Friday, November 30, 2012

WIP, Project Gokaioh 1/5


Akhirnya tugas-tugas kampus gua mulai mereda drastis dan gua bisa ngelaksanain hobi gua seperti biasa lagi :D, tapi kali ini karena stok rakitan Gundam gua yang belum gua rakit uda ga sebanyak dulu, akhirnya gua nyoba untuk ngerakit model kit robot dari Gokaiger, menurut gua ini sangat tantangan banget untuk dicatnya, walau hampir semua orang yang punya ini kayaknya jarang dicat karena mereka sendiri juga uda puas dengan proporsinya walau ini hanya sebatas candy toys yang satunya cuma 50 ribuan dengan kualitas plastik yang gak sebagus gunpla dan stiker dimana-mana kalau sudah dirakit, karena ini postingan pertama gua soal minipla di blog ini, biar gua lakukan sedikit unboxing untuk model kit yang satu ini



Boxnya tipikal box candy toys yang ukurannya relatif kecil dan cara buka packagingnya sama kayak packagingnya pocky yang dimana bagian atas karton harus disobek dulu untuk liat isinya, untungnya candy toys seri minipla ini kita uda tau apa yang kita dapetin karena di cover art boxnya biasanya ada gambar kecil yang ngeliatin sedikit preview apa yang kita dapetin. Untuk cover art boxnya sendiri setiap box yang beda kendaraan berarti beda pose robotnya diikuti dengan gambar preview yang jelas berbeda juga, selain itu bagian belakang dan samping sama semua :)


Beda dengan Gunpla, manual dari minipla itu sendiri ada tercetak dibalik boxnya, dengan lampiran lembaran extra yang berisi tentang cara menggabungkan seluruh 5 kendaraannya kalau sudah punya semua 5 kendaraannya itu


Isi dibalik box miniplanya, total ada 3 runner dan begitu juga kira-kira jumlah runner kendaraan lainnya, bagi kalian yang familiar dengan gunpla yang membuat unik dari minipla ini adalah tidak adanya part PC (polycaps) untuk membantu artikulasinya nanti, tapi dalam runner ini ada parts yang mirip dengan PC hanya saja bahannya bukan karet, kemudian bisa diliat disebelah kanan runner warna kuning ada selebaran yang berwarna-warni itu adalah stikernya sendiri yang 80 persen menutupi modelnya nanti

Proses merakit dan mengecatnya pun dimulai :)

 






Proses ngecat ini pun ngabisin gua waktu kira-kira seharian dari ngecatnya sampai nunggu keringnya, untuk ngerakitnya mah mungkin ga sampe 20 menit juga uda jadi kalau untuk 1 box aja. Di proses pewarnaannya gua banyak pakai tenaga kuas untuk ngecat parts-parts yang kecil dan spray can kalau ukurannya besar atau 1 part itu memang warnanya harus diwarnai dengan warna tertentu, untungnya Gokai Galleon ini cuma butuh warna-warna yang gelap kayak hitam, abu-abu, dan silver supaya akurat dengan yang di tv-nya, dibawah ini adalah kira-kira contoh barang yang sudah dirakit tanpa di cat dan hanya sebatas diberi stiker saja.



Before Painted






After Painted

Dan beginilah kira-kira hasil yang gua selesaikan selama seharian tadi, mungkin ga sebagus pro modeller, tpi seenggaknya sedikit lebi bagus dibanding sebatas tempel stiker aja. Dan ini baru 1 dari 5 kendaraan Gokaiger yang uda gua cat supaya bisa digabung jadi robotnya, dan jujur mungkin kendaraan Gokai Red, Blue, dan Yellow hitungannya masih mudah, kalau sudah masuk bagian ngecat kendaraan Gokai Green dan Pink itu yang menjadi problem sekali karena warna plastik yang diberikan adalah warna hitam pekat semua yang dimana secara ga langsung mau ga mau harus di repaint total menjadi warna dasarnya. Mungkin lusa gua akan melanjutkan Project GokaiOh ini karena besoknya ada Toyfair yang dimana tidak.bisa.ditunda :)

3 comments:

Unknown said...

bro mau tanya dong.
itu pake brush?
catnya pakai enamel atau acrylic? perbandingan thinner sama catnya berapa ya? trims

Ludov06 said...

pake brush bro :) catnya pakai tamiya enamel. gua biasanya ga pake perbandingan2x thinner gtu, langsung dari balik tutup botol atnya gua jadiin "palet"nya

Unknown said...

oh jadi langsung tiban aja?
kalau dasarnya item. tinggal sekali lapis apa perlu berkali2? kalo kayak gundam marker kan berkali2 tuh.

oya pakai kuas ukuran berapa? trims