Friday, November 9, 2012

Side G Custom : Let's Create AGE-FX Burst Mode !


BASA-BASI
Memang, Beberapa waktu lalu Bandai sudah mengannounce kalau HG AGE-FX Burst Mode akan dirilis di awal taun 2013 begitu juga dengan AGE-1F Full Gransa (<--- YEEEY !) dan Shalldoll Rogue, cuman karena gua orang yang bisa dibilang gak sabaran dan preview effect part dari Burst Mode yang diberikan Bandai menurut gua kurang "hiperbola" seperti yang di anime-nya, jadi karena rilisnya masih kayak bbrapa bulan lagi, gua coba untuk bikin sendiri menggunakan bahan yang selalu gua gunakan untuk bikin beam wing :)

CUSTOM IDEA
Pada dasarnya bikinnya hampir sama dengan Beam Sword semi Beam Wingnya Double Bullet ini yaitu dengan mengukur lebar dari bagian penghubung funnel dan part tubuh yang ada lubang untuk menempelkan funnelnya itu, kira-kira setelh dihitung tadi ukurannya 3mm untuk penyambungnya, setelah mendapat ukuran tepatnya berapa, kemudian gua gambar efek beamnya itu di lembaran mika dove-nya, bagian burst beam yang kecil panjangnya gua mengikuti panjang funnel yang ukurannya paling besar, kemudian untuk ukuran burst beam yang besar gua bikin setidaknya 1.5 kali lipat lebih besar dibanding yang kecil. Ditahap gambar ini sangat bergantung pada lu, oleh karena itu gua sarankan gambar menggunakan marker untuk OHP supaya nnti kalau ada kesalahan saat ngegambar dikertas mika dove-nya bisa dihapus.




Tahap berikutnya seperti biasa yaitu potong pola yang sudah lu bikin, setelah dipotong coba untuk ditempel ke parts gundamnya, kalau terlalu sempit pada saat pemasangan effect parts yang lu bikin ke parts gundamnya bisa dipotong sedikit ujung penyambungn, kalau kegedean banget...ya bikin lagi :)




Setelah lu berhasil saat proses test fittingnya, tahap selanjutnya yaitu tinggal mencetak ulang pola yang berhasil lu bikin tadi, atau kalau lu sangat niat lu bisa gambar-gambar partsnya beda satu persatu, mungkin itu akan jauh lebih ok, gua bikin sama karena gua males mikir untuk bikin beda2x parts burst beamnya, setelah lu selesai bikin effect partsnya (kanan dan kiri) jangan lupa untuk test fitting lagi :)






Setelah lu selesai test fittingnya, hapus bekas2x marker tiap burst beam yang masih tersisa setelah lu potong sampai bersih dengan penghapus boxy, setelah itu tiap beam effect yang lu bikin letakkan di selembar kertas A4 per sisi (kanan-kiri) tempelkan dengan double tape, setelah itu beam wing yang lu bikin sudah siap untuk lu warnai, bisa lewat airbrush ataupun spray can :), warna yang cocok untuk ini mungkin bisa warna clear biru atau biru muda, untuk yang gua bikin ini gua menggunakan tamiya sky blue




Setelah lu selesai mewarnai burst beam effectnya, tunggu hingga kering kemudian pasang ke Gundam AGE FX lu, kalau mau lebih kuat nempelnya disarankan ujung penyambungnya dilapisi dengan double tape. setelah selesai dipasang AGE-FX lu siap untuk di display dengan mantapnya. Selamat mencoba ! ;)


PREVIEW









EXTRA NOTE
FX Burst yang gua bikin memang sebenarnya masi bisa dipasangi bbrapa burst effect lagi, cuma sayangnya kalau gua lakukan itu FX gua jadi ga enak keliatannya dan poseinnya jadi susah, oleh karena itu gua pasang bbrapa yang paling keliatan aja dan memang, FX Burst itu layaknya seperti TRANS-AMnya seri Gundam AGE yang dimana warna keseluruhan Gundamnya menjadi dominan kebiruan, kalo jujur gua males untuk ngecat ulang AGE-FX gua. tapi kalau AGE-FX lu di cat ulang pun hasilnya pasti akan jauh lebih bagus dari yang gua bikin sekarang, oleh karena itu untuk "biar ga kalah" dengan seri TV-nya gua kasih lampu blacklight gua supaya terlihat warnanya berubah, padahal enggak, LOL




No comments: