Saturday, June 20, 2015

Side G Review : MC Model, 1:144 Scale Penelope Gundoom

BASA-BASI
Brand MC Model sudah terkenal dikalangan komunitas penggemar model kit Gundam sebagai salah satu produk non Bandai yang memiliki kualitas baik yang kualitas bahannya nyaris mendekati dengan brand Bandai sendiri, namun produk-produk dari brand MC Model sendiri tidak frontal langsung menjiplak produk yang sudah diproduksi Bandai, namun mereka mengambil contoh desain dari salah satu model kit Gundam yang sudah pernah dirilis oleh pihak Bandai yang kemudian oleh pihak MC Model di produksi menjadi "versi mereka" dan biasanya memiliki kecenderungan buatan pihak MC Model jauh lebih mantap dibanding versi Bandainya baik dari sisi proporsi maupun gimmick yang diberikan oleh pihak MC Model. 

Tahun lalu kita dikejutkan oleh pihak MCModel dengan model kit yang dirilisnya, yaitu Xi Gundoom dan menurut opini gua pribadi model kit Xi Gundoom ini cukup memuaskan di ulasan gua sebelumnya tentang MC Model Xi Gundoom. Tahun ini pihak MC Model berhasil membuat kita penggemar Gundam panik dengan dirilisnya model kit Penelope Gundam yang dimana merupakan lawan dari Xi Gundam yang ada di cerita Novel Hathaway Flash, seakan pihak MC Model menjawab semua doa-doa dari kita penggemar Gundam yang doanya belum dikabulkan oleh pihak Bandai, walau beberapa bulan kemudian pihak Bandai mengumumkan akan merilis Robot Damashii Penelope Gundam dengan harga yang sangat fantastis dan dijual lewat Tamashii Webshop tentunya.          

UNBOXING
(Klik gambar untuk melihat lebih jelas :))
 Satu hal yang langsung gua tanggapi ketika melihat kemasannya langsung di depan mata gua adalah ukurannya, ukurannya kemasannya besar dan tebel banget untuk model kit ukuran standar 1:144 ! mungkin kalau dibandingkan dengan ukuran model kit buatan Bandai, bisa nyaris seukuran dengan kemasan PG OO Raiser. Ok, jadi dimulai dari sisi depan kemasan kita bisa melihat ilustrasi Penelope Gundam dalam angle close up dengan background ledakan dibelakangnya kemudian kita bisa melihat nama produk beserta deskripsi singkat mengenai Gundam ini, pada bagian pojok kiri dan kanan pada sisi depan kemasan kita bisa melihat dua logo MC Model, sebelah kiri adalah logo MC Model yang biasa kita lihat dan kenal, kemudian sebelah kanannya adalah logo dari MC Model juga, hanya saja lebih terlihat modern dan "techy". Pada bagian bawah kanan dari sisi depan kemasan kita bisa melihat logo kategori dari model kit ini dengan nama High Grade Comperehend 1:144. Pada sisi belakang kemasan kita dapat melihat model kit Penelope Gundam yang sedang melaju terbang dengan background Xi Gundam dibelakangnya yang dimanipulasi secara digital. Pada bagian atas kemasan kita bisa melihat nama produk dengan ukuran font yang sangat besar dan bold dengan background warna biru dan grafik yang bernuansa "techy", kemudian dibagian tengahnya terdapat handle untuk mempermudah membawa kemasan ini. Pada sisi kanan dan kiri kemasan kita bisa melihat hasil jadi dari model kit ini yang sudah di cat dengan professional lewat potongan-potongan foto yang dirancang dengan baik.

Ketika kemasan dibuka kita akan melihat bahwa kemasan ini rupanya dilapisi lagi oleh beberapa styrofoam tebal sebanyak 3 lapis, dan sekilas mengingatkan gua sama kemasan-kemasan megazord tahun 90an yang masih menggunakan styrofoam untuk melindungi figure dari benturan. Namun setelah diperhatikan lagi, rupanya pihak MC Model memang sengaja melapisinya dengan styrofoam karena banyak part-part dari model kit ini yang bentuknya melengkung2 dalam ukuran yang besar untuk sebuah model kit skala 1:144. Didalam kemasan ini kita akan mendapat 27 runner, selembar waterslide decal, selembar foil sticker, dan manual book yang cukup tebal untuk merakit ini.

REVIEW
Ketika selesai merakit, kita akan mendapat 1 model kit full Penelope Gundoom dengan beam riffle, 2 pasang manipulator dalam variasi mengepal tangan dan tangan terbuka, 2 pasang beam saber dengan 2 variasi, beberapa parts yang digunakan untuk merubah penelope menjadi Odyseus Gundam, dan yang terakhir tentunya adalah sebuah display stand transparan yang dapat menopang effect part berupa kumpulan hexagonal yang sama persis seperti effect part yang didapat di MC Model Xi Gundoom sebelumnya. Model kit ini memiliki tinggi sama persis dengan model skala 1:100 pada umumnya, jadi jika dibandingkan dengan model kit 1:144 kalian, ini adalah salah satu model kit yang berukuran besar. Model kit ini memiliki warna dominan putih, biru, merah, dan kuning, dengan sedikit warna abu-abu tua sebagai warna frame-nya. 

Disini gua merasakan pihak MC Model melakukan beberapa improvement jika dipatok dari keluaran sebelumnya yaitu Xi Gundoom. Basis badan dari Penelope masih ada kesamaan dengan basis badan yang digunakan oleh pihak MC Model saat memproduksi Xi Gundoom karena ada beberapa proses snapfit yang terasa familiar. Di review sebelumnya mengenai MC Model Xi Gundoom gua sempat menyinggung kalau gua mendapat keluhan dibagian pinggangnya karena sedikit lemah/letoy, dan sepertinya bukan gua aja yang mengalami keluhan seperti itu, disini pihak MC Model memperbaikinya dengan memberi part kecil di pinggang belakang untuk mengatasi kelemahan itu, jadi tentunya model kit ini akan sedikit lebih stabil dibanding pendahulunya.
Dari segi artikulasi, jujur aja penelope nyaris tidak memiliki artikulasi dikarenakan armor-armor besar yang menutupi tubuhnya membuat dia tidak bisa bergerak luwes. Namun pada saat menjadi Odyseus dia memiliki artikulasi standar HG 1:100 taun 90an, so don't expect a good articulation for this kit.

Untuk fitur dari model kit ini tentunya Penelope yang bisa dilepas armornya dan dengan menggunakan 2 jenis parts berupa part thruster di punggung dan sepasang part yang dipasang dibagian torso untuk disambungkan ke part lengan untuk menjadi Odyseus Gundam. Sedikit informasi tambahan, amor untuk menjadi penelope tidak bisa diruban menjadi bentuk pesawat. Kemudian kita mendapat sebuah display stand yang sama persis dengan display stand yang didapat dari Xi Gundoom dengan effect part hexagonal yang dapat dikreasikan sesuai keinginan pemiliknya.

CONCLUSION
Setelah mengevaluasi model kit ini, gua berani bilang MC Model telah improve dengan baik dan model kit ini adalah salah satu buktinya walaupun dia menggunakan basis dari model kit keluaran sebelumnya, namun disamping improvement dari MC Model ada beberapa flaws yang menurut gua kedepannya bisa diperbaiki oleh mereka. Beberapa keluhan terbesar gua dari model kit ini adalah model kit ini terlalu fragile untuk digerakkan, karena setiap gua ingin menggerakannya setidaknya ada parts yang berjatuhan. Kemudian model kit ini masih membawa "penyakit" produk MC Model sebelumnya (Xi Gundoom) yang dimana parts "kulit" paha dan lengan masih memiliki gap mau sekeras apapun kita merekatkannya. 

Menurut opini pribadi, jika kalian adalah hardcore fans dari MS seri Hathaway Flash tanpa memikirkan artikulasi, ini cukup worth the price. Namun jika kalian memang mengejar kualitas, fitur lengkap, dan artikulasi dinamis, mungkin kalian akan lebih tertarik dengan Robot Damashii-nya

No comments: