Tuesday, July 7, 2015

Side G Review : Metal Build Freedom Gundam

BASA-BASI
Setelah disimpan nyaris setaun lamanya karena alasan belum dapat tempat yang memadai untuk mendisplay figur ini, akhirnya gua buka juga setelah mendapat tempat yang memadai untuk mendisplaynya. Figur ini gua dapat saat sedang berlibur di Osaka tahun lalu, dan saat itu Metal Build Freedom memang masih belum terlalu langka karena di saat gua disana figur ini baru beberapa minggu dirilis disana dan untungnya gua mendapat harga yang tentunya lebih terjangkau. Metal Build Freedom Gundam yang gua miliki adalah keluaran kedua yang dimana dalam keluaran kedua ini terdapat sedikit revisi oleh pihak Bandai dibagian decal pada part skirt kirinya yang dibuat menjadi lebih akurat ke serial animasinya.

METAL BUILD INTRODUCTION
Seri Metal Build adalah figur yang ditawarkan oleh pihak Bandai dengan kualitas yang sangat tinggi dan menargetkan kolektor figur robot dan kolektor figur gundam sebagai target marketnya dengan harga premium. Yang membuat seri figur ini menarik adalah desain proporsi figur yang dibuat cenderung keluar dari proporsi yang biasa dilihat di serial anime-nya namun masih terlihat sangat atraktif di mata. Disamping itu, seluruh engsel tubuh dari figur ini hampir dipenuhi dengan bahan besi sehingga mereka yang memiliki figur ini tidak perlu takut akan membuat figur ini menjadi loyo dalam waktu singkat. Dan yang terakhir tentunya adalah quality control yang diberikan dari seri figur ini sangat ketat sehingga kemungkinan untuk mendapat figur dengan paintjob yang janggal sangatlah tipis. Hingga saat ini sudah ada beberapa figur Metal Build yang dirilis, dan figur yang terkenal dari serial ini adalah OO Gundam beserta variannya dan Destiny Gundam. Keduanya terkenal langka dan yang paling banyak diminati oleh kolektor. 

UNBOXING
(Klik gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
Pertama yang gua rasakan begitu melihat kemasannya adalah, kemasannya sedikit mengingatkan gua pada kemasan DX Megazord yang tinggi namun tidak terlalu tebal. Pada bagian depan kemasan kita bisa melihat Figur Metal Build Freedom Gundam dalam pose sayap terbuka lebar mengisi satu bidang cover Art dari kemasan ini dengan background putih yang juga diisi dengan line art Freedom Gundam, kemudian kita bisa melihat nama line figur Metal Build dengan warna merah metalik pada sisi kiri dilanjutkan dengan keterangan production staff yang terlibat dalam pembuatan figur ini dalam kanji jepang. Kemudian kita bisa melihat logo Gundam Seed dilanjutkan nama karakter dari figur tepat di sisi bawah. Dalam Cover Art juga kita bisa melihat bahwa figur ini dirilis pertama kali pada tahun 2012. Pada sisi belakang kemasan kita bisa melihat fitur yang ditawarkan dari figur ini dalam format kumpulan foto yang sudah difoto dengan professional dan pada sisi atas kita bisa melihat sedikit data dari karakter ini baik dalam bahasa inggris maupun dalam bahasa jepang.

Ketika kemasan dibuka kita akan melihat styrofoam tebal yang ditutupi dengan karton coklat dalam keadaan tersegel dengan manual yang terlampir untuk figur ini yang juga masih dalam keadaan tersegel. Setelah segel dibuka kita akan melihat figur dalam beberapa komponen yang masing-masing komponennya masih tersegel dengan baik di dalam plastik dan diletakkan didalam styrofoam dan pvc.

REVIEW
(Klik gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
Ketika selesai dipasang menjadi figur utuh, figur ini memiliki tinggi kira-kira 18 cm, dengan skala yang sebelumnya gua sebutkan sebelumnya yaitu 1:100. Figur ini memiliki warna dominan abu-abu muda, tua dan biru dengan warna hitam, merah, silver dan biru muda sebagai warna lain yang mewarnai tubuh dari figur ini dari kepala sampai kaki. Proporsi dari figur ini terlihat langsing namun dalam waktu yang sama figur ini juga terlihat solid dan atletis. Kualitas warna yang diberikan dari figur ini tidak perlu diragukan lagi sangat rapi dan detil, dan dilihat dari format warna figur ini gua berani bilang kalau patokan warna yang memiliki beberapa turunan yang ada pada figur ini terinspirasi dari warna Real Grade agar terlihat lebih realistis dan detil. Figur ini juga diisi dengan beberapa decal berupa nama, aliansi, dan logo aliansi dari figur ini. Seluruh engsel yang digunakan untuk menggerakkan figur ini berbahan besi sehingga kalian tidak perlu cemas untuk membuat figur ini menjadi loyo dalam waktu singkat. Untuk aksesoris yang diberikan, kalian akan mendapat 1 beam riffle, 1 shield, 4 pasang manipulator yang berbahan karet, sepasang beam untuk beam saber, dan satu display standbase yang dimana bentuk penopang figurnya sedikit mirip dengan penopang figur dari action base 1. Display Base dari figur ini juga terbilang unik karena grafik yang ada pada display base ini berupa catapult launcher dengan warna abu-abu dan putih
Untuk artikulasi yang ditawarkan dari figur ini, figur ini memiliki artikulasi yang sangat fleksibel sehingga peluang kalian untuk menciptakan figur ini dengan pose-pose yang dinamis sangat mudah untuk direalisasikan pada figur ini, dan jika kalian mematokkan artikulasi figur ini dengan artikulasi model kit Master Grade-nya, kalian bisa berharap lebih ke figur ini. Figur ini juga cukup kokoh untuk menopang pose-pose yang kalian inginkan dikarenakan engsel-engsel dari figur ini berbahan besi sehingga cukup kokoh untuk menopang pose-pose yang dinamis tanpa perlu khawatir figur akan loyo dalam waktu singkat. 

Fitur-fitur yang ditawarkan dari figur ini pun hampir sama dengan semua fitur yang ada di serial anime-nya dan pihak Bandai berhasil mereplikasikannya ke dalam figur ini dengan baik. Dimulai dari persenjataannya, Rail Gun yang ada di pinggang dapat dipanjangkan dan dijadikan ke mode senjata, pada bagian rail gun terdapat dispenser Beam Saber, Beam Saber dapat digunakan sebagai mode senjata dengan memasangkan beam-nya yang sudah tersedia dan juga kedua beam saber bisa disatukan menjadi twin beam saber, untuk membuat figur ini dapat terlihat mantap dengan beam saber-nya pihak Bandai menyediakan sepasang manipulator khusus untuk figur ini agar dapat memegang Beam Saber dengan baik. Disamping itu canon yang ada pada sayap figur ini dapat dikeluarkan baik dalam wujud sayap normal, maupun dalam mode Hi-MAT-nya (sayap terbuka lebar), jadi jika kalian ingin mereplikasikan pose Hi-MAT Full Burst Mode-nya, figur ini dapat mereplikasikan pose itu dengan baik. 

Disamping itu ada beberapa gimmick yang ditawarkan oleh Bandai, beberapa gimmick itu adalah part bahu bawah yang dapat dibuka untuk menunjukkan frame dari bahu figur ini yang berbahan besi, disamping itu bagian skirt dari figur ini dapat ditekuk keluar, dan jika cannon pada sayap tidak dikeluarkan, terdapat sistem pengunci male-female yang terletak di sayapnya yang bertujuan agar cannon tadi terkunci dengan baik pada saat sedang tidak digunakan. Kemudian pada bagian thruster backpack, thruster dapat dinaikkan keatas, hal ini bertujuan untuk memperlihatkan part female yang dapat digunakan untuk dipasangkan ke display stand. Dan yang terakhir adalah pada bagian kaki, terdapat part yang apabila ditekuk keluar akan memperlihatkan thruster di kaki-nya.

CONCLUSION
Seperti pepatah lama yang menyebutkan "Ada harga, ada kualitas" Tidak perlu diragukan lagi kalau figur ini adalah figur yang memiliki kualitas yang sangat baik, dan jujur ini adalah action figure premium pertama gua dengan bahan besi dan gua sangat puas dengan semua yang ditawarkan dari figur ini mulai dari proporsinya sampai kualitas paintjob yang diberikannya. Pihak Bandai sepertinya sangat maksimal dalam pembuatan figur ini, sejauh ini komplain gua dari figur ini adalah dia sulit untuk berdiri tegap tanpa display base, mungkin hal ini dikarenakan dia cukup berat di sayap, namun mungkin itu adalah salah satu antisipasi dari pihak Bandai menyediakan Display Base khusus untuk figur ini. Penggemar Gundam SEED dan Freedom Gundam akan sangat puas dengan figur ini, gua sangat merekomendasikan bagi yang sedang berencana untuk beli figur ini untuk go for it ! sebelum statusnya berubah menjadi barang langka lagi

2 comments:

Unknown said...

Harganya berapa gan

Ludov06 said...

Dulu gak beli disini bro, waktu itu beli di Osaka sekitar 13.000 yen :)