Thursday, July 16, 2015

Side G Custom : Create Your Own ! Alternative Beam Wing for V2 Assault Buster Gundam !

BASA-BASI
Sebelumnya gua sangat tau, kalau Beam Wing Effect Parts untuk V2 Gundam sudah dirilis oleh pihak Bandai dengan status premium Bandai. Karena gua pelit untuk beli Effect Part yang harganya cenderung lebih mahal dibanding model kitnya sendiri, akhirnya gua putuskan untuk mencoba menciptakan Beam Wing Alternatif untuk HGUC V2 Assault Buster Gundam gua yang bisa gua rancang sendiri sesuai keinginan gua.

CUSTOM IDEA
Pada dasarnya ide dan cara pengeksekusiannya sama dengan cara gua saat bikin Beam Wing untuk MG Strike Freedom Gundam gua, hanya saja bahan yang gua gunakan kali ini lebih solid dan memiliki tekstur. Jadi ini adalah cara yang gua gunakan untuk menciptakan Beam Wing untuk V2 Gundam gua.
Dalam pembuatannya, kalian akan membutuhkan Lembar akrilik jenis "Small Water". Lembaran ini bisa kalian dapatkan di toko-toko arsitektur atau toko yang menjual peralatan seni seperti Artland atau Staples. Bahan ini pun juga cukup solid sehingga kalian tidak perlu ragu kalau bahan ini akan mudah loyo.

Setelah itu letakkan part sayap V2 kalian ke lembaran tadi dan direkatkan menggunakan blue-tac, hal ini bertujuan agar pada saat menggambar efek sayap-nya, part sayap V2 tidak bergerak kemana pun. Setelah itu kalian gambar outline dari part sayap V2, kemudian dilanjutkan dengan menggambar efek sayap-nya sesuai keinginan kalian dengan menggunakan marker hitam untuk OHP. Dalam tahap ini kalian hanya cukup menggambar cukup dengan 1 sisi dulu, rancangan ini nantinya akan menjadi "master" kalian.

Setelah kalian sudah merasa puas dengan rancangan efek sayap kalian, sekarang saatnya kalian potong efek sayap tadi menggunakan gunting. Setelah selesai memotongnya, kemudian jiplak lagi menggunakan marker OHP. Hal ini dilakukan agar sayap yang dirancang nanti simetris.

Setelah selesai menjiplak, sekarang saatnya kalian gunting mengikuti pola yang kalian rancang.

Kemudian kalian bisa melakukan test fitting sementara ke model kit-nya.

Setelah kalian merasa sayap sudah terpasang dengan baik, sisa garis-garis hitam dari tinta marker OHP bisa kalian hapus menggunakan penghapus Boxy.

Setelah itu kalian bisa mewarnainya menggunakan cat jenis clear agar tetap terjaga transparansinya. Untuk pilihan pribadi gua, sebaiknya menggunakan cat Acrylic Tamiya Clear Blue. Teknik pewarnaan bisa menggunakan airbrush atau spray can. Jika kalian menggunakan spray can pilihlah yang berwarna clear blue atau clear pink jika ada. Menurut pribadi, sebaiknya efek beam wing yang sudah dipotong ini diwarnai satu sisi aja.

Setelah kalian selesai mewarnai-nya, sebaiknya kalian lapisi dengan cat clear gloss untuk menjaga warna parts yang kalian ciptakan agar tidak terkelupas dengan mudah. Metode yang menurut gua yang terbaik adalah dengan menggunakan spray can. Setelah kering, kalian bisa tempelkan ke part sayap V2 Assault Buster Gundam kalian :).

PREVIEW 
(Klik gambar dibawah untuk melihat lebih jelas)
Kira-kira ini adalah hasil akhirnya setelah jadi :). Untuk saran secara pribadi, jika kalian memiliki cat jenis clear pink, sebaiknya menggunakan warna itu. Karena menurut gua pribadi warna beam wing dari V2 Assault Buster akan lebih cocok dengan warna pink, walau memang beam wing dia memiliki varian berwarna biru :)

No comments: