Tuesday, July 28, 2015

Side G Review : HGUC 1:144 Psycho Shard

BASA-BASI
Saat selesai bikin HGUC 1:144 Neo Zeong, gua merasa memang ada yang masih kurang dari Neo Zeong biarpun sekalinya ukurannya yang super fantastis besarnya (emang dasar ya anak serakah !) akhirnya gua pun coba-coba lihat review Effect Part dari Neo Zeong ini dan semakin gua melihat, semakin tinggi gairah di hati untuk beli Effect Part dari Neo Zeong. Namun sayangnya gua mendapatkan kesulitan mencari orang yang menjual effect part ini di Indonesia, padahal umurnya belum setahun semenjak dirilis kalau difikir-fikir. Untungnya saat beberapa minggu yang lalu gua berkunjung ke Akihabara gua mendapatinya dengan harga yang cukup terjangkau :')

UNBOXING
(Klik gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
Dimulai dari kemasannya, tipikal kemasan Premium Bandai yang berwarna monotone. Pada bagian cover art dari kemasan ini kita bisa melihat Neo Zeong dalam wujud model kit yang di edit dengan profesional yang menggunakan Psycho Shard (Nama Effect Partnya) baik dari sisi depan dan sisi belakang dengan sisi depan yang ukurannya cenderung lebih besar, kemudian pada cover art-nya kita bisa melihat nama dari produknya yang lumayan panjang, dilanjutkan nama produk dalam tulisan kanji tepat dibawah tulisan nama produk. Kemudian pada sisi kiri atas kita bisa melihat label HGUC dan logo Gundam UC, dan pada sisi bawah kanan cover art kita bisa melihat logo Bandai, dilanjutkan tahun produksi dan sedikit penjelasan singkat produk dalam bahasa kanji. Pada sisi bawah kemasan kita bisa melihat sekilas hasil jadi dari effect part yang sudah dipasangkan ke HGUC Neo Zeong dengan sedikit penjelasan mengenai produknya. kemudian pada sisi atas kemasan kita bisa melihat part dari Psycho Shard yang masih dalam wujud kumpulan-kumpulan komponen, dilanjutkan dengan barcode yang bisa di scan di smart gadget, kemudian beberapa paragraf penjelasan produk dalam huruf kanji. Pada sisi kanan dan kiri kemasan kita bisa melihat semacam grafik yang "diringkas" dari cover art kemasan Psycho Shard dengan tambahan berupa alamat website untuk melihat produk lainnya yang sejenis. Ukuran kemasan memiliki kesamaan ukuran kemasan HGUC pada umumnya yang cenderung tebal dan format cover art lebih cenderung landscape.

Ketika kemasan dibuka, kita akan mendapat 10 runner dalam ukuran yang besar, dilanjutkan dengan manual untuk merakit Psycho Shard itu sendiri

PSYCHO SHARD BUILDING PROCESS
(Klik gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
Proses merakitnya pun terbilang cepat dan mudah, karena pada dasarnya kita seperti merakit portable hoola hoop. Ketika selesai kita akan mendapatkan sebuah effect part terbesar yang pernah diciptakan oleh pihak Bandai (kayaknya) dengan ukuran diameter kira-kira 50+ cm mengikuti lebar dari HGUC Neo Zeong sendiri.

REVIEW
(Klik gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
Ketika selesai kita akan mendapatkan sebuah effect yang ukurannya sama dengan lebar Neo Zeong. Psycho Shard memiliki warna dominan kuning dan abu-abu tua sebagai warna dasarnya. Pada bagian lingkaran kuningnya terdapat pola hexagonal yang mengisi lingkaran tersebut yang sangat akurat dengan yang di serial OVA-nya pada saat Neo Zeong merilis Psycho Shardnya. Psycho Shard ini memberikan 2 mode yang dapat diciptakan pada saat terpasang di Neo Zeong. Yang pertama adalah mode pada saat tiang-tiang Psycho Shard dikeluarkan, dan yang kedua adalah mode pada saat Neo Zeong mengaktifkan Psycho Shard yang dimana dalam mode ini part lingkaran kuning digunakan. Pada saat Psycho Shard digunakan dalam manualnya diinstruksikan untuk membuat Neo Zeong dalam mode propellant tank-nya dilepas, namun dalam mode saat terpasang propellant tank-nya terpasang sebenarnya tidak masalah kalau Psycho Shard-nya terpasang. Mungkin mereka menginstrusikan seperti itu agar terlihat lebih akurat di serial OVA-nya.

CONCLUSION
Yang punya Neo Zeong memang kurang lengkap rasanya kalau belum punya ini, namun dilain sisi, Psycho Shard ini tentu akan membuat tempat yang sebelumnya kalian display Neo Zeong menjadi sedikit lebih sempit. Opini pribadi gua untuk Psycho Shard ini adalah aksesoris pelengkap Neo Zeong yang memberikan "feel" Neo Zeong seperti bos terakhir yang kalian lihat di serial anime robot...Besar, tak terkalahkan, dan super kuat. Dan entah kenapa selalu ngingetin gua dengan boss terakhir dari game Digimon World 2

Hemm...mungkin gara-gara liat tangannya yang banyak sama pakai skirt

Anyway, seperti yang gua bilang sebelumnya di ulasan gua mengenai HGUC Neo Zeong model kit ini memang dirancang sebagai pusat perhatian baik di mata orang awam maupun mereka yang aware dengan serial Gundam. Ditambah lagi dengan Psycho Shard ini gua sangat yakin mata orang akan langsung tertuju ke model kit yang berukuran masif ini. Gua sangat merekomendasikan Psycho Shard ini untuk mereka yang memiliki HGUC Neo Zeong.

No comments: