ruang yang sempit, proses untuk mengeluarkan Sinanju dari armornya pun perlu melepas dan menekuk beberapa parts agar Sinanju dapat dikeluarkan dengan aman. Menurut gua ini adalah tindakan yang baik yang dilakukan oleh Bandai karena dengan sulitnya mengeluarkan Sinanju, mengartikan dia tersimpan dengan secure dan paten, ditambah lagi Sinanju akan konsisten dalam posisi berlutut seperti itu apabila digerak-gerakkan karena pada bagian "pantatnya" terpasang part male dari Neo Zeong sehingga membuat Sinanju terkunci dengan baik didalam Neo Zeongnnya. 

Open Weapon Container
Pada bagian bahu dari Neo Zeong apabila dilepas akan menunjukkan detail weapon container dari Neo Zeong. Untuk merubah jadi mode weapon container, kita akan membutuhkan part penghubung yang sudah disediakan oleh pihak Bandai berupa part persegi panjang yang kemudian ditancapkan ke bagian atas dari part bahu Neo Zeong dilanjutkan bagian "kulit" ditancapkan ke part penghubung sehingga terlihat seakan terbuka. Pada awalnya gua berharap kalau mekanisme membuka weapon containernya sama seperti HGUC Dendrobium, yaitu dengan cukup dibuka tutup saja. Mungkin hal ini dilakukan oleh pihak Bandai karena dari segi engineeringnya ada besar kemungkinan dapat merusak proporsinya apabila dipasangkan sistem "buka tutup" seperti itu. Disamping itu pada bagian Weapon Container terdapat part female dengan ukuran yang cukup besar, part female ini digunakan untuk meletakkan moncong bazooka dari Sinanju sehingga pada saat terpasang akan terlihat seakan bazooka itu keluar dari weapon container Sinanju.

Detatchable Propellant Tanks
Tangki propelen dari Neo Zeong ini dapat dilepas dengan mudah, namun jika dilepas tentu akan membuat Neo Zeong menjadi lebih pendek, oleh karena itu pihak Bandai juga memberikan parts penyangga khusus untuk Neo Zeong dalam mode tanpa Propellant Tanks-nya. Tidak seperti part penyangga pada saat Neo Zeong menggunakan propellant tanksnya yang berbahan akrilik tebal berbentuk tabung, part yang diberikan oleh Bandai adalah plastik tebal berwarna abu-abu dengan ukuran yang lebih pendek tentunya. Secara pribadi gua lebih suka Neo Zeong tanpa Propellant Tanksnya, karena menurut gua bentuknya lebih proporsional dan lebih terlihat seperti Mobile Armor, dan sekilas juga mengingatkan gua pada Zeong tanpa kepala, LOL.

Open Side Binder
Pada bagian binder Neo Zeong (Bagian bahu-nya yang bentuknya panjang dan mengkerucut lancip) dapat dibuka untuk memperlihatkan detail  mekanis dari Psycho Shard Generator. Side Binder ini akan berperan penting sebagai penyangga Psycho Shard beserta Effect Partnya yang dijual terpisah (dan P-Bandai tentunya !)

Specially Designed Storage Box
Menurut gua ini adalah salah satu fitur yang penting dan jenius oleh pihak Bandai, karena tidak semua orang memiliki space kamar yang besar. Disini pihak Bandai memberikan box yang dirancang dengan sederharna yang berwarna dominan merah dengan ilustrasi Neo Zeong dalam angle close up ke Sinanju warna dan tulisan berupa nama produk dan logo Neo Zeon dengan warna putih. Box ini memiliki tujuan untuk menyimpan Neo Zeong kalian setelah selesai dipajang atau pada saat dipindahkan. Untuk memasukkan ke dalam box-nya, Neo Zeong dilepas menjadi beberapa komponen, dan melepasnya pun tidak perlu membutuhkan tenaga ekstra karena pihak Bandai memang merancang agar Neo Zeong bersifat fleksibel pada saat dilepas menjadi beberapa komponen.

CONCLUSION
Setelah kira-kira 4 hari lamanya merakit ini dan mengkutak-kutik model kitnya, gua bisa bilang kalau model kit ini adalah model kit yang sangat recommended bagi kalian yang mementingkan estetika, ukuran, dan perhatian dari orang yang sedang melihat kamar kalian (in a good way of course !), Ukurannya yang gigantis dengan warna yang menarik perhatian mata akan cepat mendapat atensi dari orang-orang yang sedang jalan melewatinya. Ini adalah model kit yang dirancang untuk menjadi pusat perhatian dimana dia diletakkan.

Namun jika kalian adalah orang yang mementingkan fitur dan playability, sebaiknya kalian bisa coba lihat Assault Kingdom Neo Zeong, karena jelas fitur yang diberikan pada model kit ini tidak selengkap yang ada di anime-nya atau pada deskripsi teknikalnya seperti jari tangan yang masing-masing memiliki artikulasi dan masing-masing jari dapat berubah menjadi mode senjata, kemudian part tangan ekstra yang ada dibalik skirt Neo Zeong yang dimana dalam anime-nya digunakan Full Frontal untuk menangkap Unicorn Gundam, dan yang terakhir halo effect yang ada diatas kepala Sinanju pada saat Neo Zeong dalam keadaan Standby (?).

Mungkin dari pihak Bandai sendiri juga memikirkan apabila mereka benar-benar membuat semua fitur itu terpasang dalam satu HG Neo Zeong, mau berapa harga yang akan dipasangnya ? dan apakah konsumen mau membeli dengan harga yang sudah dipatok yang tentunya akan lebih mahal dari harga yang dipatok sekarang ? Mungkin itu adalah salah satu faktornya, faktor harga. Yang kedua adalah apakah konsumen yang membelinya akan menggunakan semua fitur itu pada saat memajangnya ? Kalau gua pribadi tentunya tidak, karena tentunya akan makan tempat lagi. Oleh karena itu mungkin pihak Bandai menyaringnya dengan hanya memberi fitur yang paling krusial yang ada pada Neo Zeong

Namun tidak menutup kemungkinan juga kalau kedepannya Bandai akan merilis optional parts untuk Neo Zeong berupa parts yang gua sebutkan di paragraf sebelumnya, kalau kita lihat sebelumnya MG Turn A Gundam yang sudah berumur nyaris 9 tahun, kini dirilis optional partsnya berupa Moonlight Butterfly beserta Display Stand-nya. Who knows, tahun ini atau mungkin 5 tahun lagi Neo Zeong akan mendapat giliran dirilis optional partsnya, meski kemungkinan dijual dalam wujud P-Bandai, sama seperti optional parts sebelumnya, HGUC Psycho Shard

Untuk gua pribadi, karena gua adalah jenis orang yang menyukai jenis MS atau MA yang gendut, dan "gak napak". Jelas ini masuk dalam kriteria gua banget biarpun ini milik pihak antagonis, dan jujur ini adalah model kit pertama gua dalam skala 1:144 yang berjenis mono eye. Overall gua puas banget dengan model kit ini mulai dari segi proporsi dan fiturnya walaupun effort untuk menyelesaikannya cukup besar, but it's totally worth it. Sekarang yang jadi problem utamanya dimana gua bakal taro ini ? LOL

Beberapa Link Review Assault Kingdom Neo Zeong

Hacchaka | http://blog.livedoor.jp/hacchaka/archives/51942456.html#more

Hobisima Omocha | http://blog.livedoor.jp/hobisima-omocha/archives/42883999.html

1 comment:

Maseko Sakazawa said...

Wogh~ dah dapet sinanjunya sekalian.. dobel bazooka.. awesome..