Saturday, July 25, 2015

Side G Review : Assault Kingdom EX05 Unicorn Gundam Full Weapon

BASA-BASI
Ini adalah figure Assault Kingdom seri EX yang gua tunggu-tunggu semenjak figure ini di announce beberapa bulan yang lalu. Gua mendapati ini saat kemarin jalan-jalan ke Akihabara dan untungnya masih ada dan belum habis di toko-toko hobby retail. Yang membuat figur ini menarik adalah Figur ini memiliki semua senjata yang digunakan Unicorn Gundam mulai dari beam riffle hinga persenjataan yang terpasang pada Full Armor Mode-nya. Disamping itu figur ini mendapat senjata-senjata varian dari Unicorn Gundam sehingga Unicorn Gundam dapat menggunakan senjata-senjata yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya di serial TV dikarenakan senjata tersebut digunakan oleh varian Unicorn Gundam yang lain (Banshee, Banshee Norn, Phenex). Sebelum ini di announce tadinya gua berpikir kalau pihak Bandai akan merilis varian Unicorn Gundam yang beragam di setiap volume-nya, rupanya gua keliru dan justru memberikan ini yang dimana menurut gua lebih baik, walau dipikir-dipikir jarang sekali pihak Bandai merilis figur dengan Full Set tanpa harus beli "expansion pack"-nya yang biasanya dijual terbatas. Assault Kingdom EX Unicorn Gundam adalah lini figur jenis EX yang kelima setelah Assault Kingdom Kshatriya Repaired. Harga retail dari figur ini adalah 2400 Yen atau sekitar IDR 280.000 jika di rupiahkan.

UNBOXING
(Klik gambar dibawah masing-masing untuk melihat lebih jelas :))
Dimulai dari kemasannya yang overall bernuansa hijau tosca yang mengikuti warna psycho frame dari Unicorn Gundam, pada sisi depan kemasan kita bisa melihat cover art dari kemasan ini yang menunjukkan figur ini yang sudah di permak menggunakan sentuhan digital dengan background Unicorn Gundam secara close up dan judul dari lini figur ini pada sisi atas kanan cover art kemasan, kemudian pada bagian bawah kita bisa melihat nama dari figur ini dilanjutkan dengan nama brand yang memproduksi mainan ini dengan tahun pembuatannya dan logo dari itu Bandai sendiri. Pada sisi kanan kemasan kita bisa melihat foto figur Unicorn Gundam dengan penjelasan tinggi dari figur ini sebelum dipasangi Full Armor parts-nya dilanjutkan dengan judul dari lini figur ini dan link website untuk melihat katalog candy toys serial Gundam. Pada sisi kiri kemasan kita bisa melihat logo Vist Foundation dilanjutkan dengan judul dari lini figur ini dan link website untuk melihat katalog candy toys serial Gundam. Kemudian pada sisi belakang kemasan kita bisa melihat preview dari semua fitur yang ditawarkan dari figur ini berupa potongan-potongan gambar yang difoto dengan profesional. pada sisi atas kemasan kita melihat figur Unicorn Gundam Full Armor secara close up yang dilanjutkan dengan judul dari lini produk dan nama dari figur ini.

Ketika kemasan dibuka kita akan mendapatkan 3 lembar plastik yang masing-masing berisi komponen-komponen yang digunakan untuk membangun figur ini menjadi figur utuh. Didalam plastik terdapat beberapa komponen yang masih tertanam dalam sebuah runner sehingga perlu dipotong menggunakan nipper/tang potong. Kemasan yang sudah dibuka dapat disobek mengikuti pola potongan untuk melihat petunjuk penggunaan dari figur ini.

REVIEW
(Klik gambar dibawah masing-masing untuk melihat lebih jelas :))
Figur ini memiliki tinggi standar figur Assault Kingdom pada umumnya, yaitu 8.5 cm (sebelum dipasangi persenjataannya). Figur ini memiliki warna dominan putih, tosca, abu-abu metalik, dan emas yang mewarnai seluruh tubuhnya dari kepala sampai kaki dengan warna abu-abu tua sebagai warna persenjataannya secara mayoritas. Figur ini memiliki beberapa perbedaan dengan figur Assault Kingdom Unicorn Gundam Destroy Mode yang ada pada volume kedua dari line figur Assault Kingdom. Yang membedakannya disamping warna tentunya adalah pada bagian backpack figur ini terdapat part male untuk mengganti-ganti jenis backpack-nya, kemudian pada bagian kaki figur ini terdapat part female yang nantinya digunakan untuk meletakkan part hand grenade, dan yang terakhir adalah pada beberapa bagian dari figur ini memiliki part yang lebih tajam dibanding figur pendahulunya. Untuk aksesoris dan persenjataan yang dimilikinya, figur ini memiliki persenjataan yang sangat banyak, diantaranya adalah :

WEAPON PARTS
1. Default : Beam Magnum (x1), Beam Tonfa (x2)

2. Plan Full Armor Mode parts : Bazooka (x2), Hand Grenade (x4), Missile Launcher (x2), Gattling Gun (x3), Unicorn Destroy Mode Shield (x3), Propellant Tank (x2), Backpack Unit (x1), Unicorn Mode Shield (x1), Beam Javelin (x1)

3. Plan Banshee Parts : Armed Armor BS (x1), Armed Armor VN (x1)

4. Plan Banshee Norn Parts : Armed Armor VC Backpack (x1), Beam Magnum w/ Revolving Launcher (x1)

5. Plan Phenex Parts : Armed Armor DE (x2), Backpack Unit (x1)

ACCESSORIES
Extra Manipulator (x2 pasang)
Base Jabber (x1)
Base Jabber Stand (x4)
Display Stand (x2)
Shield Funnel Mode Option Parts (x1)

Seperti yang gua bilang sebelumnya, figur ini dapat membuat Unicorn Gundam menggunakan persenjataan dari variannya seperti Banshee, Banshee Norn, dan Phenex. Namun tentunya figur ini juga dapat membuat Unicorn Gundam menjadi Full Armor Unicorn Gundam Plan B. Disamping itu manipulator dari figur ini mampu mereplikasikan aksinya yang ada di OVA-nya pada saat bertarung dengan Neo Zeong (telapak tangan mirip pose kungfu) dan pada saat membuat Psycho Field (telapak tangan terbuka), dan tentunya figur ini dilengkapi dengan part yang memungkinkan ketiga shield funnel dari Unicorn Gundam dapat menyatu.

Base Jabber yang ada pada figur ini dapat meletakkan seluruh persenjataan Full Armor Unicorn Gundam dan dapat berlaku sebagai display stand dari figur ini ketika komponen Full Armor terpasang sepenuhnya ke figur ini.
Note : Display Stand hexagonal yang berwarna biru transparan dan putih transparan tidak termasuk dalam figur ini.

Untuk artikulasi, figur ini masih memiliki artikulasi yang sama dengan figur Assault Kingdom Unicorn Gundam Destroy Mode dari Volume 2 yang dimana figur ini sangat fleksibel sehingga dapat melakukan pose-pose dinamis dan pose-pose ikonik yang terdapat di serial anime-nya. Dari segi warna dan detail, jika dibandingkan dengan figur pendahulunya figur ini memiliki kualitas paintjob yang lebih terkontrol dan memiliki detail yang sedikit lebih baik.

CONCLUSION
Tanpa ragu-ragu, gua sangat puas dengan figur ini. Yang pertama tentunya karena playability dari figur ini sangat tinggi dikarenakan persenjataan dan aksesoris dari figur ini yang lengkap sekali sehingga mendorong pemiliknya untuk mengkreasikan figur ini menggunakan persenjataan dan aksesoris yang disediakan. Kemudian dengan harga yang terbilang cukup terjangkau kita mendapat semua yang kita harapkan dari figur ini. Kemudian figur ini sangat ramah dengan space untuk mendisplay mengingat semua varian Full Armor Unicorn Gundam baik HG hingga PG cukup menghabiskan space yang cukup besar untuk mendisplay satu model kit utuh. Menurut gua yang masih bisa ditingkatkan kualitasnya adalah paintjob dan detail dari figur ini. Namun karena jenis figur ini termasuk dalam kategori Candy Toys jadi gua cukup mengerti kalau detail dan paintjob yang diberikan memang belum maksimal dari figur ini. Jika kalian adalah penggemar Unicorn Gundam atau varian-variannya, gua sangat merekomendasikan untuk memiliki figur ini. It's affordable and you get what you expect from this figure ! It's totally worth the price ;)

No comments: