Wednesday, October 30, 2013

Side G Review : 3 Bootleg Optional Parts that actually worth to pick !


BASA-BASI
Sejujurnya gua adalah model orang yg kalo bisa beli barang originalnya, belilah yg originalnya. Namun terkadang harga barang originalnya kadang suka tidak masuk akal setelah barangnya masuk ke toko, ambil contoh tepatnya adalah optional part/conversion kit yang biasa sering kita jumpai sebagai bonus majalah Dengeki Hobby/Hobby Japan dan entah gua yang gak pinter nyari barangnya atau memang rata-rata harganya minimal 2 kali dari harga yang tertera di majalahnya. Dan akhir-akhir ini pihak Bandai pun mulai "bandel" dengan merilis optional part yang hanya bisa dibeli via webshop, kasarnya mereka bikin optional part itu limited edition sehingga begitu sampai di toko-toko hobi harganya bisa melambung tinggi (banget !) dan tentu jumlahnya terbatas sehingga 2-4 minggu setelah barang itu sampai ditoko dengan cepatnya ludes habis, mengingat benda itu sulit didapat dan berkedok "limited edition". Melihat kasus seperti ini mungkin perusahaan pihak ketiga yang memproduksi "model kit duplikat" tergelitik untuk membuat versinya sendiri atau versi murahnya dengan bentuk yang sama persis dengan kualitas bahan yang mungkin tidak sebaik kualitas barang original tentunya. Mereka pun mematok harga yang biasanya setengah harga dari harga aslinya sehingga menarik perhatian orang yang ingin membeli originalnya namun tidak kesampaian karena "telat" belinya atau harganya memang sangat mahal. Pada post gua kali ini, gua akan memperlihatkan produk bootleg yang worth untuk dibeli dilihat dari kualitas dan hasil jadinya.

ARMED ARMOR DE Ver.Ka 1:100

Pada versi Bandainya, Optional parts ini bisa didapatkan di komik Gundam UC Bandee Desinee, parts ini utamanya digunakan untuk mengupgrade perisai Unicorn Gundam menjadi Shield Booster yang nantinya akan terlihat seperti perisai Unicorn Banshee Norn dan Unicorn Phenex. Tidak hanya untuk seri Unicorn Gundam saja, perisai ini bisa dipasangkan ke model kit lain seperti Sinanju Stein dan Nu Gundam, FA Unicorn Gundam, hingga Unicorn Banshee. Tapi sayangnya optional parts versi Bandainya ini sekarang sudah sangat sulit didapatkan dan kalaupun ada harganya akan tinggi. Salah satu 3rd party company dari China memproduksi versi duplikatnya, lebih uniknya lagi mereka membuat 3 variasi sekaligus ! yg membedakan ketiga versinya adalah warna clear parts yang disertakannya, model pertamanya sama persis dengan versi originalnya yang dimana ditujukan khusus untuk Unicorn Gundam karena clear partsnya berwarna pink. Versi keduanya dikhususkan untuk Unicorn Banshee/Banshee Ver.Ka karena warna partsnya mengikuti warna Banshee namun warna clear partsnya mengikuti warna clear parts Banshee Ver.Ka. Versi ketiga dikhususkan untuk Full Armor Unicorn Gundam karena warna clear partsnya mengikuti warna clear parts Full Armor Unicorn Gundam. Untuk kalian yang masih ragu dengan kecocokan warnanya apabila model kit utama kita buatan Bandai sementara menggunakan optional parts ini adalah sama persis ! Ini adalah contoh yang gua punya menggunakan model kit asli buatan Bandai, dan menggunakan optional parts ini.




ARMED ARMOR DE FOR UNICORN GUNDAM





ARMED ARMOR DE FOR FULL ARMOR UNICORN
--------------------------------------------------------------------------------


image source : http://aunblog.wordpress.com/


WINGS OF DESTINY for RG Destiny Gundam, by XC Model
Versi Bandainya dirilis bersama dengan Action Base 2 hitam transparan dan sayangnya webshop limited edition yg dimana harganya (lucunya) rata-rata lebih mahal daripada RG Destiny-nya sendiri, pihak 3rd party company dari China bernama XC Model merilis beam wing buatan mereka sendiri yang dirancang khusus untuk dipasang ke RG Destiny Gundam, bentuk fisiknya memang terlihat jelas berbeda karena sayap buatan pihak Bandai dari ukurannya cenderung lebih kecil, namun warna sayapnya terdapat efek hologram dan didalamnya berlekuk-lekuk. Untuk versi XC Modelnya lebih cenderung mirip seperti di animasinya, mulai dari bentuknya hingga warnanya. yg membedakan dari versi Bandainya adalah bentuknya cenderung lebih besar dan lebar, tidak ada efek hologram, dan tidak ada lekuk2x didalam sayapnya. Memang terdengar serba kurang, tapi coba lihat dulu hasilnya seperti apa, ini adalah beam wing yang sudah dipasangkan ke RG Destiny gua :)





Note: Untuk yang mempertanyakan kualitas bahannya seperti apa, yang pasti tidak setipis beam wing MG Strike Freedom yang kini banyak dijual di pasaran yg bahannya cenderung seperti kertas mika. Bahan yang digunakan untuk beam wing ini mirip seperti plastic plate (Pla-Plate) dengan ketebalan nyaris1mm ! sayapnya tidak fleksibel melainkan solid.
--------------------------------------------------------------------------------


GUNDAM AGE-1 Razor, by Dragon Momoko
Pada versi Bandainya conversion parts wear Age-1 Razor dirilis bersamaan dengan terbitnya majalah Hobby Japan Oktober 2012, mungkin sekarang masih bisa ditemukan di beberapa toko hobi online. Tipikal conversion kit dari Hobby Japan/Dengeki Hobby mereka hanya memberi warna parts yg dominan saja, bahkan kalau bbrapa tahun yg lalu mereka hanya memberi warna putih polos saja pada conversion kit yang dirilisnya ! Wear Age-1 Razor buatan Bandai tidak disertai parts transparan yang nantinya digunakan sebagai blade senjatanya, namun mereka menggantinya dengan parts warna putih polos saja. Melihat kasus seperti ini pihak Dragon Momoko merilis model kit duplikat dari AGE-1 Razor yang jauh lebih baik dilihat dari porsi yang diberikannya. Dalam model kit yg mereka rilis mereka menyertakan langsung core dari AGE-1 sehingga dapat dijadikan Gundam AGE-1 Razor seutuhnya tanpa harus di convert dari model kit AGE-1 yang kita punya sebelumnya, dan parts transparan dengan warna yang tepat, sebelumnya gua pun juga pernah mereviewnya, mulai dari unboxing dan hingga reviewnya sendiri. 






6 comments:

Cisya Dewantara Nugraha said...

Susah ya Dov 'menolak' pesona produk bootleg XD

Unknown said...

Punya yang razor bandai dan cukup kecewa karna gak dikasih clear parst bladenya... waktunya hunting yg bootleg demi clear partsnya ^^

Ludov06 said...

@Cisya : lumayaaan ciss haha :D

@Tommy: Coba ke Jeffry Tom, kayaknya dia masih nyetok AGE-1 Razor :)

Anonymous said...

Itu armed DE nya merk hongli bukan ya ? kalo iya merk hongli ini sudah include dengan decal dan guide booknya gak ?

Anonymous said...

Itu armed DE nya merk hongli bukan ya ? kalo iya merk hongli ini sudah include dengan decal dan guide booknya gak ?

Unknown said...

Bro itu shield boosternya di cat lagi biar warnanya sama atau ngak perlu karna memang sudah sama warnanya