Thursday, November 1, 2012

Side G Custom : Make your funnels fly ! (First Alternative)


BASA-BASI
Setiap penggemar Gundam pasti kepingin model kitnya terlihat lebih istimewa dan fitur utama dari Gundamnya terlihat jelas saat di display, namun sebagian dari model kit yang sudah dirilis kadang tidak memberikan semacam effect parts yang menjadi fitur utama dari karakter itu hingga akhirnya kadang suka disayangkan, design gundamnya sudah bagus tapi kok porsi yang diberikan di model kitnya gak seperti di serial tv atau komiknya ?


CUSTOM IDEA
Gua ambil contoh untuk kasus kali ini adalah Dreadnought Gundam yang dimana dari segi design terlihat mantap, namun porsi yang diberikan dalam format model kitnya menurut gua rada kurang, ditambah lagi artikulasi kakinya pun juga rada loose sehingga tidak memungkinkan si Gundam ini berdiri tegak dengan backpack funnelnya yang besar itu sehingga gua butuh stand dan sayangnya dia ga punya slot untuk masuk kedalam action base dikarenakan saat model kit ini dirilis Action Base belum ada, jadi rada2x sulit untuk yang satu ini :/, tapi tenang ajaa...kalau lu punya beberapa alat utama ini masalahnya akan cepat teratasi ! pertama lu butuh ini


MINI DRILL
Biasanya orang-orang bilangnya handy drill, fungsinya hampir sama dengan bor yang biasa kita pake untung bolongin tembok, hanya saja diameter "peluru"nya jauh lebih tipis dibandingkan bor aslinya, lebih kecil...jelas, dan cara menggunakannya mirip dengan skup, cukup letakkan mini drill ditempat yang kita inginkan lalu mulai diputar searah jarum jam hingga akhirnya bagian yang ingin dilubangi sudah berlubang. Dan diameter "peluru" yang lu gunakan untuk mengcustom model kit ini setidaknya 2mm sampai 3mm. Mini drill ini bisa lu dapetin di toko-toko hobi online maupun sebaliknya.


TAMIYA CLEAR PLASTIC BEAM 3MM PIPE
Pada dasarnya ini cuma plastik yang gak begitu tebal dengan diameter 3mm namun cukup kuat untuk menopang funnel skala 1:144, untuk yang skala 1:100 gua kurang tau karena gua sendiri belum pernah nyoba tapi mestinya sih kuat lah yaa, ini bisa lu dapetin di toko-toko hobi spesialisasi produk Tamiya.


Untuk kasus Dreadnought yang gua edikit gua custom ini, gua mulai dengan melubangi bagian selangkangannya dengan maksud biar bisa dicolok ke Action Base, gua membolongi part selangkangannya dengan mini drill 3mm. Setelah dilubangi selangkangannya, sisa-sisanya bisa dibersiin dulu supaya nanti pas dipasang ke Action Basenya enak :) selanjutnya lubangi DRAGOON Unit yang akan ditempel nantinya dengan handy drill dengan peluru yang sama yaitu 3mm. Dan yang terakhir adalah lubangi bagian Action Base untuk menopang parts penyangga DRAGOON Unitnya. inget, setelah selesai bikin lubangnya. ilangin bekas-bekas plastik yg habis dibor supaya saat test fittingnya enak :)




Tahap selanjutnya adalah test fitting, kalau ini adalah tahap yang paling gampang karena tinggal colok aja, kalau terasa terlalu longgar bisa diakali dengan menyisipkan blue tac di lubang yang sudah dibikin tadi atau lapisi lubang yang sudah dibuat dengan super glue tapi jangan ditempel dulu ke action base atau parts-parts penghubung lainnya, dan tunggu hingga benar-benar kering, setelah kering akan terasa kalau lubagnya lebih seret dibanding sebelumnya setelah selesai dengan tahap fitingnya, maka hasilnya akan seperti ini



Kira-kira akan seperti ini jadinya, masih bisa divariasikan efek funnelnya, seperti contoh bisa aja dengan merubah warna plastic beamnya dengan warna yang lu inginkan atau tinggi dari plastic beamnya di variasikan supaya gak terlalu ngebosenin dan monoton kayak yang gua bikin sekarang (maklum masih percobaan masbrooo :D) atau plastic beamnya bisa dilapis dengan bahan lain yang mungkin lu ada ide lain supaya bisa bikin lebih ok lagi...banyak kok macemnya, selamat mencoba ! :D


EXTRA ADDITION
Kalau lu punya MS Effect Parts untuk skala 1:144 buatan Bandai, lu bisa lebih mengkreasikan lagi efek funnelnya, seperti contoh dibawah ini, gua menggunakan salah satu parts dari MS Effect Parts dengan sedikit modifikasi supaya bisa fit-in dengan turretnya funnel dari Dreadnought, dan sedikit pewarnaan tambahan supaya lebih terlihat lebih akurat dengan yang ada di anime atau gamenya, selamat mencoba dan semoga berhasil ! :)

1 comment:

andy said...

wew... gundam yg dieli kemaren ini udah jadi aja