Saturday, June 6, 2015

WIP : HG Neo Zeong + Detail Up the NZ's Sturm Booster !


Akhirnya setelah sekian lama dirakit juga monster ini yang gua simpen dari bulan Maret kemarin, ini semua dikarenakan sidang thesis gua diundur menjadi akir bulan ini...Dan semua kerjaan gua menyangkup thesis sudah selesai. Akhirnya gua putuskan untuk merakit ini. Disini gua mentargetkan Neo Zeong gua untuk terlihat seperti di manual book-nya, dan setelah gua cek...Yass ! calon-calon banyak maskingnya model kit ini biarpun ukurannya gigantis. Di hari pertama gua rakit ini, orang-orang rumah pun merespon dengan pertanyaan yang sama
"Mau ditaro mana say ?"

Good thing Neo Zeong ini mendapat semacam kotak yang dirancang khusus untuk meletakkan model kit ini, dan lebih mantapnya model kit ini bisa dipecah menjadi beberapa komponen dan memang disengaja oleh pihak Bandai agar dapat mudah dipecah menjadi beberapa komponen.


TORSO/COCKPIT
Bagian pertama tentunya adalah bagian torso/cockpitnya, dan jujur aja ngerakit bagian ini rasanya keras banget, ada beberapa part yang perlu ditekan sedikit menggunakan tenaga agar terpasang dengan rapi. Dan gua baru sadar rupanya bagian yang bisa keluar Bazooka-nya itu rupanya tidak dibuka model "flip" melainkan diubah menggunakan part tambahan agar bisa diubah dalam mode komponen senjata-nya terbuka. Mungkin ini disebabkan karena bentuknya yg melekuk-lekuk :/ 

SHOULDER/STURM BOOSTER
Setelah gua liat manualnya dan melihat part-nya...Sepertinya ini yang bakal jadi calon masking ribet. Kemudian setelah gua lihat-lihat lagi dan mengingat beberapa scene di Anime-nya, gua inget bagian Psycho Shard-nya (yang bentuknya setengah lingkaran warna abu-abu) itu warna kuning ketika Neo Zeong-nya sedang aktif. Akhirnya gua putuskan untuk warnai bagian dalam Psycho Shard tadi berwarna kuning, namun setelah gua liat kedalaman dan tipisnya bagian itu akhirnya gua putuskan untuk menggunakan metode lain, metode itu tak lain menggunakan stiker ! Dan ini adalah cara yang gua gunakan agar Psycho Shard-nya berwarna kuning seperti pada saat Neo Zeong aktif

Kalian akan membutuhkan satu lembar kertas stiker berwarna kuning, kalian bisa dapatkan itu di toko-toko buku atau alat tulis. Biasanya merek yang mengeluarkan kertas stiker yang sudah ada warnanya itu mereknya Asturo. Setelah itu tentu kalian akan membutuhkan cutter, penggaris, dan cotton bud untuk membantu proses pengaplikasian stikernya

Dalam kertas stiker, buat garis berukuran panjang 12cm, dan lebar 0.2cm sebanyak 4 buah. Usahakan buat garisnya dibelakang agar hasilnya lebih rapi. Setelah itu potong dengan hati-hati dan tanpa tekanan menggunakan cutter

Setelah itu tempelkan ke bagian yang dimaksud tadi perlahan-lahan menggunakan tusuk gigi, kemudian jika posisinya sudah benar, tekan hingga tertempel erat dengan menggunakan cotton bud yang ujungnya berbentuk kerucut

Kira-kira ini adalah hasil jadinya ketika sudah ditempelkan dengan menggunakan stiker tadi :). Mungkin akan lebih bagus jika kalian bisa mendapat jenis stiker yang berwarnan kuning metalik atau gold agar terlihat lebih mantap




No comments: