Thursday, July 23, 2015

One Day Trip in Akihabara

Akihabara memang dikenal sebagai pusat elektronik dan merchandise anime jepang dikalangan komunitas penggemar anime seluruh dunia, dan memang...sehari mengeksplor Akihabara menurut gua kurang cukup, karena area ini luas sekali dan masing-masing gedung ada keunikannya tersendiri. Karena ketertarikan gua lebih mengarah ke superhero dan robot jepang, jadi dokumentasi gua lebih mengarah kesana di postingan ini. Namun segitu besarnya daerah Akihabara, menurut gua terdapat beberapa tempat yang memang HARUS didatangi, dan menurut gua tempat itu adalah Yodobashi Akiba, Tamashii Nation Showroom, dan Mandarake.

Yodobashi Akiba
Terletak tepat di sisi kiri pintu exit stasiun kereta, tempat ini mungkin sering kalian dengar jika kalian biasa ke Youtube melihat dokumentasi orang yang kesini, seperti Rrobert184 . Ini kasarnya adalah starter pack orang yang ke Akihabara untuk beli figur/merchandise anime, karena didalam gedung ini kalian bisa mendapatkan barang-barang mulai dari elektronik hingga merchandise anime/superhero jepang dengan harga dibawah retail price yang tercantum di kemasannya. Bagian mainan ada di lantai 6 dan di lantai ini terbagi menjadi 3 bagian, bagian CD/DVD/BD, Model Kit, dan Figure. Salah satu bagian yang membuat tempat ini menarik adalah di beberapa tempat terdapat pojok "Touch & Try" yang dimana memperbolehkan calon pembeli mencoba "memainkan" produk yang akan dibeli. Namun ini hanya berlaku pada produk-produk seri superhero Jepang seperti Kamen Rider dan Sentai. Namun bagi kalian yang gemar dengan superhero Jepang, ini adalah salah satu tempat yang perlu kalian kunjungi jika kalian sedang berencana untuk membeli figur-figur bertemakan Kamen Rider dan Sentai terbaru, khususnya jika kalian berencana untuk beli DX. Disamping itu, di tempat ini juga terdapat beberapa display figur dari line Tamashii Nation baik yang sudah dirilis maupun yang akan dirilis dalam waktu dekat. Sedikit tips jika kalian sedang mencari candy toys disini coba tanyakan ke kasir dulu karena kadang produk yang dijual ada di belakang kasir. It happens to me saat gua mencari candy toys disana, di bagian rak candy toys tidak ada sama sekali, namun begitu gua ke kasir...yang gua cari ada semua disana.

Lokasi Yodobashi Akihabara : http://www.sunnypages.jp/travel_guide/tokyo_electronics/consumer_electronics/Yodobashi+Camera+Multi+Media+Akiba/1920

Tamashii Nations Showroom Akihabara
Terletak di lorong bawah menuju distrik elektronik Akihabara, disini adalah tempat dimana kalian bisa melihat produk-produk dari line Tamashii Nations baik yang sudah dirilis maupun yang akan dirilis, baik yang regular release maupun Tamashii Webshop Exclusive. Namun disini kalian tidak bisa membeli produk, karena tempat ini hanya bertujuan untuk memamerkan produk-produk yang dijualnya.

Distrik Elektronik Akihabara
Disinilah daerah Akihabara sesungguhnya yang bikin orang panik. Distrik ini dipenuhi dengan gedung-gedung yang menjual merchandise anime, superhero jepang, dan peralatan elektronik juga. Di distrik ini juga tempat berkumpulnya beberapa toko terkenal seperti Softmap, Yellow Submarine, Mandarake Shop, Gundam Cafe, dan AKB48 Cafe. Di distrik ini kalian akan sering menemukan banyak toko yang didalamnya terdapat beberapa baris etalase dengan beragam figur/cd/buku didalamnya. Barang-barang itu bisa dibeli sesuai dengan harga yang tercantum, dan biasanya barang-barang yang didalamnya yg dijual adalah barang yang sudah berumur atau limited edition. Yang menjual barang-barang didalam etalase itu bukanlah si pemilik toko, melainkan orang-orang yang menyewa etalase tersebut untuk memperjualbelikan barang-barangnya. Seperti yang gua bilang sebelumnya, toko seperti ini akan sering kalian jumpai di Akihabara.

Mandarake 
Masih di dalam distrik Akihabara, kalian akan menemukan Mandarake Shop yang memang letaknya sedikit terhimpit dengan toko lain. Toko ini menjual segala macam figur, aksesoris anime, dan buku. Mulai dari yang masih dalam kondisi masih tersegel hingga 2nd hand. Jika kalian ke Akihabara untuk mencari produk spesifik yang kalian cari yang sudah berumur atau limited edition, khususnya figur dan model kit. Gua sarankan untuk langsung kesini karena gua pun mendapat apa yang selama ini gua cari disini. Jika kalian penggemar Gundam, disini adalah tempat dimana kalian bisa mendapat model kit Gundam jenis P-Bandai, Figur Robot Damashii, dan MSiA baik reguler maupun Tamashii Webshop dengan pilihan yang sangat beragam disini dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Jika kalian penggemar DX dari seri Kamen Rider dan Sentai, disini juga dijual dengan berbagai macam variannya mulai dari yang paling lama hingga yang terbaru seperti DX dari seri Nininger atau Drive. Disini gua tidak banyak mendokumentasikan apa yang ada didalamnya karena disana agak sempit, remang, dan banyak orang lalu lalang saat itu.

Lokasi Mandarake Akihabara : http://www.mandarake.co.jp/en/shop/cmp.html


Gundam Cafe
Kafe bertemakan Gundam ini bisa kalian temukan dekat stasiun kereta. Seperti namanya, kafe ini menyediakan makan dan minum bertemakan Gundam. Salah satu makanan yg terkenal di Gundam Cafe ini adalah kue yang yang berisi custard cream yang bentuknya menyerupai Gundam RX-78-2. Disamping itu di Gundam Cafe ini juga menyediakan souvenir shop kecil yang menyediakan snack, asesoris, stationery, hingga trading figure dan gashapon terbaru yang bertemakan Gundam. Gaya Interior dalam cafe ini tentu saja dihiasi dengan atribut yang bertemakan Gundam, mulai dari hiasan dinding, hingga toiletnya pun bertemakan Gundam. Tidak lupa juga dengan pelayannya yang menggunakan kostum bertemakan Gundam yang dengan ramah (dan sabar) melayani pengunjungnya.

Lokasi Gundam Cafe Akihabara : http://g-cafe.jp/english/

Belanjaan ?
Untuk belanjaan disana, semakin gua biasa kesana, gua pun cari yang bener-bener gua pengen dan yang disini gak ada atau susah nyarinya. Dan ya..."bom" gua dari belanjaan gua kali ini adalah HGUC Psycho Shard untuk Neo Zeong gua. Gua mengalami kesulitan nyari ini disini, mungkin karena peminat effect part ini gak banyak. Untungnya disana gua dapat dengan harga yg terjangkau :'). Dan penemuan yang paling konyol yang gua beli adalah HG Gundam Ver.G30th Green Tokyo dan FG Gundam Exia Roll Out Color dengan harga total keduanya dibawah 1000 yen (kurang lebih 1000 Yen = IDR 120.000), dan masih dalam kondisi belum dirakit !

No comments: